Monday, April 15, 2019

Kemudahan Bisnis Kuliner Jaman Now

kemudahan bisnis kuliner jaman now



Hampir setiap orang memberikan saran tentang bisnis kuliner pada yang ingin mencoba peruntungan. Pasalnya, makanan adalah kebutuhan pokok yang akan selalu ada dan berkembang setiap detik.

Selesu apapun kondisi ekonomi, rasanya urusan makan tetap menjadi yang utama bagi setiap orang.

Lihat saja, entah ada berapa banyak tempat makan baru di Surabaya yang baru buka. Belum lagi warung-warung yang jumlahnya semakin bertambah dan juga merambah ke industri makanan rumahan yang ikut menggeliat. Memberikan tanda bahwa usaha di bidang makanan masih saja menjanjikan.

Bisnis kuliner jaman dulu bisa dibilang penuh resiko. Dibutuhkan modal yang besar untuk menyewa tempat beserta peralatannya, dan belum lagi harus menyusun strategi pemasaran yang tepat supaya bisnisnya berkembang pesat. Jika tidak, maka harus berbesar hati jika usaha kulinernya hanya jalan di tempat.

Yah, pokoknya kelakon kalau kata orang Jawa.


Baca juga: Dijual Eatery Surabaya, tempat makan baru di Surabaya

Teknologi yang semakin berkembang membuat pelaku usaha terbantu, termasuk dalam bidang makanan dan minuman. Pastinya, para pelaku di bidang food & beverage harus mulai melirik teknik penjualan saat ini.

Jika mau bertarung dalam bisnis kuliner jaman now, pemikiran kita juga harus diperbaharui. Nanti kalau kalah bersaing yang disalahkan teknologi.

Lantas apa sih keuntungan dari bisnis kuliner kekinian ini?


Mudah Diakses


“Eh, cari rujak cingur enak itu di mana sih?”

Ayo siapa dulu kalau mau tahu referensi makanan enak kudu banyak tanya sama orang? Kayaknya saya termasuk deh.

Lah, gimana. Dulu yang namanya informasi itu terbatas nggak sebanyak sekarang. Mau nggak mau harus banyak sama orang yang pernah coba alias trial and error. Yup, cari makan jaman dulu kudu banyak uji coba. Jika beruntung kamu akan mendapatkan makanan yang pas dengan selera. Kalau nggak ya harus diterima dengan senang hati.

Sekarang, aksesnya mudah banget. Hanya dengan menggunakan ponsel, kita bisa menemukan daftar kuliner di Surabaya lengkap dengan ulasannya. Ditambah dengan kehadiran aplikasi pemesan makanan daring malah semakin mempermudah, kita tinggal duduk manis di rumah, pilih makanan dan makanan kita akan diantar dengan selamat.


Sistem Pembayaran yang beragam



Buat yang ingin melakukan bisnis di era sekarang harus menyediakan sistem pembayaran yang beragam. Sistem pembayaran sekarang lebih menganut pada cashless alias menggunakan uang virtual seperti Gopay.

Anak-anak muda lebih menyukai sistem pembayaran menggunakan e-money karena lebih praktis sedangkan kalangan dewasa masih menyukai pembayaran menggunakan uang.

Dengan memiliki sistem pembayaran yang beragam maka target pelanggan akan semakin berkembang karena tidak hanya mengandalkan pada uang tunai.

Bisa Dimulai Dari Rumah


Kehadiran teknologi memudahkan pelaku bisnis makanan untuk memulai usahanya dari rumah. Tanpa harus mengeluarkan modal banyak untuk menyewa bangunan dan kebutuhan lainnya. Sehingga modal untuk menyewa bangunan bisa digunakan untuk pengembangan produk misalnya memperbaiki kemasan, branding, dll.

Sistem Promosi yang Lebih Mudah dan Beragam


Dulu, promosi menggunakan cara mulut ke mulut mungkin sangatlah efektif. Sampai sekarang juga sih. Namun, semenjak hadirnya media sosial, cara kita mempromosikan suatu barang menjadi lebih mudah dan memberi jangkauan yang lebih luas. Asal kita tahu bagaimana cara mengelolanya.

Dan, berterima kasihlah pada orang-orang yang bekerja sebagai influencer karena secara tidak langsung mereka turut membantu dalam mempromosikan. Tulisan mereka di blog atau ulasan mereka di google memberikan dampak yang besar bagi perkembangan bisnis di masa kini.


Didukung Aplikasi yang Canggih


Sebagai orang yang pernah menjalankan usaha Wartel, saya tahu bagaimana sibuknya harus mencatat pemasukan dan pengeluaran secara manual. Belum lagi harus mempersiapkan uang kecil sebagai kembalian. Ribet.

Rasanya, kesulitan-kesulitan di atas bisa diatasi dengan mudah terlebih lagi bagi kamu yang mau memulai usaha makanan. Telah hadir yang namanya SPOTS, di mana merupakan aplikasi kasir dengan sistem Point of Sales.

Point of Sales adalah sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan transaksi penjualan retail seperti resto, cafe yang dijalankan menggunakan aplikasi kasir.

SPOTS ini merupakan perangkat multifungsi dari GOJEK untuk semua kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia. Dari terima pemesanan GO-FOOD, pembayaran GO-PAY, hingga laporan harian dari beragam tipe pembayaran dan cetak resi secara instan.

Menggunakan SPOTS menghemat waktu, uang dan tenaga dengan harga yang terjangkau yaitu biaya aktivasi Rp. 290.000 dan biaya pemeliharaan Rp. 2.900/hari). Cocok untuk semua pelaku bisnis makanan baik dalam skala besar, maupun UMKM.

Bisnis kuliner jaman now itu sebenarnya menjanjikan asal kita paham caranya dan banyak belajar menggunakan teknologi sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik.





Thursday, April 11, 2019

Meningkatkan Bonding Ibu dan Bayi Melalui Sentuhan Cinta


wanita sedang memijat bayi


Problema Ibu yang Baru Melahirkan



Sejatinya perkembangan bayi dimulai sejak dalam kandungan (pre natal) yang berkesinambungan sampai bayi itu lahir (post natal). Itulah kenapa beberapa orang tua mempersiapkan segalanya bahkan sebelum sang Ibu hamil yang biasanya dikenal sebagai program kehamilan.

Berada dalam periode kehamilan bukan hal mudah. Seorang Ibu harus berjuang dalam mempersiapkan gizi bayi dalam kandungan, hormon yang naik turun bikin mood berubah-ubah, belum lagi tekanan dari orang sekitar mengenai mitos-mitos kehamilan yang kadang membuat para Ibu menjadi lebih dilema.

Bayangan indah tentang memiliki seorang bayi yang lucu, imut dan menggemaskan terkadang tidak seindah cerita drama korea. Rasanya semua jungkir balik begitu bayi itu siap lahir ke dunia. Ada perasaan bahagia, cemas, takut bercampur menjadi satu.

Apakah aku siap menjadi orang tua?

Pertanyaan-pertanyaan itu kerap hadir di setiap pikiran orang tua baru. Tugas baru sebagai ‘Ayah’ dan ‘Ibu’ merupakan mandat langsung yang diberikan oleh Sang Pencipta itu merupakan sebuah tugas yang berat. Mau tidak mau harus dilakukan. Mereka harus mulai beradaptasi dengan semua itu dan bisa dibilang tidak mudah.

Bahkan, untuk menyentuh bayi mungil di hadapannya. Seakan ada rasa tidak percaya yang kerap meliputi benak mereka.

Perubahan waktu tidur yang mengikuti pola tidur bayi dan hormon sehabis melahirkan yang kacau adalah kombinasi yang luar biasa. Bisa dibilang pada fase ini beberapa Ibu biasanya mengalaminya yang namanya sindrom Baby Blues. Kelelahan membuat jarak tak kasat mata antara Ibu dan Anak.

Padahal pada awal-awal kelahiran bayi, selain ASI/Susu ada hal lain yang penting lainnya yang harus diperhatikan oleh orang tua yaitu membangun bonding/ikatan dengan si bayi.

Ikatan antara orang tua dan anak itu unik dan sangat berarti. Dalam ikatan tersebut baik orang tua dan anak akan membentuk sebuah kedekatan. Semacam menjalin hubungan timbal balik di mana orang tua memberikan perhatian lebih baik kepada bayi dan si bayi belajar untuk percaya kepada orang tua mereka.

Hal sepele namun memberikan dampak yang luar biasa.

Faktanya, anak-anak yang memiliki ikatan yang kuat dengan orang tuanya, akan tumbuh menjadi dewasa yang mandiri dan bahagia.

Baca juga: Kebiasaan kecil Orang Tua yang Berpengaruh pada anak

Meningkatkan Bonding Ibu dan Bayi Melalui Sentuhan Cinta


seorang wanita yang menggendong bayi


The miracle of touch

Membangun ikatan dengan bayi tidak semudah membalikkan mata terutama pada orang tua baru yang belum memiliki pengalaman. Meskipun sudah banyak yang mereka pelajari sebelum sang Bayi lahir ke dunia, namun kenyataan amatlah berbeda dengan realitas. Dibutuhkan waktu, tenaga dan pikiran.

Langkah pertama yang sederhana bisa orang tua lakukan dalam membentuk sebuah ikatan melalui sentuhan cinta. Sentuhan kecil penuh makna untuk meminimalisir ketakutan orang tua akan bayi mungil dihadapannya. Misalnya, menyentuh telunjuk tangan, inisiasi dini atau skin to skin.

Saking pentingnya sentuhan, beberapa RS bahkan menyediakan program Inisiasi dini, di mana sang bayi diletakkan di atas dada Ibu. Tujuannya supaya si bayi merasa lebih tenang setelah dikeluarkan dari rahim dan belajar beradaptasi dengan mengenal degup jantung dan aroma sang Ibu.

Semakin sering melakukan sentuhan dengan si bayi, tanpa sadar kita sudah membangun sebuah pondasi kecil tentang sebuah hubungan dengan si Bayi. Manfaat yang lain, sentuhan akan membantu menenangkan si bayi dan membantu Ibu melepas hormon setelah melahirkan yang kerap kali menimbulkan stress.

Tidak hanya baik untuk Ibu, Ayah juga bisa berperan serta untuk menjalin kedekatan erat dengan si bayi.

Baca Juga: Rokok harus mahal untuk peningkatan gizi anak indonesia

Pijat Bayi


Ada satu aktifitas menyenangkan yang bisa dilakukan oleh Ayah dan Ibu di rumah adalah pijat bayi.

Kenapa harus dilakukan oleh orang tua? Bukan diajak ke spa atau tukang pijat bayi

Pijatan pada bayi tidak hanya memberikan manfaat untuk si Bayi tapi menjadi salah satu cara membangun bonding antara Ayah, Ibu dan Si Bayi sendiri. Sehingga aktivitas yang satu ini tidak boleh dilupakan oleh para orang tua jika menginginkan sebuah hubungan yang hangat dengan si bayi. Yap, bayi belajar tentang kepercayaan pada orang tua kali pertama melalui sentuhan.

Jadi, jangan sia-siakan momen yang berharga ini.


Manfaat pijat bayi


cara memijat bayi


Memijat bayi merupakan sarana bagi orang tua untuk menunjukkan rasa cinta, kelekatan dan meningkatkan ikatan emosional dengan bayi. Perpaduan ritme dan sentuhan yang lembut akan meningkatkan produksi hormon oksitoksin pada Ibu dan bayi. Hormon oksitoksin menghasilkan perasaan hangat saat melakukan sentuhan dan menyusui anak.

Ritual pijat bayi ini bisa dilakukan oleh Ibu dan Ayah ketika menjelang mandi atau menjelang tidur dengan durasi hanya 15 menit.

Perlu diperhatikan bagi orang tua adalah pijatlah bayi ketika dia siap alias sedang dalam mood yang baik, tidak sedang sakit, dan sehabis makan. Jangan paksa bayi saat dia merasa tidak nyaman ketika dipijat.

Manfaat utama yang didapatkan dari pijat bayi, yaitu:
  1. Menstimulasi perkembangan syaraf bayi
  2. Membantu Bayi tidur lebih lama dan nyenyak
  3. Membangun ikatan kuat dengan bayi
  4. Membantu dalam pembentukan tulang
  5. Membantu mengurangi nyeri kolik
  6. Menyembuhkan konstipasi
  7. Meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan bayi

Ritual terakhir yang bisa dilakukan setelah melakukan pemijatan pada bayi adalah memeluknya di dada (skin to skin) sembari membiarkan dia mendengar irama degup jantung kita.

Kampanye Sentuhan Cinta Oleh Johnson’s


kampanye sentuhan cinta johnsons


Permasalahan yang ada, tidak semua orang tua memahami akan pentingnya sentuhan cinta pada bayi di periode awal kelahiran.

Hal ini membuat Johnson’s, salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang menitikberatkan terhadap perkembangan anak secara menyeluruh, kembali menguatkan komitmennya dalam meningkat kualitas hidup bayi melalui program sentuhan cinta.


dinding berisi bentuk dukungan

Melalui program ini, Johnson’s mendorong para Ibu di Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta bagi kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama periode emas.

Dalam acara ini, para Ibu akan diajarkan langsung oleh praktisi di bidang kesehatan anak yang akan membagikan ilmunya mengenai manfaat pijat bayi dan praktik langsung bagaimana cara memijat dengan benar.


produk johnsons


Selain itu, dalam kampanye tersebut Johnson's mengajak para Ibu untuk ikut berpartisipasi dalam program sentuhan cinta dengan cara berdonasi guna turut membantu pembangunan sarana kesehatan Ibu dan anak (Posyandu) di Randusongo, Gresik, Jawa Timur.

Tidak hanya itu, Johnson’s juga melakukan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi ke 15 kota di Indonesia. Salah satunya, Surabaya.



Thursday, April 4, 2019

Temukan Manfaat Dari St Ives Oatmeal Face & Scrub Mask

Manfaat St Ives Oatmeal Face Scrub & Mask


Eksfoliasi Wajah Menggunakan Butiran Scrub


Salah satu kunci memiliki kulit wajah yang paripurna adalah perawatan. Tidak hanya sekadar menggunakan produk perawatan kulit tapi diperlukan sebuah perawatan khusus yang berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk yaitu eksfoliasi.

Pada dasarnya, kulit memang memiliki mekanisme tersendiri untuk melepas kulit mati setiap 28 hari. Seiringnya bertambahnya usia, proses eksfoliasi alami berjalan semakin lambat sehingga membutuhkan bantuan dari luar. Ada dua metode yaitu menggunakan butiran scrub dan mengoleskan asam pada kulit.

Nah, salah satu favorit saya adalah masker eksfoliasi yang menggunakan butiran scrub. Entah kenapa rasanya lebih ngefek ke kulit. Terlebih lagi prosesnya tidak menakutkan ketimbang menggunakan chemical peeling. Meskipun. Belakangan ini sudah banyak produk-produk eksfoliasi yang penggunaan semudah menggunakan toner, seperti maxipeel.

Kali ini saya mencoba salah satu varian produk dari St Ives yang populer di kalangan para wanita yaitu St Ives Oatmeal Face Scrub & Mask.

Kenapa harus varian Oatmeal bukan Apricot yang sudah menjadi favorit semua orang?

Sebab, Oatmeal ternyata tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh tapi juga bisa digunakan sebagai perawatan kecantikan termasuk kulit wajah. Kandungan-kandungan di dalam oatmeal diyakini memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Sehingga membuat brand produk perawatan wajah menggunakan oat sebagai bahan dasar produk perawatan.

Tidak hanya produk kecantikan saja yang mulai banyak menggunakan kandungan oatmeal dalam bahannya melainkan beberapa klinik kecantikan menggunakan oatmeal dalam rangkaian perawatan mereka.

Kakak saya pernah cerita bahwa ada salah satu klinik kecantikan yang menggunakan oat instan sebagai bahan campuran maskernya. Saya yang penasaran, akhirnya mencoba membuat masker menggunakan oat instan tersebut dan sudah merasakan khasiatnya.

Itulah yang membuat saya memilih varian oatmeal ini. Lebih praktis cara penggunaannya.

Ulasan Lain mengenai St Ives Oatmeal Scrub: St Ives Oatmeal Gentle Smoothing

Kelebihan yang Dimiliki Oleh St Ives Oatmeal Scrub



Produk St Ives Oatmeal Face Scrub



  • Memiliki dua Fungsi

Produk yang satu ini memiliki dua fungsi ganda, yaitu bisa digunakan sebagai eksfoliasi fisik karena mengandung butiran scrub. Fungsi yang kedua, produk milik St Ives ini bisa digunakan sebagai masker yang penggunaannya cukup dioleskan ke wajah dan diamkan dalam waktu tertentu. Lalu dibilas dengan air bersih.

Saya belum pernah mencoba menggunakan St Ives Oatmeal ini sebagai masker. Mungkin nanti saya akan mencoba khasiat dari produk ini jika digunakan sebagai masker wajah.

  • Dibuat dengan 100% Eksfolian Alami dan Kandungan Ekstrak Oatmeal

Produk st ives varian oatmeal ini menggunakan cangkang walnut/kenari yang dihaluskan menjadi bubuk sebagai bahan eksfolian alami atau sering dikenal dengan scrub.

Saking lembutnya butiran scrub. produk St Ives ini masuk ke kategori mild alias ringan. Di mana bisa digunakan sesuai kebutuhan terlebih lagi untuk pemilik kulit yang sensitif. Tahu dong, bahwa terkadang saat menggunakan produk masker scrub, kita menggosok kulit terlalu keras bisa menyebabkan iritasi.

Kandungan Oatmeal dalam produk ini berfungsi untuk menetralkan PH kulit dan juga merawat kulit kering.

Baca juga: Freeman Charcoal Black Sugar Gel Scrub and Mask

  • Mengandung Ekstrak Madu

Selain memiliki kandungan utama bubur gandum, produk yang satu ini juga memiliki kandungan utama berupa yaitu madu.

Madu dikenal memiliki manfaat sebagai penyejuk kulit kering dan gatal serta khasiat yang lain sebagai pelembab alami untuk menghaluskan kulit sehabis proses eksfoliasi. 

  • Produk Non-Comedogenic

Bahagianya lagi, produk St Ives Oatmeal Face Scrub ini masuk ke dalam produk dengan kategori Non-Comodegenic yang artinya kandungan produk tidak menyumbat pori-pori sehingga bisa diperuntukkan untuk jenis kulit berminyak.


Kandungan Aktif



Tekstur dari St Ives Oatmeal Face Scrub dan Mask



Water, Sodium Methyl 2-Sulfolaurate, Glycerin, Hydrated Silica, Decyl Glucoside, Acrylates/Palmeth-25 Acrylate Copolymer, Acrylates Copolymer, Cocamidopropyl Betaine, Disodium 2-Sulfolaurate, Cocamidopropyl PG-Dimonium Chloride Phosphate, Juglans Regia (Walnut) Shell Powder, Avena Sativa (Oat) Meal Extract, Honey, Fragrance, Polyacrylamide, PPG-2 Methyl Ether, Phenethyl Alcohol, Disodium EDTA, Methylisothiazolinone, Titanium Dioxide.


Tekstur dan Aroma


Tekstur dari St Ives Oatmeal Face Scrub dan Mask



Buat saya, aroma dari produk ini menyerupai aroma karamel yang manis dan lembut. Membuat saya berlama-lama menghidu baunya.

Teksturnya sendiri lembut menyerupai busa sabun yang kental. Tidak seperti pasta, sehingga saat mengeluarkan harus sedikit berhati-hati biar tidak meluber. Warnanya krem dengan bintik-bintik coklat.

Cara Pemakaian:


  1. Basahi muka dan keluarkan sedikit dari kemasan ke ujung-ujung jari ratakan dengan lembut ke kulit.
  2. Lakukan pijatan lembut membentuk lingkaran untuk mengaktifkan sirkulasi darah.
  3. Lanjutkan ke seluruh wajah hingga bagian hidung.
  4. Bilas dengan air sampai bersih dan keringkan dengan handuk bersih
  5. Bisa digunakan 3-4 kali dalam seminggu (tergantung kebutuhan)

Baca juga: Serum Vitamin C Ozora

Kesan Saya Terhadap Produk


Kali pertama mencoba produk ini saya langsung jatuh cinta. Scrubnya yang lembut ternyata mampu membuat permukaan kulit saya terasa lebih halus sehabis memakainya. Tidak membuat kulit kering setelah melakukan proses eksfoliasi.

Biasanya sehabis memakai scrub saya oleskan aloe vera gel atau kaktus gel  akan menimbulkan sensasi perih yang lumayan.  Namun, ketika menggunakan produk St Ives ini, saya tidak merasakan hal tersebut. Mungkin karena butiran scrubnya yang halus sehingga tidak menyebabkan iritasi.

Produk ini juga tidak menimbulkan iritasi, munculnya jerawat atau breakout pada kulit sehabis pemakaian.

Kulit saya menjadi lebih cerah dan segar.

Produk ini berukuran 175 gr dengan bentuk tube dan tutup flip flop. Untuk rentang harganya bisa dibilang terjangkau sekitar Rp. 75000. Bahagianya lagi, produk ini sudah tersedia di Indonesia dan memiliki ijin POM.

Apakah akan membeli lagi?

Yup.

Ada pernah coba produk St Ives Oatmeal Face Scrub & Mask?


Kotak Warna © . Design by Berenica Designs.