5 Alasan Bergabung Dengan Komunitas Beauty

5 alasan bergabung komunitas beauty


Berpindah Haluan Jadi Beauty Reviewer


Tak terasa sebentar lagi keanggotaan saya di salah satu komunitas beauty yang dibentuk sebuah brand kecantikan berakhir.

Saya yang sejak awal suka mengulas produk kecantikan di blog, akhirnya memutuskan untuk menggeluti profesi sebagai konten kreator di dunia beauty. Hal ini dimulai dari saya membuat akun baru instagram khusus untuk ulasan produk. Saya sengaja membuat akun dari nol supaya lebih mudah menemukan pasar..

Hal lain yang mungkin kalian sadari, belakangan konten blog kotakwarna didominasi ulasan produk. Yap, kalian betul. Ke depannya, blog ini akan lebih banyak mengulas produk-produk kecantikan yang sedang saya coba, tapi tenang saja sesekali saya tetap akan kembali menulis beberapa tema yang pernah ada di blog ini.

Untuk lebih fokus pada ranah beauty, di awal Januari lalu, saya mencoba untuk bergabung dengan komunitas kecantikan bikinan brand, tapi nggak ada yang lolos. Nggak mau pantang menyerah, saya selalu aktif mengisi form-form yang bertebaran di instagram demi menunjukkan totalitas. Dan, saya terpilih untuk bergabung di komunitas beauty batch 1. Sungguh sebuah pencapaian yang membuat saya bahagia.

Apakah setelah lolos dengan satu komunitas, saya berhenti daftar-daftar lagi? Nggak dong, saya masih semangat untuk bergabung dengan lebih banyak lagi komunitas. Mau tahu alasannya?

Nah, ini dia beberapa alasan yang membuat saya semangat bergabung dengan komunitas beauty bikinan brand.

5 Alasan Bergabung Dengan Komunitas Beauty


Dapat Produk Gratisan


Nggak mau munafik. Yap, produk gratisan itu jadi magnet banget buat saya bergabung dengan komunitas beauty bikinan brand. Bayangkan, dapat produk skincare dari brand tersebut selama setahun. Surga banget nggak sih?

Kerennya lagi, kita bisa jadi orang pertama yang mencoba produk-produk terbaru mereka yang belum/baru dilepas di pasaran. Apakah sudah cukup menggiurkan?


Ketemu Teman-teman Baru


Bergabung dengan komunitas itu artinya ya bertemu dengan teman-teman baru yang punya kesukaan sama. Menyenangkan, bisa bertukar informasi seputar produk skincare, fotografi dan kadang curhat-curhat receh soal bikin konten. Pokoknya grup WA itu nggak pernah sepi.

Lebih Dekat Dengan Brand


Bergabung dengan komunitas yang dibuat oleh brand artinya kamu sudah selangkah lebih maju untuk dekat dengan mereka. Tadinya kita tidak dikenal oleh mereka, sekarang brand tahu kualitas kerja kita selama ini. Bisa jadi jalan untuk kolaborasi sama brand langsung dalam bentuk berbayar.

Apalagi brand selalu kasih brief dan referensi yang ok untuk jadi sarana pembelajaran dalam membuat review produk. Intinya mah kerjakan saja PR dari brand yang terbaik. Tunjukkan kalau kamu punya kualitas yang tidak kaleng-kaleng.

Sebagai Portofolio dan Branding



Selain dapat produk gratis, alasan saya bergabung dengan komunitas beauty bikinan brand itu adalah sebagai portofolio. Produk-produk yang tadi diberikan oleh mereka bisa jadi bahan review di blog dan sosmed.

Semakin kita rajin membuat konten, lambat laun branding akan terbentuk sehingga brand jadi tahu keberadaan kita. Meski instagram saya belum memiliki banyak follower, tapi sudah ada beberapa penawaran dari brand. Itu artinya, konten yang kita buat mulai diperhitungkan.

Ingat jangan patah semangat dalam membuat konten.


Baca juga:


Dapat Ilmu Baru dari Acara yang Dibuat Oleh Brand


Brand membentuk komunitas bukan hanya untuk bagi-bagi barang gratis, tapi mereka juga sering banget bikin acara online atau offline untuk meningkatkan performa kita sebagai konten kreator.

Beberapa materi yang biasanya dibagikan seperti tips menjadi content creator, bagaimana cara memotret produk kecantikan terbaik dan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan dunia kecantikan.

Buat kalian yang tertarik penguin jadi pengulas produk kecantikan, rajin-rajin bikin konten dan jangan lupa semangat buat ikutan komunitas yang dibuat oleh brand untuk meningkatkan kualitas diri kita sebagai konten kreator.

Ada yang join sama komunitas kecantikan bikinan brand juga?

4 comments

  1. Dapat produk gratisan, hemm keuntungan yang paling uwwuu dari bergabung di komunitas kecantikan. Mantep ini tidak hanya belajar make up, tetapi perlu juga menjalin hubungan dan berbagi dengan rekan make up lainnya. Banyak banget yang menguntungkan jika punya teman yang sama-sama mendalami make up. Terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, bisa mendapatkan banyak keuntungan

      Delete
  2. Waah..seru juga ternyata bergabung di komunitas beauty yaa..dan manfaatnya pun beragam. Keren deh! Sayangnya aku kurang pintar dalam hal rias merias wajah, jd nggak PD deh utk masuk di komunitas beauty. Tapi beneran asyik ya komunitas kita sangat mendukung keberlangsungan blog kita..

    ReplyDelete
  3. Saya jadi ingat teman saya beuty influencer di Bogor. Masyaallah rumahnya puenuuuuh sama produk gratisan. Sampai dibagi2, termasuk saya dapat gratisan. Alhamdulillah. Menarik banget ya mba jadi beuty influencer. Semoga konten-kontennya makin kece mba.

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon