5 Tips Mengelola Jasa Foto Produk

mengelola jasa foto produk, fastwork, foto produk, jasa foto produk, woman with camera



Peluang Bisnis Di Masa Pandemi


Jasa Foto Produk, belakangan ini menjadi salah pekerjaan yang mulai menjamur di masa pandemi. Bisa dibilang, profesi yang satu ini minim interaksi dengan banyak orang dan bisa dilakukan di rumah. That’s why, beberapa teman fotografer yang genrenya lebih ke outdoor seperti wedding, Landscape, dll mulai melirik genre foto produk meski kudu mengeluarkan berapa budget untuk membeli peralatan lampu studio. Setidaknya, kamera mereka bisa digunakan daripada hanya teronggok kesepian dalam dry box.

Foto Produk sebenarnya bukan genre baru dalam bidang fotografi, sudah lama ada hanya peminatnya tidak banyak. Genre Foto produk sendiri juga memiliki cakupan luas seperti foto produk makanan, foto produk fashion, foto produk kecantikan, foto produk komersial. Tidak hanya sekedar memotret, seorang yang mengelola jasa foto produk juga membutuhkan keahlian dalam styling. Itulah kenapa banyak yang menyerah dengan genre yang satu ini, kecuali kamu memiliki penata gaya sendiri.


Peluang Jasa Foto Produk di Masa Kini


Tidak semua pemilik usaha tahu bagaimana cara memvisualisasikan produk yang hendak dipasarkan. Di era digital, tampilan merupakan hal yang penting untuk menarik pembeli. Tampilan foto yang menarik dipercaya bisa menaikkan penjualan, itulah kenapa pemilik usaha perlu menggunakan jasa foto produk. Bukan hanya sekedar jepret dan selesai, tapi bagaimana membangun branding dalam produk yang akan dijual. Sehingga pesan yang ingin disampaikan produk tersebut bisa diterima oleh pembeli.

Buat kamu yang memiliki hobi fotografi dan ingin mencoba bisnis foto produk, 5 tips berikut bisa membantu.

Paham Tentang Fotografi dan Editing Dasar

Apapun genrenya, sebagai fotografer kamu harus memiliki kemampuan tentang dasar fotografi karena itu merupakan tiang utama. Ya, kali pengin bisnis fotografi, tapi nggak paham yang namanya komposisi, cahaya dan segitiga foto. Sebab, memotret produk bukan sekedar menekan shutter terus selesai, melainkan ada proses panjang menghasilkan foto yang diterima klien.

Tidak hanya kemampuan dasar fotografi, kemampuan editing dasar juga diperlukan saat kamu ingin membuka jasa foto produk, sehingga nanti hasil fotonya akan lebih apik selesai dilakukan retouch.


Baca juga:


Memperbanyak isi Portofolio


Jangan malas untuk berlatih. Kumpulkan foto-foto terbaik yang kamu punya sebagai portofolio. Kalau perlu bikin akun khusus yang berisi tentang foto produk yang telah kamu buat, sehingga klien bisa melihat hasil kerja secara langsung.

Semakin banyak isi portofolio, ada banyak kesempatan yang didapatkan supaya dilirik brand yang ingin mempercayakan produknya untuk difoto. Teruslah berlatih dengan produk-produk yang ada di rumah.

Menerima Kritikan


Memotret untuk diri sendiri dan brand jelas berbeda. Kesampingkan idealis yang ada dalam diri kita. Ada kalanya apa yang diminta brand dan keinginan kita itu suka tabrakan.

Jangan baper apalagi sedih kalau tiba-tiba klien minta revisi atau bahkan foto ulang karena konsep yang kita tawarkan tidak disetujui. Tetaplah berusaha memenuhi keinginan brand.

Jangan Malas Upgrade Ilmu


Setelah menguasai teknik fotografi dasar, kamu juga harus rajin memperbaharui ilmu. Sekarang ini banyak sekali sumber-sumber ilmu baik yang gratisan dan berbayar yang bisa diikuti guna meningkatkan keterampilan fotografi.

Dengan berbagai keterampilan fotografi yang kamu miliki, maka kualitas sebagai seorang fotografer juga teruji.

Selain ilmu fotografi, kamu juga bisa mengikuti kelas styling karena bagaimanapun, seorang fotografer produk juga harus jago menata produk supaya terlihat menarik saat di foto.


Bergabung Dengan Platform Penjual Jasa Untuk Memperluas Jaringan


Memiliki portofolio di media sosial saja tidak cukup untuk memberitahukan orang-orang tentang jasa yang kamu tawarkan. Kamu bisa bergabung dengan platform penjual jasa untuk memperluas jaringan, salah satunya Fastwork.id

Fastwork.id merupakan platform yang menangani beragam proyek, seperti jasa foto produk fashion, jasa foto produk kosmetik, dan juga jasa foto produk online shop. Keuntungan untuk fotografer tidak perlu pasang iklan, fastwork.id akan menampilkan profil dan portolio kamu di halaman yang disediakan

jasa foto produk, fastwork.id
tampilan web fastwork.id


Bagi para klien/brand untuk membantu menemukan jasa fotografi produk yang Anda butuhkan, Fastwork telah dibekali dengan fitur yang sederhana namun efektif. Fitur tersebut adalah pengurutan berdasarkan rating hingga harga. Dengan fitur ini, Anda bisa menemukan jasa foto produk dengan rating tertinggi. Bahkan menemukan layanan dengan harga terendah pun bisa dilakukan.

Melalui deskripsi layanan, profil dan portofolio sang freelancer, klien/brand bisa mengenal lebih jauh seputar kemampuan dan pengalaman yang dimilikinya. Jika Anda ingin berkonsultasi sebelum mulai bekerja dengan fotografer freelance Fastwork, Anda juga bisa melakukannya melalui fitur chat yang sudah tersedia. Dengan Fastwork, menemukan fotografer lepas jadi jauh lebih mudah.

Buat yang penasaran sama cara kerja fastwork, kunjungi saja mereka di https://fastwork.id/photography/product

Semoga, 5 tips mengelola Jasa Foto Produk membantu kamu yang ingin mengembangkan usaha bisnis di bidang fotografi.


Salam,


Comments