Kolaborasi Antar Blogger. Kenapa Tidak?

kolaborasi antar blogger



Kemarin, salah seorang rekan saya sesama blogger datang ke rumah. Ceritanya dia ingin meminta bantuan saya untuk pemotretan konten lomba. Dia datang ke rumah dengan segala perlengkapan yang akan dia gunakan dan saya bertugas untuk mengabadikannya. Di awal-awal saya benar-benar buta nggak tahu mesti mengarahkan gimana, beruntung pada akhirnya kami mulai menemukan akan seperti apa foto ini nanti. Ini bukan kali pertama, sebelumnya dia juga meminta bantuan saya untuk melakukan hal yang sama. Saya sih senang-senang saja saat dimintai bantuan, itu artinya dia mengakui kemampuan yang saya miliki dan dia percaya itu.

Konten-konten yang saya hasilkan selama ini juga tak luput dari bantuan teman blogger lainnya, keluarga atau bahkan orang lain. Saya sendiri sudah memiliki patner tetap untuk berkolaborasi membuat konten yaitu Wulan Kenangan. Kami berdua dikenal sebagai Soulmate. Kata beberapa teman blogger, di mana ada Wulan pasti di situ ada kehadiran saya. Begitu juga sebaliknya tapi ada kalanya kami datang sendiri-sendiri. 

Alasan saya bisa cocok dengan Wulan adalah kami memiliki banyak kesamaan walaupun kadang-kadang berantem juga gara-gara beda selera. Namun, Wulan adalah tetap menjadi Patner In Crime buat saya. Wulan bisa diandalkan untuk berburu buku bersama, karena kami berdua memiliki kegilaan yang sama terhadap buku. Terkadang kami juga sering mencari tempat pelarian ketika bosan bekerja di rumah. Maklum, hidup sebagai pekerja lepas terkadang membosankan, kami butuh short escape untuk melemaskan pikiran. 

Saya dan Wulan pun sering melakukan kolaborasi. Entah itu yang berhubungan dengan konten tulisan ataupun konten yang lain. Saya paling cocok jalan sama Wulan karena selama ini dia tahu apa yang saya inginkan begitu juga sebaliknya. Wulan yang lebih tertarik dengan foto produk amat membantu saya ketika melakukan pemotretan untuk foto produk, sedangkan Wulan mempercayakan saya untuk membantunya dalam pemotretan OOTD karena saya lebih tertarik dengan fotografi fashion. 

kolaborasi antar blogger
Diajak kolaborasi sama Niar. Wulan Bagian motret


Tidak hanya terbatas dengan Wulan, saya juga sering melakukan kolaborasi dengan teman blogger lainnya tapi kebanyakannya sih kolaborasi tulisan. Semacam menulis tema yang sama dengan sudut pandang yang berbeda. Kolaborasi dengan orang lain membuat wawasan menjadi lebih luas dan tentunya saya juga bisa menyerap ilmu yang dimiliki oleh teman lainnya, seperti hubungan simbiosis mutualisme, lah. Sama-sama menguntungkan. 


Ehm, gimana kalau berkolaborasi dengan orang yang tinggalnya berjauhan? 



Bisa saja loh. Saya pernah berkolaborasi membuat kumpulan cerpen bersama dua orang teman yang saya kenal hanya di dunia maya dan kami belum pernah bertemu sekalipun. Sekarang jaman sudah canggih. Ada berbagai media yang bisa membantu kita untuk berkolaborasi dengan orang lain di berbagai belahan dunia lain. Pilihannya sih kamu mau atau tidak. 

Kalau saya sih senang banget kalau ada yang mau ngajakin kolaborasi. Itu artinya saya bisa menyerap ilmu-ilmu baru juga dari mereka. Toh, kita punya tujuan yang sama untuk memberikan ‘value’ terhadap orang lain. Di luar sana, kolaborasi antar blogger itu udah biasa bahkan secara bergantian satu blogger berkolaborasi dengan blogger yang lain. Demi menciptakan konten yang baik kenapa tidak kita saling berkerjasama, ketimbang saling iri dan ujung-ujungnya saling sikut karena blogger A lebih sering diundang ke acara-acar bergengsi. Sudahlah, cuman menghabiskan banyak energi. Kalau kamu ingin beken seperti dia kenapa tidak kamu ajak aja berkolaborasi dan itu jadi upaya buat kamu juga untuk meningkatkan konten. Mungkin bisa dimulai dari wawancara atau mengundang orang tersebut untuk menjadi tamu di blog kamu.




Udah nggak jaman sirik sama orang lain. 


Ada yang mau ngajakin saya kolaborasi? Yuk. 



Salam, 

7 comments

  1. Aku kapan diajak kolaborasi? 🤔

    ReplyDelete
  2. Mari kita samakan waktunya saja

    ReplyDelete
  3. Ayuuk mbak, kolaborasiku selama ini sih cuma sama suami, lha kan dia blogger juga hahhhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk mba, mau kolaborasi apa?


      Enak punya pasangan yang juga suka ngeblog

      Delete
  4. Hayuk mba, mau jadi penulis tamu di blogku?

    ReplyDelete
  5. Gimana caranya mbak klo mau jadi penulis tamu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan kirimkan tulisannya ke swastikha@gmail.com. Tema blog saya about lifestyle atau lebih lanjut bisa baca-baca tulisan saya untuk gambaran mas

      Delete