Kemudahan Bisnis Kuliner Jaman Now

kemudahan bisnis kuliner jaman now



Hampir setiap orang memberikan saran tentang bisnis kuliner pada yang ingin mencoba peruntungan. Pasalnya, makanan adalah kebutuhan pokok yang akan selalu ada dan berkembang setiap detik.

Selesu apapun kondisi ekonomi, rasanya urusan makan tetap menjadi yang utama bagi setiap orang.

Lihat saja, entah ada berapa banyak tempat makan baru di Surabaya yang baru buka. Belum lagi warung-warung yang jumlahnya semakin bertambah dan juga merambah ke industri makanan rumahan yang ikut menggeliat. Memberikan tanda bahwa usaha di bidang makanan masih saja menjanjikan.

Bisnis kuliner jaman dulu bisa dibilang penuh resiko. Dibutuhkan modal yang besar untuk menyewa tempat beserta peralatannya, dan belum lagi harus menyusun strategi pemasaran yang tepat supaya bisnisnya berkembang pesat. Jika tidak, maka harus berbesar hati jika usaha kulinernya hanya jalan di tempat.

Yah, pokoknya kelakon kalau kata orang Jawa.


Baca juga: Dijual Eatery Surabaya, tempat makan baru di Surabaya

Teknologi yang semakin berkembang membuat pelaku usaha terbantu, termasuk dalam bidang makanan dan minuman. Pastinya, para pelaku di bidang food & beverage harus mulai melirik teknik penjualan saat ini.

Jika mau bertarung dalam bisnis kuliner jaman now, pemikiran kita juga harus diperbaharui. Nanti kalau kalah bersaing yang disalahkan teknologi.

Lantas apa sih keuntungan dari bisnis kuliner kekinian ini?


Mudah Diakses


“Eh, cari rujak cingur enak itu di mana sih?”

Ayo siapa dulu kalau mau tahu referensi makanan enak kudu banyak tanya sama orang? Kayaknya saya termasuk deh.

Lah, gimana. Dulu yang namanya informasi itu terbatas nggak sebanyak sekarang. Mau nggak mau harus banyak sama orang yang pernah coba alias trial and error. Yup, cari makan jaman dulu kudu banyak uji coba. Jika beruntung kamu akan mendapatkan makanan yang pas dengan selera. Kalau nggak ya harus diterima dengan senang hati.

Sekarang, aksesnya mudah banget. Hanya dengan menggunakan ponsel, kita bisa menemukan daftar kuliner di Surabaya lengkap dengan ulasannya. Ditambah dengan kehadiran aplikasi pemesan makanan daring malah semakin mempermudah, kita tinggal duduk manis di rumah, pilih makanan dan makanan kita akan diantar dengan selamat.


Sistem Pembayaran yang beragam



Buat yang ingin melakukan bisnis di era sekarang harus menyediakan sistem pembayaran yang beragam. Sistem pembayaran sekarang lebih menganut pada cashless alias menggunakan uang virtual seperti Gopay.

Anak-anak muda lebih menyukai sistem pembayaran menggunakan e-money karena lebih praktis sedangkan kalangan dewasa masih menyukai pembayaran menggunakan uang.

Dengan memiliki sistem pembayaran yang beragam maka target pelanggan akan semakin berkembang karena tidak hanya mengandalkan pada uang tunai.

Bisa Dimulai Dari Rumah


Kehadiran teknologi memudahkan pelaku bisnis makanan untuk memulai usahanya dari rumah. Tanpa harus mengeluarkan modal banyak untuk menyewa bangunan dan kebutuhan lainnya. Sehingga modal untuk menyewa bangunan bisa digunakan untuk pengembangan produk misalnya memperbaiki kemasan, branding, dll.

Sistem Promosi yang Lebih Mudah dan Beragam


Dulu, promosi menggunakan cara mulut ke mulut mungkin sangatlah efektif. Sampai sekarang juga sih. Namun, semenjak hadirnya media sosial, cara kita mempromosikan suatu barang menjadi lebih mudah dan memberi jangkauan yang lebih luas. Asal kita tahu bagaimana cara mengelolanya.

Dan, berterima kasihlah pada orang-orang yang bekerja sebagai influencer karena secara tidak langsung mereka turut membantu dalam mempromosikan. Tulisan mereka di blog atau ulasan mereka di google memberikan dampak yang besar bagi perkembangan bisnis di masa kini.


Didukung Aplikasi yang Canggih


Sebagai orang yang pernah menjalankan usaha Wartel, saya tahu bagaimana sibuknya harus mencatat pemasukan dan pengeluaran secara manual. Belum lagi harus mempersiapkan uang kecil sebagai kembalian. Ribet.

Rasanya, kesulitan-kesulitan di atas bisa diatasi dengan mudah terlebih lagi bagi kamu yang mau memulai usaha makanan. Telah hadir yang namanya SPOTS, di mana merupakan aplikasi kasir dengan sistem Point of Sales.

Point of Sales adalah sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan transaksi penjualan retail seperti resto, cafe yang dijalankan menggunakan aplikasi kasir.

SPOTS ini merupakan perangkat multifungsi dari GOJEK untuk semua kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia. Dari terima pemesanan GO-FOOD, pembayaran GO-PAY, hingga laporan harian dari beragam tipe pembayaran dan cetak resi secara instan.

Menggunakan SPOTS menghemat waktu, uang dan tenaga dengan harga yang terjangkau yaitu biaya aktivasi Rp. 290.000 dan biaya pemeliharaan Rp. 2.900/hari). Cocok untuk semua pelaku bisnis makanan baik dalam skala besar, maupun UMKM.

Bisnis kuliner jaman now itu sebenarnya menjanjikan asal kita paham caranya dan banyak belajar menggunakan teknologi sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik.





10 comments

  1. Wah bener banget tuh untuk berbisnis di zaman sekarang itu mudah

    ReplyDelete
  2. Wah berbisnis lebih mudah ya karena sudah ada SPOTS

    ReplyDelete
  3. Zaman nggak ada alasan kalau berbisnis itu susah ya. Karena sudah ada SPOTS

    ReplyDelete
  4. Wah bermanfaat sekali nih artikelnya. Terima kasih informasinya, sangat membantu

    ReplyDelete
  5. Banayk banget ya kemudahan yang bisa dirasakan di zaman sekarang ini

    ReplyDelete
  6. Ga perlu keluar rumah utk makan enak wkwkwk

    ReplyDelete
  7. Aku kadang nanya ke orang lain makanan apa yang enak. Tapi kadang2 pengen nyoba berdasarkan feeling aja. Dan seneng banget kalo yg berdasarkan feeling itu ternyata enak :D *Bukti bahwa bisnis kuliner adaaaa aja pasarnya :D

    ReplyDelete
  8. Aplikasi SPOTS memang mendukung semua yg dibutuhkan oleh bisnis kuliner, malah mendukung cashless lagi :)

    ReplyDelete
  9. Paling seneng kalau jajan kuliner dan bayarnya gampang, nggak bawa uang cash bisa cashless, makin puas jajannya

    ReplyDelete
  10. Bener nih. dengan jaringan online semua orang bisa berbisnis asal punya niat yang kuat :)

    ReplyDelete