Meningkatkan Bonding Ibu dan Bayi Melalui Sentuhan Cinta


wanita sedang memijat bayi


Problema Ibu yang Baru Melahirkan



Sejatinya perkembangan bayi dimulai sejak dalam kandungan (pre natal) yang berkesinambungan sampai bayi itu lahir (post natal). Itulah kenapa beberapa orang tua mempersiapkan segalanya bahkan sebelum sang Ibu hamil yang biasanya dikenal sebagai program kehamilan.

Berada dalam periode kehamilan bukan hal mudah. Seorang Ibu harus berjuang dalam mempersiapkan gizi bayi dalam kandungan, hormon yang naik turun bikin mood berubah-ubah, belum lagi tekanan dari orang sekitar mengenai mitos-mitos kehamilan yang kadang membuat para Ibu menjadi lebih dilema.

Bayangan indah tentang memiliki seorang bayi yang lucu, imut dan menggemaskan terkadang tidak seindah cerita drama korea. Rasanya semua jungkir balik begitu bayi itu siap lahir ke dunia. Ada perasaan bahagia, cemas, takut bercampur menjadi satu.

Apakah aku siap menjadi orang tua?

Pertanyaan-pertanyaan itu kerap hadir di setiap pikiran orang tua baru. Tugas baru sebagai ‘Ayah’ dan ‘Ibu’ merupakan mandat langsung yang diberikan oleh Sang Pencipta itu merupakan sebuah tugas yang berat. Mau tidak mau harus dilakukan. Mereka harus mulai beradaptasi dengan semua itu dan bisa dibilang tidak mudah.

Bahkan, untuk menyentuh bayi mungil di hadapannya. Seakan ada rasa tidak percaya yang kerap meliputi benak mereka.

Perubahan waktu tidur yang mengikuti pola tidur bayi dan hormon sehabis melahirkan yang kacau adalah kombinasi yang luar biasa. Bisa dibilang pada fase ini beberapa Ibu biasanya mengalaminya yang namanya sindrom Baby Blues. Kelelahan membuat jarak tak kasat mata antara Ibu dan Anak.

Padahal pada awal-awal kelahiran bayi, selain ASI/Susu ada hal lain yang penting lainnya yang harus diperhatikan oleh orang tua yaitu membangun bonding/ikatan dengan si bayi.

Ikatan antara orang tua dan anak itu unik dan sangat berarti. Dalam ikatan tersebut baik orang tua dan anak akan membentuk sebuah kedekatan. Semacam menjalin hubungan timbal balik di mana orang tua memberikan perhatian lebih baik kepada bayi dan si bayi belajar untuk percaya kepada orang tua mereka.

Hal sepele namun memberikan dampak yang luar biasa.

Faktanya, anak-anak yang memiliki ikatan yang kuat dengan orang tuanya, akan tumbuh menjadi dewasa yang mandiri dan bahagia.

Baca juga: Kebiasaan kecil Orang Tua yang Berpengaruh pada anak

Meningkatkan Bonding Ibu dan Bayi Melalui Sentuhan Cinta


seorang wanita yang menggendong bayi


The miracle of touch

Membangun ikatan dengan bayi tidak semudah membalikkan mata terutama pada orang tua baru yang belum memiliki pengalaman. Meskipun sudah banyak yang mereka pelajari sebelum sang Bayi lahir ke dunia, namun kenyataan amatlah berbeda dengan realitas. Dibutuhkan waktu, tenaga dan pikiran.

Langkah pertama yang sederhana bisa orang tua lakukan dalam membentuk sebuah ikatan melalui sentuhan cinta. Sentuhan kecil penuh makna untuk meminimalisir ketakutan orang tua akan bayi mungil dihadapannya. Misalnya, menyentuh telunjuk tangan, inisiasi dini atau skin to skin.

Saking pentingnya sentuhan, beberapa RS bahkan menyediakan program Inisiasi dini, di mana sang bayi diletakkan di atas dada Ibu. Tujuannya supaya si bayi merasa lebih tenang setelah dikeluarkan dari rahim dan belajar beradaptasi dengan mengenal degup jantung dan aroma sang Ibu.

Semakin sering melakukan sentuhan dengan si bayi, tanpa sadar kita sudah membangun sebuah pondasi kecil tentang sebuah hubungan dengan si Bayi. Manfaat yang lain, sentuhan akan membantu menenangkan si bayi dan membantu Ibu melepas hormon setelah melahirkan yang kerap kali menimbulkan stress.

Tidak hanya baik untuk Ibu, Ayah juga bisa berperan serta untuk menjalin kedekatan erat dengan si bayi.

Baca Juga: Rokok harus mahal untuk peningkatan gizi anak indonesia

Pijat Bayi


Ada satu aktifitas menyenangkan yang bisa dilakukan oleh Ayah dan Ibu di rumah adalah pijat bayi.

Kenapa harus dilakukan oleh orang tua? Bukan diajak ke spa atau tukang pijat bayi

Pijatan pada bayi tidak hanya memberikan manfaat untuk si Bayi tapi menjadi salah satu cara membangun bonding antara Ayah, Ibu dan Si Bayi sendiri. Sehingga aktivitas yang satu ini tidak boleh dilupakan oleh para orang tua jika menginginkan sebuah hubungan yang hangat dengan si bayi. Yap, bayi belajar tentang kepercayaan pada orang tua kali pertama melalui sentuhan.

Jadi, jangan sia-siakan momen yang berharga ini.


Manfaat pijat bayi


cara memijat bayi


Memijat bayi merupakan sarana bagi orang tua untuk menunjukkan rasa cinta, kelekatan dan meningkatkan ikatan emosional dengan bayi. Perpaduan ritme dan sentuhan yang lembut akan meningkatkan produksi hormon oksitoksin pada Ibu dan bayi. Hormon oksitoksin menghasilkan perasaan hangat saat melakukan sentuhan dan menyusui anak.

Ritual pijat bayi ini bisa dilakukan oleh Ibu dan Ayah ketika menjelang mandi atau menjelang tidur dengan durasi hanya 15 menit.

Perlu diperhatikan bagi orang tua adalah pijatlah bayi ketika dia siap alias sedang dalam mood yang baik, tidak sedang sakit, dan sehabis makan. Jangan paksa bayi saat dia merasa tidak nyaman ketika dipijat.

Manfaat utama yang didapatkan dari pijat bayi, yaitu:
  1. Menstimulasi perkembangan syaraf bayi
  2. Membantu Bayi tidur lebih lama dan nyenyak
  3. Membangun ikatan kuat dengan bayi
  4. Membantu dalam pembentukan tulang
  5. Membantu mengurangi nyeri kolik
  6. Menyembuhkan konstipasi
  7. Meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan bayi

Ritual terakhir yang bisa dilakukan setelah melakukan pemijatan pada bayi adalah memeluknya di dada (skin to skin) sembari membiarkan dia mendengar irama degup jantung kita.

Kampanye Sentuhan Cinta Oleh Johnson’s


kampanye sentuhan cinta johnsons


Permasalahan yang ada, tidak semua orang tua memahami akan pentingnya sentuhan cinta pada bayi di periode awal kelahiran.

Hal ini membuat Johnson’s, salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang menitikberatkan terhadap perkembangan anak secara menyeluruh, kembali menguatkan komitmennya dalam meningkat kualitas hidup bayi melalui program sentuhan cinta.


dinding berisi bentuk dukungan

Melalui program ini, Johnson’s mendorong para Ibu di Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta bagi kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama periode emas.

Dalam acara ini, para Ibu akan diajarkan langsung oleh praktisi di bidang kesehatan anak yang akan membagikan ilmunya mengenai manfaat pijat bayi dan praktik langsung bagaimana cara memijat dengan benar.


produk johnsons


Selain itu, dalam kampanye tersebut Johnson's mengajak para Ibu untuk ikut berpartisipasi dalam program sentuhan cinta dengan cara berdonasi guna turut membantu pembangunan sarana kesehatan Ibu dan anak (Posyandu) di Randusongo, Gresik, Jawa Timur.

Tidak hanya itu, Johnson’s juga melakukan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi ke 15 kota di Indonesia. Salah satunya, Surabaya.



1 comment

  1. Pijat bayi dulu identik harus ke dukun pijat. kini sudah jadi ritual yg modern ..

    ReplyDelete