5 Alasan Kenapa Seorang Blogger Perlu Ikutan Tantangan Satu Hari Satu Postingan



Adakalanya sebagai seorang blogger saya sering mengalami ‘blank’ di depan komputer. Nggak tahu mau nulis apa, padahal hasrat untuk menulis sedang menggebu-gebu. Kesal banget kadang dan ujung-ujungnya malah berakhir nonton drama korea.

Awal ngeblog dulu kalau sedang nggak ada ide, biasanya saya akan mengumpulkan berbagai macam gambar, puisi pendek, kumpulan warna-warna, dan kumpulan kalimat pertama dari novel favorit saya. Kegiatan lain yang sering saya juga saya lakukan adalah menulis bebas. Menulis apa saja di buku/kertas tanpa takut memikirkan apakah tulisan itu benar atau salah dengan tangan. Ajaib memang, menulis dengan tangan bisa dibilang cukup efektif untuk meningkatkan kerja otak.


Bosan dengan mencari ide sendirian, saya seringkali melemparkan pertanyaan di linimasa media sosial ‘apakah mereka bisa memberi saya ide tulisan?’  Beberapa dari mereka ada yang merespon pertanyaan saya, bahkan ada yang berbaik hati untuk memberi saya ide entah itu berupa judul atau konsep/isi tulisan. Tapi belakangan saya sudah tidak melakukan itu. Saya lebih senang belanja ide di Instagram, pinterest atau berkunjung ke blog-blog favorit saya.



Suatu hari bersama teman-teman blogger yang juga ‘desperate’ karena blognya nggak update untuk bikin tantangan yaitu satu hari satu postingan di blog. Temanya beragam mulai dari fiksi, surat cinta sampai postingan blog nggak jelas.  Seru sih karena bisa memaksa diri sendiri untuk bisa menulis tiap hari. Efeknya sih jadi ketagihan nulis gitu. Bahkan, saya pernah ikut di salah satu akun twitter yaitu menulis surat cinta selama 30 hari. Sayangnya, saya nggak lolos sampai 30 hari penuh. Tapi seru aja bisa nulis surat cinta yang cukup banyak.


Saya nggak tahu siapa yang menjadi pionir tantangan nulis tiap hari ini.  Sebagai seorang blogger tantangan ini berguna banget buat saya.  Setidaknya setelah mengikuti tantangan satu hari satu postingan ini saya jadi keranjingan nulis di blog. Hasilnya blog saya ramai dikunjungi pengunjung.

Buat para blogger pemula, ada baiknya cobain deh ikutan tantangan nulis blog tiap hari. Ada 5 alasan kenapa seorang blogger perlu ikutan tantangan menulis blog setiap hari. Mau tahu?

Baca sampai habis ya.

Membiasakan Diri Menulis Tiap Hari

Mungkin di luar sana berpikir bahwa blogger itu menyenangkan. Cuman nulis di blog tapi sering dapat barang gratisan. Kenyataannya memperbaharui tulisan di blog itu perlu banyak perjuangan. Mulai dari mencari ide, pemotretan (biar gambarnya nggak ngambil dari google/foto orang) belum lagi mengurus rumah yang kadang tidak ada habisnya. Selain itu kerapkali dilanda malas yang berkepanjangan. Lengkap dah.

Tantangan satu hari satu postingan ini akan melatih kalian untuk menulis setiap hari. Akan sedikit melelahkan memang tapi tanpa sadar latihan itu akan membentuk sebuah kebiasaan menulis yang baru. Kelak, jika kalian lolos dari tantangan itu kalian akan mulai keranjingan untuk menulis apa pun karena sudah terbiasa. Percayalah membangun kebiasaan itu nggak semudah membalikkan telapak tangan.

Nggak Akan Kehabisan Ide

Buat yang suka bengong di depan laptop karena nggak tahu akan menulis apa. Bergabung sama grup Satu Hari Satu Postingan akan sangat membantu. Kalian nggak perlu lagi mikir ide apa karena biasanya tema sudah disiapkan sama ketua grup. Tinggal kitanya aja yang mau eksekusi kayak gimana. Yah, kekurangannya ikut grup itu adakalanya tema yang ditawarkan tidak sesuai dengan niche blog kita. Tapi buat blogger pemula, grup ini akan sangat membantu untukmu mengisi blog.

Belajar Tentang Tenggat Waktu

Mengikuti tantangan menulis tentu akan ada peraturan. Mulai dari beberapa kata yang harus ditulis dan kapan tenggat waktu penulisannya. Dari sini kamu  bisa belajar untuk mengatur waktu antara kapan waktu menulis dan kapan waktu untuk melakukan pekerjaan sendiri sehingga tenggat yang diberikan nanti terpenuhi.

Selain itu kamu belajar untuk tertib menaati peraturan, sehingga nanti ketika kamu terjun ke dunia blogger tidak akan kaget dengan yang namanya tenggat waktu yang diberikan oleh klien.

Support Grup dan Blog Jadi Ramai Pengunjung

Saat kamu mengikuti sebuah grup, mereka akan sepaket memberikan dukungan saat kamu mulai merasa lelah menulis satu hari satu postingan. Itu lebih akan membuatmu bersemangat ketimbang nulis sendirian karena akan cenderung masalah. Bonusnya lagi blogmu akan ramai dikunjungi sesama peserta dan bahkan dari mereka ada yang suka memberikan saran dan kritiik yang akan membantu perkembangan blogmu. Bahkan di beberapa grup ada yang memberikan hadiah berupa bingkisan atau bahkan job menulis bernilai ratusan ribu. Ngiler, kan?

Menunjukkan Pada Diri Sendiri Bahwa Kamu Mampu

Paling penting dari segala alasan yang ada setidaknya kamu sudah membuktikan pada diri sendiri bahwa mampu mematahkan semua doktrin bahwa menulis itu susah, menulis itu nggak bisa setiap hari dan bla bla. Hei, apa pun itu jika kamu lakukan dengan sepenuh hati maka akan ada hasilnya. Nggak ada usaha yang mengkhianati hasil. Blogger kece di luaran sana juga sudah pernah melewati tahapan itu.

Intinya sih jika kamu menyukai tantangan tapi tidak banyak ide. Ikutlan dengan grup-grup di luar sana yang menyediakan tantangan satu hari satu postingan. Lalu, nikmatilah prosesnya.

Di antara pembaca saya ada yang pernah ikutan tantangan ini? Boleh dong kalian bagi pengalaman apa yang sudah didapatka selama ikut tantangan satu hari satu postingan.


Salam,


17 comments

  1. Benar banget, saya sebagai emak-emak bener2 merasa tertantang dengan posting tiap hari.
    Sampai-sampai gak jarang (bahkan kebanyakan) tulisan saya ditulis pada tengah malam bolong gini sambil nyusuin bayi hehehe.

    Btw salam kenal ya mba ��

    ReplyDelete
  2. aku belom pernah ikutan, takut gak konsisten >_<
    yang bikin susah itu kalau harus bikin postingan yang gak sesuai niche, mikirnya lebih lama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali perlu dicobain mba. Supaya tertantang

      Delete
  3. Ayo kapan nih benar2 mulai one day one post nya?manfaatnya banyak ya ternyata. Harus mengumpulkan niat dulu ya kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Ayuklah kita susun rencana lagi

      Delete
  4. Aku belum ikutan satu hari satu artikel, masih molor. Huhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali coba deh ikutan biar tertantang

      Delete
  5. Nulisnya masih mood mood-an nih, kapan bisa ikutan yang gini ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah. Coba aja ikutan sapa tahu jadi rajin nulis

      Delete
  6. aku belum bisaaaaa..... ODOP. Sebenarnya pingin nyoba tapi kok motivasinya belum kuat karena masih belum yakin bisa itu tadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo nyoba ikutan beberapa hari aja dulu biar tahu rasanya

      Delete
  7. nulisku di banyak tempat hehehee

    ReplyDelete
  8. belum bisa mba takut banget Dilan gerebek *halah Terdilan* masih belum konsisten sih jadinya aku netapin min 6 post /bulan soalnya takut ga optimal juga kalau tiap hari >> banyak alasan yah mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Sesekali boleh deh ikutan mba. Biar tahu sensasinya

      Delete
  9. Kalau saya emang sudah terbiasa nulis jadi, walaupun nggak nulis tetep aja kepikiran tangan gatel pengen ngetik :D

    ReplyDelete
  10. Aku termasuk yang suka dengan kegiatan ODOP ini Ka. Tapi sayangnya kali ini ga lolos sampai 30 hari bahkan kurang dari seminggu sesuai tema. Tapi...setahun yang lalu sih berhasil hehehe.

    ReplyDelete