Kotak Warna| Personal Lifestyle

a Personal Lifestyle Blog

Mencoba Produk Bardi Smart Home

smart light bulb, bardi smart home, Smart IR Remote



Mencoba Produk Bardi Smart Home


Setiap kali menonton drama korea, saya dibuat takjub sama teknologi yang ada di dalam rumah pemainnya. Hampir semua rumah di korea sudah menerapkan konsep smart home. Lihat saja selalu ada adegan membuka pintu menggunakan pin atau lampu dalam rumah yang menyala otomatis saat ada pergerakan. Di drama yang sedang saya tonton baru-baru ini bahkan ada kulkas pintar yang bisa membantu penggunanya untuk memilih menu makanan berdasarkan informasi yang diberikan melalui pesan suara. Canggih, kan.

Baca Juga:

Acer Day 2019 


Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah banyak hunian yang menerapkan konsep smart home, di mana semua perangkat dalam rumah diatur melalui satu aplikasi dan internet, Mempermudah pengguna di dalamnya. Beberapa tahun silam, saya pernah melihat-lihat sebuah rumah di salah satu perumahan elite di Malang. Rumah tersebut sudah menerapkan konsep hunian pintar. Saya aja kagum lihatnya.

Bardi Smart Home, merupakan salah satu penyedia produk smart home dan bergaransi di Indonesia. Dengan dukungan Tuya, di mana merupakan platform pintar global yang mengembangkan Artificial Intelligence dan Internet of Things dan platform interaksi AI terkemuka membuat Bardi hadir dengan berbagai produk yang siap memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin menghadirkan konsep hunian pintar.

Produk-produk Bardi bisa terbilang lengkap mulai dari lampu pintar, IR remote, kamera IP, hingga kebutuhan rumah lainnya. Menarik, bukan.

Saya bakal ngajak kalian untuk berkenalan lebih jauh dengan 2 produk dari Bardi yang sudah saya coba.


Bardi Smart Bulb 9W-RGBWW


bardi smart bulb 9w-RGBWW

Dari dulu, saya pengin punya bohlam pintar gara-gara melihat pameran tentang smart living, lampu pintar ini menarik perhatian karena bisa mengubah-ubah warnanya sesuka hati, sesuai keadaan mood dan mimpi saya terpenuhi setelah ketemu Bardi Smart Bulb 9W-RGBWW ini.

Kalau lampu biasa ya warnanya itu-itu aja, kalau nggak putih ya kuning terus hanya bisa nyala-mati dengan bantuan saklar. Kadang lagi udah ngantuk banget tapi lampu masih menyala benderang, pengin matikan kok badannya udah lemas. Akhirnya ya tidur dalam keadaan lampu terang.

Sejak ketemu produk lampu pintar dari Bardi ini, saya punya kendali penuh karena semuanya bisa diatur menggunakan aplikasi di ponsel asalkan ada koneksi wifi/hotspot. Nggak ada lagi drama matikan saklar, tinggal pencet dari HP. 

aplikasi bardi smart home
Beberapa pengaturan yang dipantau dari aplikasi bardi


Selain itu, saya bisa sesuka hati mengubah warna dan menyesuaikan tingkat kecerahan berdasarkan mood hari itu. Produk lampu pintar dari Bardi ini memiliki kecerahan maksimal di 900 lumens dan bisa di redupkan hingga 90 lumens, kombinasi warna RGB hingga 16 juta warna dan gradasi putih dari 2700k (warm white) hingga 6500k (cool white). Menggunakan tipe ulir E27 yang merupakan tipe umum digunakan di Indonesia.

Cara Pemasangan Bardi Smart Bulb 9W-RGBWW:

  1. Pastikan di rumah memiliki koneksi Wifi/Hotspot (aplikasi yang digunakan untuk mengatur warna dan tingkat kecerahan memerlukan koneksi wifi/hotspot), jika di rumahmu tidak memiliki koneksi Wifi, lampu pintar ini masih bisa digunakan hanya saja fungsinya seperti lampu bohlam biasa.
  2. Pasang bohlam di tempat yang telah ditentukan tekan saklar dalam keadaan nyala.
  3. Unduh aplikasi Bardi lalu daftar akun.
  4. Setelah berhasil mendaftar, masuk ke aplikasi Bardi dan di sebelah tanda profile temukan tanda + lalu pilih Smart Bulb 9W-RGBWW
  5. Pilih koneksi Wifi yang ada di rumah lalu masukkan password
  6. Reset Lampu terlebih dahulu dengan cara tekan saklar on-off-on-off-on, dan pastikan lampu berkedip lalu, klik konfirmasi dan lanjutkan ke langkah selanjutnya.
  7. Jika berhasil, maka akan muncul tulisan Bardi 9W-RGBWW di home dan pengaturan bisa dilakukan.

Pengalaman Menggunakan Bardi Smart Bulb 9W-RGBWW:


bardi smart bulb 9w-RGB WW

Awal produknya datang, saya sudah excited banget untuk mencoba apalagi produk ini sudah masuk wishlist dari beberapa tahun lalu dan baru kesampaian punya. Sempat bingung bagaimana cara pemasangannya, tapi teratasi dengan petunjuk manual yang ada dalam kemasan. Petunjuknya mudah dipahami dan berhasil dong.

Bahagia saat lampunya berhasil diubah-ubah sesuai warna yang diinginkan, pengaturannya cukup lengkap. Lampunya saya pasang di lampu studio untuk membantu kebutuhan konten foto/video, efek warna yang berubah-ubah bakal bikin hasil konten lebih kece. Efek diskonya juga lucu banget deh. 

Kayaknya nanti bakal beli yang Wattnya lebih besar supaya lebih cakep hasil kontennya.

Bardi Smart IR Remote 10 M-BLK


bardi smart IR remote 10 m

Hayoo, angkat tangan, siapa di rumah yang sering kehilangan remot? Entah remote TV, AC, Kipas Angin, dll. Bikin senewen dan heboh orang serumah padahal cuman lupa taruhnya di mana.

Nah, sekarang sudah nggak drama lagi meski kehilangan remot di rumah kalau punya produk Bardi Smart IR Remote 10 M-BLK di rumah. Smart IR remote merupakan pemancar cerdas yang bisa dikendalikan lewat HP selama di rumah ada koneksi Wifi/Hotspot.

Remot ini dapat menggantikan semua remot infrared dengan mayoritas sudah ada dalam daftar dan bila tidak ada, bisa di duplikat signal infrared dari remot lama ke remot Bardi.

Dengan sudut pemancaran di 360 derajat dan jarak hingga 10m, remot Bardi dapat mengendalikan banyak perangkat yang dalam garis pandang karena sinyal infrared tidak dapat tembus halangan.


Cara Pemasangan Smart IR Remote 10 M-BL:


aplikasi Bardi Smart IR Remote 10 M

  1. Unduh akun Smart LIfe/Bardi Smart Home
  2. Daftar Ulang Akun
  3. Jika sudah berhasil masuk, tinggal tambah perangkat
  4. Pasang Perangkat (produk ini harus dicolokkan ke listrik untuk menggunakannya). Ketika remote sudah menyala, tekan tombol kecil hitam di bagian belakang selama 5 detik. Hingga lampu indikator berkedip cepat lalu tekan konfirmasi. Tunggu beberapa detik.
  5. Jika berhasil, nanti akan muncul logo IR Remote dan tinggal tambah remote yang ingin dipilih
  6. Verifikasi remote. Tekan power, jika perangkat tidak merespon tekan, “No/Yes.” kalau perangkat merespon tekan “Yes”


Pengalaman Menggunakan Smart IR Remote 10 M-BLK:

Pemakaian bardi smart remote IR 10 M



Bardi Smart IR Remote 10 M-BLK memiliki ukuran yang nyaman digenggam, ringan dan bisa dibawa kemana-mana, tinggal dipasang ke colokan listrik. Di awal Smart IR ini pemasangannya memang agak membingungkan dong, sampai dua kali baca petunjuk manual dan akhirnya berhasil. Perangkat mungil ini membantu banget kalau remot di rumah entah menghilang kemana. Tinggal sambungin sama HP, TV pun bisa menyala lagi.


Kesimpulan Mencoba Produk Bardi Smart Home:


So Far, selama saya mencoba produk Bardi Smart Home saya tidak menemukan permasalahan yang signifikan, kecuali saat pemasangan perangkat IR Smart Remote. Namun bisa teratasi dengan baik.

Keberadaan Bardi Smart Bulb 9W-RGBWW amat membantu ketika membuat konten foto/video karena efek perubahan warna-warnanya membuat proses produksi jadi semakin cakep. Selain itu aneka pengaturannya yang beragam dan bisa diatur sesuka hati membuatnya lebih dari sekedar lampu biasa. Nggak usah lagi deh jalan buat matika saklar. HAhaha

Kalian sudah mencoba produk Bardi juga? Boleh dong berbagi pengalaman kalian di kolom komentar.


Selamat Berakhir Pekan,





Comments

  1. Apik yo mbak. Iso dikeploki ben mati /murub opo ghak ? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya yang saya punya ini tidak disertai sensor gerakan mba. Jadi hanya bisa dikendalikan menggunakan aplikasi

      Delete
  2. Diana8:13 AM

    Haha iya kak.. Kalo remote tuh paling sering bnget dicari-cari .. Dicari ngilang, kalo ga dicari muncul.. Makanya IR Remotenya BARDI berfungsi banget, aku merasa beruntung bahwa udah tau ada IR Remote ini

    ReplyDelete
  3. kayaknya menarik nih kalo dipasang di kosan, kapan2 beli lah kalo habis gajian, btw makasih kak buat reviewnya hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Know the News