5 Tips Melawan Jerawat


tips melawan jerawat


Sebagai pemilik kulit berminyak, masalah jerawat tentu saja tidak bisa dihindari. Semacam love hate relationship yang tidak bisa dipisahkan. Produksi minyak yang berlebih merupakan ladang subur bagi bakteri penyebab jerawat, apalagi jika tidak dilakukan perawatan dengan tepat.

Waktu kuliah, saya mengalami permasalahan jerawat yang cukup pelik. Memang nggak sampai menutupi seluruh wajah, hanya di area kedua pipi dan beberapa di area dahi yang cukup mengganggu. Kayaknya, waktu itu masih cuek sama perawatan wajah, alhasil mami membawa saya ke dokter SPKK karena masalah jerawat yang timbul tenggelam. Sempat mendapat injeksi juga supaya jerawat yang meradang lekas kempes.

Setelah itu saya mulai rajin melakukan perawatan wajah, bahkan sering melakukan perawatan di klinik kecantikan, tapi ya gitu deh masih suka skip pakai sunscreen padahal itu step terakhir yang cukup penting dalam perawatan harian. Lima tahun belakangan ini, saya mulai kembali fokus sama perawatan wajah harian dan memang memberikan dampak yang luar biasa.

Alhamdulillah, sekarang permasalahan jerawat bukan lagi jadi fokus utama saya saat ini. Saat ini saya lebih fokus pada mencerahkan bekas noda jerawat dan kulit yang mulai mengalami aging karena dulu kurang rajin pakai sunscreen. Jerawat memang ada kalanya masih suka nongol karena memang sudah bagian dari risiko punya kulit wajah berminyak. Seebihnya, hanya jerawat hormonal yang wajar muncul bagi semua wanita menjelang haid.

Buat kalian yang sedang memiliki permasalahan soal jerawat, ini beberapa tips dari saya yang ampuh untuk melawan jerawat. Simak sampai habis ya.

Tips Melawan Jerawat


Fokus Menggunakan Produk Khusus Jerawat


Buat kamu yang masih memiliki jerawat aktif, coba deh fokus sama skincare yang biasanya memiliki kandungan yang ampuh melawan jerawat seperti Salicylic Acid, Tea Tree, Retinol, Propolis, dll atau paling mudahnya cari skincare dengan label for Acne. Nggak harus serangkaian semuanya for Acne, paling nggak ada satu produk yang fokus untuk problem utama, bisa dalam bentuk face wash atau serum. Selebihnya kamu bisa menggunakan produk skincare yang berfungsi sebagai hidrasi, karena salah satu karakter perawatan untuk berjerawat itu terkadang bikin kering. Jadi, kamu harus punya produk skincare yang fokus pada hidrasi kulit, biasanya ada kandungan Panthenol, Green Tea, Hyaluronic Acid, dll.

Nanti, jerawat meradang di kulit berkurang. Kamu, mulai fokus dengan perawatan yang khusus memudarkan bekas jerawat. Biasanya ada kandungan Niacinamide, Vitamin C, Alpha Arbutin, dll.


Mengubah Gaya Hidup


“Jerawat itu tidak hanya diobati dari luar saja, tapi juga harus melakukan perawatan dari dalam dan lingkungan,” ujar salah satu dokter Spesialis Kulit yang pernah saya temui. Menurut beliau salah satu yang terpenting supaya jerawat tidak mudah kambuh, yaitu dengan mengubah gaya hidup.

Yuk mulai dari apa yang kita makan, dengan cara mengurangi asupan gula serta makanan yang mengandung susu. Lebih banyak konsumsi buah dan sayur, dan tidak lupa minum air putih lebih banyak supaya hidrasi kulit lebih oke.

Tidur cukup di malam hari juga memiliki pengaruh yang signifikan ke kulit. Jadi terlihat lebih segar di pagi hari apalagi jika ditunjang skincare malam yang juga oke.

Mengurangi jumlah kafein dan tentu saja tidak mengkonsumsi alkohol dan juga rokok. Sama satu lagi yang penting, lebih aware sama kesehatan mental. Stress berlebihan juga memiliki pengaruh buat kulit kita.

Seringlah mengganti sarung bantal dan seprai, paling tidak 2 minggu sekali. Sebab, disitulah para kuman-kuman berada dan bersentuhan dengan kulit dalam jangka waktu lama.

Melakukan Olahraga


Supaya kulit lebih sehat, yuk luangkan waktu untuk olahraga paling nggak seminggu 2x. Tubuh sehat, kamu juga bahagia karena setelah olahraga tubuh mengeluarkan dopamin yang merupakan hormon kebahagiaan.

Jika kamu merasa bahagia setelah berolahraga, maka kulitmu juga bahagia karena mendapatkan asupan kebahagian.

Jangan Sering Menyentuh Wajah


Tangan kita itu adalah sumber dari segala macam bakteri, virus dan jamur. Gimana nggak, wong seharian kita habis nyentuh banyak benda, bisa bayangkan ada berapa banyak mikroorganisme yang menempel di tangan kita dan tanpa sadar kita sering banget nyentuh wajah. Akibatnya segala mikroorganisme di tangan berpindah ke wajah yang membuat rentan breakout.

Yuk lebih sering cuci tangan, supaya saat ingin menyentuh muka, tangan sedang dalam keadaan bersih.

Baca juga:

Konsultasi Dengan Dokter Kulit


Jika skincare yang kamu pakai sudah tepat, tapi jerawatnya masih membandel juga. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter SpKK Ada kalanya kita membutuhkan tindakan medis selain penggunaan skincare. Dengan berkonsultasi bersama ahli, kamu akan diberikan perawatan yang tepat sesuai dengan kebutuhan kulit. Apalagi memang ada beberapa jenis obat yang harus menggunakan resep dokter.

Well, itulah beberapa tips melawan jerawat yang pernah saya coba. Kalau ditanya tingkat keberhasilannya? Bergantung sama usaha yang sudah kamu lakukan Slamata mencoba.

Semangat ya pejuang acne.


3 comments

  1. Alhamdulillah kulit muka saya di relatif jarang didatangi jerawat. Cuma minggu lalu nih sering makan dengan selai kacang, akhirnya muncul 1-2. Sekarang lagi ngga makan jadi menghilang lagi

    ReplyDelete
  2. Kecuali tips terakhir, alias pergi ke dokter kulit, tips-tips paling awal sudah selalu jadi jurus terjitu penangkal jerawat.
    Walau ya kadang-kadang suka kebablasan pengen mitesin. Apalagi pas di bagian isian batunya sudah hampir berhasil dicongkelin keluar. Wah, wajib harus berhasil nyongkel. Hihihi..

    ReplyDelete
  3. kalau saya alhamdulillah sih kulit jarang berjerawat kecuali pas jelang masa haid. memang kalau urusan jerawat ini kita harus tahu dulu penyebabnya dan mengenali jenis kulit untuk bisa mengatasinya

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon