Hal-hal yang Bisa Dilakukan Seorang Blogger


Apa sih Pekerjaan Blogger?


“Blogger itu pekerjaannya apa sih?”

Semenjak memilih menjadi fulltime blogger, saya kerap kali mendapat pertanyaan-pertanyaan seputar dunia blogger. Buat yang udah mengerti tentang pekerjaan rasanya mudah untuk menjelaskan kepada mereka mengenai apa yang saya kerjakan.

Masalah berbeda saat bertemu dengan orang awam yang kayaknya baru dengar istilah tersebut. Sudah diberi penjelasan panjang lebar, eh ujung-ujung balik ke pertanyaan, “bloger itu pekerjaannya apa?”

Gitu aja terus sampai lebaran haji.

Sebenarnya pertanyaan ini bisa dibilang wajar. Bagi sebagian besar orang, pekerjaan sebagai influencer, blogger, social media marketing dan pekerjaan kreatif lainnya itu dunia abu-abu alias nggak jelas.

Gimana nggak, pekerjaan-pekerjaan ini belum begitu populer alias masih terbilang baru dan deskripsi pekerjaannya terlihat tidak jelas bagi sebagian orang. Mereka yang awam masih bingung darimana kita mendapat penghasilan padahal kebanyakan diam di rumah sampai dikira pengangguran.

Ada yang mengalami?

Saya pernah dong.

Dulu sebelum ortu saya paham tentang apa pekerjaan blogger itu, mereka sering mengira saya hanya mainan hp dan laptop. Walaupun belum sepenuhnya paham apa sih sebenarnya pekerjaan saya. Kadang masih suka protes kalau saya main laptop melulu.

Ya. wajarlah.

Lantas, apa saja sih yang bisa dilakukan oleh seorang blogger selain menulis di blog sendiri tentunya. Jangan sampai ngaku blogger, kalau blognya sendiri jarang diperbaharui. Ups.


Baca juga: Apa yang harus saya tulis di kotakwarna?

Hal-hal yang bisa dilakukan oleh Blogger:


Penulis Konten


Selain untuk mengisi blog pribadi, kemampuan menulismu bisa dipergunakan untuk mengisi web orang lain. Banyak perusahaan/perseorangan yang kesulitan untuk mengelola isi webnya sehingga membutuhkan jasa penulis konten.

Jika kemampuanmu mumpuni dan paham akan SEO, maka ini akan menjadi peluang yang baik. Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari jasa penulisan konten ini.

Kalau kamu hanya sekedar ingin mencoba menulis di web lain tanpa biaya atau sekadar untuk menambah portofolio. Bisa. Ada banyak web yang membuka peluang untuk menerima tulisan dari pihak luar, seperti Hipwee, Beautynesia, C2Live, dll. Hal ini tentu akan mendongkrak kemampuan menulis dan juga profilmu sebagai blogger.


Mengulas Produk, Jasa/Usaha Baik Berbayar Atau Tidak


Sebagai seorang blogger, saya sering diminta oleh sebuah brand/perusahaan untuk memberikan ulasan terhadap produk, jasa/usaha yang mereka miliki. Ulasan dari blogger nantinya akan membantu meningkatkan awareness masyarakat terhadap produk, jasa/usaha yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut.

Namun, ada kalanya seorang blogger menulis ulasan produk jasa/usaha dengan keinginan sendiri. Biasanya karena menyukai produk tersebut atau memiliki pengalaman baik dengan jasa/usaha yang dilakukan oleh perusahaan tertentu.

Yap, jangan sebal kalau melihat teman blogger kemana-mana bawa kamera, motret sana-sini, merekam apapun. Atau bahkan lagi makan sama mereka tapi yang ada hanya foto makanan saja. Hihi, ya begitulah. Mereka hidup dengan konten, mohon dimaklumi.


Meliput Sebuah Acara


Semenjak menjadi blogger, saya sering mendapatkan kesempatan untuk menghadiri acara-acara keren, misalnya pembukaan hotel baru, peluncuran sebuah produk, gathering bersama media. Bagi saya itu sebuah kesempatan yang tidak ternilai.

Sekarang ini bisa dibilang blogger memiliki peranan yang sama pentingnya dengan media lainnya. Semakin banyak perusahaan yang mengundang blogger dalam acara-acara penting mereka.

Lalu, apa bedanya blogger dengan wartawan?

Beda dong. Blogger itu memberikan sentuhan personal dalam setiap tulisannya meskipun sudah ada panduan dalam menulis liputan tersebut. Sedangkan wartawan, menuliskan fakta faktual yang terjadi di lapangan dan biasanya harus segera naik tayang.

Influencer di Media Sosial


Dahulu, seorang blogger hanya fokus mengisi konten blog. Kalau aktif di media itu hanya untuk kesenangan pribadi.

Beberapa tahun belakangan ini, seorang blogger juga kudu aktif di semua media sosial. Catat ya, semua platform media sosial. Pusing, kan?

Udah sibuk bikin konten blog ditambah pekerjaan lain mengelola media sosial. Namun, ini bisa menjadi nilai plus loh karena bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari akun media sosial. Bonusnya, kita bisa memperluas jaringan pembaca.

Di medsos kita bisa menyelipkan ringkasan dari tulisan blog. Sebaiknya di blog, kita bisa mengenalkan akun media sosial. Timbal balik gitu, lah.

Hanya saja perlu usaha yang lebih keras dalam mengelola keduanya.

Baca juga:Bagaimana Cara Saya Membangun Diri Dengan Blog

Narasumber


Jangan malas untuk belajar banyak hal yang berhubungan dengan konten blog atau peningkatan kemampuan sebagai blogger. Jika kamu terus belajar dan bisa dibilang menguasai kategori tertentu, kamu bisa diundang sebagai narasumber/pembicara.

Banyak blogger yang memang sudah memiliki kemampuan didapuk untuk membagikan pengetahuannya sebagai pembicara dalam sebuah acara. Itu kalau levelnya sudah dibilang tinggi ya.

Saya kemarin pernah disuruh mengisi materi di WAG, masih skala kecil namun itu merupakan sebuah bentuk apresiasi bagi saya. Jangan patah semangat buat belajar.

Nah, sekarang sudah tahu kan garis besar pekerjaan seorang blogger itu apa. Saya memang terlihat seperti pengangguran atau hanya berdiam diri di depan laptop. Begitulah cara kami bekerja, bahkan saat keluyuran ke mall. Di otak kami selalu mencari celah mana bahan yang bisa dijadikan konten/bahan kerjaan.

Baca juga: kolaborasi antar blogger

Udah nggak penasaran lagi, kan?

5 comments

  1. Dulu, ortuku menganggap miring jadi blogger karena aku selalu pegang hape dan laptop hampir setiap hari. Lalu ketika Ku bercerita kalau blogger bisa dpt uang juga, trus banyak barang endorse dtang, rekening isinya makin banyak, barulah mereka percaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sudah banyak ortu yang mulai paham tentang pekerjaan ini.

      Delete
  2. Yes mb
    Ada banyak hal yg bisa dilakukan blogger
    Ahh... setuju sama tulisanny
    Btw generasi x atau baby boomers memang enggak sedikit yg belum ngeh dg profesi blogger
    Saya pun mengalami
    Tp saya anggap jadi semacam sosialisasi hehehe

    ReplyDelete
  3. "Di otak kami selalu mencari celah mana bahan yang bisa dijadikan konten/bahan kerjaan", ini benar banget mba, sekarang setiap ada yg unik selalu aja pengen saya tulis di blog :D

    ReplyDelete
  4. Thank you buat sharingnya..
    Dunia media sosial memang menarik. Banyak kejutannya. Bahkan dengan aktif di media sosial saja, bisa menambah penghasilan..

    http://yuniarts.com

    ReplyDelete