5 Ide Usaha Kreatif yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Saturday, August 15, 2020

5 ide usaha kreatif, bisnis kreatif


5 Ide Usaha Kreatif yang Bisa Dilakukan Di Rumah



"Tante,nanti kalau aku sudah menikah dan ikut suami. Enaknya usaha apa ya?"

Pertanyaan ini terlontar dari keponakan yang baru saja resign dari pekerjaannya dan memilih ikut bersama suaminya di luar pulau. Maunya sih jawab ‘Blogger’ aja kayak yang saya lakukan beberapa tahun ini setelah resmi keluar dari pekerjaan, namun nggak semua orang tertarik dengan dunia tulis menulis jadi ya dikasih alternatif ide usaha yang bisa dilakukan di rumah.

Di rumah saja bukan berarti kamu tidak memiliki penghasilan. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi keseharian tapi juga bisa dijadikan sebagai ladang pekerjaan yang tentunya menghasilkan uang.

Nah, kira-kira ide usaha kreatif apa yang bisa dikerjakan di rumah?


Baca juga:

5 Alasan Blogger Belajar Fotografi Dasar

Hal-Hal yang Bisa Dilakukan Seorang Blogger

6 Bentuk Investasi Ala Blogger

 

 

Jasa Hampers


Pernah mendengar kata hampers?

Itu loh semacam kotak yang terdiri dari beberapa produk di dalamnya mungkin orang awam lebih mengenalnya sebagai parcel.

Hampers atau Parcel ini biasanya diberikan sebagai hadiah kepada orang-orang di hari istimewa, misalnya ulang tahun, hari raya, kelahiran, dll. Isinya bisa bermacam-macam, mulai dari makanan, perlengkapan bayi, produk minuman, kue kering, coklat, pakaian atau bahkan produk perawatan wajah, dll.

Dengan adanya jasa hampers amat membantu bagi orang-orang yang memang membutuhkan bingkisan dalam jumlah banyak atau bagi mereka yang tidak sempat memilih barang hadiahnya sendiri.

Buat kamu yang punya modal besar dan jago dalam memilih barang. Jasa hampers ini bisa dilirik.


Kerajinan Tangan


Beberapa hari ini di linimasa beberapa orang yang saya kenal berjualan konektor masker rajutan yang lucu-lucu. Seperti yang kita tahu pandemi ternyata menghasilkan kreativitas bagi sebagian orang, salah satunya kerajinan tangan.

Barang-barang kerajinan tangan selalu memiliki tempat di mata orang-orang yang menyukai seni atau tidak ingin memiliki barang yang bernilai estetik. Sekarang cara penjualannya juga cukup banyak pilihan, bisa melalui media sosial atau menggunakan platform seperti Etsy.

Nah, buat kamu yang jago membuat barang-barang kerajinan tangan, mungkin ini saatnya untuk mulai memasarkan barang kerajinan tangan yang sudah kamu produksi.

Jasa Foto Produk


Berawal dari kesukaannya akan fotografi beberapa teman teman saya melebarkan sayapnya dengan membuka jasa foto produk.

Bisnis foto produk belakangan ini sedang naik daun, pasalnya banyak pelaku bisnis online yang kesulitan untuk membuat tampilan produknya menarik untuk dijual, sehingga membutuhkan jasa fotografer.

Tidak perlu memakai kamera mahal, beberapa fotografer produk yang saya kenal ada yang menggunakan kamera handphone dan hasilnya nggak kalah dengan yang menggunakan kamera.

Kamu suka foto-foto? Kenapa tidak mencoba bidang kreatif yang satu ini.


Desain Grafis


Buat kamu yang memiliki kelebihan di bidang desain grafis, cobalah menjadikan kemampuanmu sebagai bisnis. Sekarang ini banyak orang/ yang membutuhkan jasa desain untuk kebutuhan pribadi seperti konten media sosial, personal branding atau bahkan untuk kebutuhan profesional seperti perusahaan.

Tidak banyak orang mengerti dengan grafis sehingga membutuhkan orang lain dalam membuatnya, saya contohnya. Beberapa kali saya minta bantuan teman yang memang kompeten di bidang ini untuk dibuatkan desain kartu nama, header blog atau logo.

Mungkin, kamu bisa mencobanya?


Blogger


Bagi yang menyukai dunia literasi, mungkin bisa mencoba dunia blogger. Di mana kamu bisa leluasa menuangkan ide-ide, kisah yang kamu alami ke dalam blog sehingga bisa dibaca lebih banyak orang. Seperti yang sudah saya lakukan

Tidak hanya mendapatkan pembaca, beberapa kali saya mendapatkan tawaran dari beberapa ecommerce Indonesia yang ingin bekerjasama dengan blog yang saya kelola. Setelah keluar dari pekerjaan menjadi Guru TK, saya memutuskan menjadi full time blogger.

Meski dilakukan di rumah saya masih tetap berkarya dan tentunya mendapatkan penghasilan.

Nah, 5 ide usaha kreatif di atas mungkin bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu yang ingin melakukan usaha dari rumah.


Selamat berakhir pekan,







7 comments

  1. Jasa hampers ini, lagi laris bgt ya skrg. Orang2 udah ngerti arti keindahan sebuah bingkisan untuk orang lain. Nggak lagi sekadar dibungkus kertas kado ajah, tp ada seni merangkai barang yg ngga semua org bisa melakukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, terus varian barangnya bermacam-macam nggak hanya untuk acara lamaran gitu. Seru ya apalagi kalau hampersnya berupa skincare wkwk

      Delete
  2. Huwaaaa... semua buat orang kreatif nih, yang kreatifitasnya terbatas kek saya, cuman bisa ngerjain ngeblog aja hahaha.

    Tapi memang, kesemuanya itu bekalnya kreatifitas ya, hanya blogger, meski kreatifitas grafis kurang, masih bisa ditutup dengan penulisan yang kudu dicari ciri khasnya :D

    Dan di zaman pandemi ini, saya liat, banyak banget orang-orang kreatif di medsos, jasa foto, bikin hampers atau terima kayak pemesanan godie back juga bisa ya :D

    Duh berbahagialah yang dulu masuk PG/TK.
    Saya kayaknya memang gara-garanya dulu nggak kenal permainan gunting kreatifitas, karena saya nggak masuk TK, langsung SD hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya lama di TK juga males kalau berhubungan dengan kerajinan tangan deh

      Delete
  3. orang Kreatif mah bebas, tangannya bisa menghasilkan apapun ya Mbak. Apapun yang dibuat bisa jadi duit. heheh.. dari kelima usaha di atas, yang belum pernah menghasilkan cuma yang nomor 3 aja. wkwkw alias belum bisa foto cantiik seperti mbak Tikha..

    tapi bener loh, sekarang in jasa Hampers banyak dibutuhin apalagi kalau momen-momen tertentu. untuk Ulang tahun, wisuda, lamaran, dll...
    kalau jasa design grafis nih juga lagi laku banget. karena musim seminar daring, give away atau untuk isi konten media sosial atau sekadar buat logo online shop.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku salut loh sama orang yang bisa bikin kerajinan tangan. Aku sendiri kalau yang berhubungan dengan kerajinan tangan, nyerah deh

      Delete
  4. Jasa hampers ini persis yang dilakukan temanku setelah ia resign dari bank, laris manis. Dan seletah pandemi ini dia juga usaha lainnya, jualan mainan anak di toko. Emang kata orang gitu tu ada bakat apa gimana ya?

    Aku sendiri bolak-balik disuruh jualan, ya balik lagi nulis lagi ... nulis lagi ujung-ujungnya hahahaha.

    ReplyDelete

Kotak Warna | Personal Lifestyle © . Design by Berenica Designs.