Kotak Warna: Langkah Cerdas dalam Memilih Tempat Makan Bayi yang Tepat

Wednesday, February 21, 2018

Langkah Cerdas dalam Memilih Tempat Makan Bayi yang Tepat




Memiliki bayi yang sudah mulai memasuki usia makan tentunya menjadi kesenangan tersendiri. Sebagai orang tua pastinya akan memberikan yang terbaik agar pengalaman makan pertama bayi Anda menyenangkan. Salah satunya adalah memperhatikan dalam pemilihan tempat makan untuk bayi. Di pasaran kebanyakan perlengkapan makan bayi berbahan plastik. Alasannya adalah tidak mudah pecah, sehingga cukup aman untuk bayi yang mulai makan sendiri apabila perlengkapan makannya terjatuh.

Di lain hal, penggunaan perlengkapan makan berbahan plastik pun juga tidak begitu baik untuk kesehatan bayi. Terlebih lagi apabila digunakan untuk jenis makanan yang masih panas. Seperti yang kita ketahui bahwa memang ada beberapa bahan plastik yang tidak tahan terhadap panas dan juga tidak tahan terhadap dingin. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir akan hal ini. Anda masih bisa menggunakan perlengkan makan berbahan plastik tentu dengan mempertimbangkan beberapa hal supaya tidak keliru saat memilih. Bagaimana pun kesehatan bayi Anda adalah yang utama.

Agar tidak salah memilih tempat makan bayi berbahan plastik untuk bayi Anda, maka Anda bisa mempertimbangkan hal-hal berikut:

1. Pilih Perlengkapan Makan yang Bebas BPA

Pastikan perlengkapan makan yang Anda pilih bebas BPA. Untuk memastikan apakah perlengkapan makan yang Anda pilih sudah sesuai standar bahan plastik yaitu dengan memeriksa bagian bawah piring, gelas, mangkok dan sendok. Pastikan benda-benda tersebut memiliki simbol segitiga yang berbentuk panah dan simbol angka 1,2,4,5. 

2. Baca Instruksi

Sebelum menggunakan perlengkapan makan. Baca instruksi yang berada dalam kemasan perlengkapan makan tersebut dan bilas sebelum memakainya. Pastikan juga apakah perlengkapan makan itu aman untuk freezer/microwave atau tidak.

3. Pilihlah Peralatan Makan yang memiliki Tulisan Food Grade

Pelataran makan yang memiliki tulisan Food Grade berarti sudah lolos standar peralatan plastik. Aman digunakan untuk menyimpan bahan makanan tentu dengan penggunaan yang tepat. Harganya memang sedikit lebih mahal tapi meminimalisir bahaya keracunan makanan/minuman yang berasal dari perlengkapan makan.

4. Perhatikan Tutup Wadah

Jika perlengkapan maka bayi Anda yang terbuat dari plastik memiliki tutup, maka pilih tutup yang berbahan silikon. Supaya tempat makanan kedap udara sehingga aman dari virus atau bakteri dan makan supaya tetap segar.

5. Hindari Makanan yang tidak tepat

Untuk perlengkapan makan plastik hindarkan dari jenis makan yang berlemak dan makanan panas. Tunggu beberapa menit sampai makanan mencapai suhu ruangan.

6. Nano Silver

Anda dapat untuk memilih bahan plastik nano silver yang mana untuk bahan ini akan menghindarkan dari proses pembusukan pada makanan.

Menjadi seorang ibu rumah tangga memang dapat dikatakan susah-susah gampang, karena menjadi seorang ibu haruslah pandai dalam menemukan cara mengenai hal-hal yang terbaik untuk buah hatinya dan menghindarkan segala hal yang dapat membahayakan buah hati Anda, termasuk memberikan jenis makanan yang terbaik dan untuk perlengkapan makannya pun jug haruslah diperhatikan dengan sebaik mungkin agar tidak mengganggu pada kesehatan buah hati Anda.

Pada biasanya para ibu memang akan memberikan perlengkapan makanan kepada buah hatinya yang berbahan dari plastik, karena hal ini dianggap sebagai perlengkapan makan yang terbaik dan aman untuk bayi agar tidak mudah pecah apabila tersenggol bayi dengan begitu maka hal ini tidak akan mengganggu buah hati dan tetap menjaga keamanan pada buah hati Anda.

Akan tetapi tidak semua tempat makan yang berbahan dari plastik ini akan membahayakan buah hati Anda, karena apabila Anda melakukan pembelian berdasarkan dari beberapa hal yang adadi atas maka Anda tidak akan menemukan perlengkapan makanan bayi Anda yang mampu membahayakan pada buah hati Anda, dengan begitu maka selalu perhatikan pada beberapa ulasan yang ada di atas agar Anda tidak salah dalam melakukan pemilihan pada perlengkapan makan untuk buah hati Anda.


Salam,


3 comments:

  1. Wah, nggak salah baca postingan ini. Bentar lagi Mirza usianya 6 bulan siap buat makan. Kalau urusan tempat makan Mirza aku pilih yang BPA free mba. Biar aman dan higienis. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Botol minumanku juga cari yang BPA free supaya aman

      Delete
  2. Seperti yang pernah saya baca di forum diskusi mba, katanya emang harus dibedakan wadah makan bayi dengan orang dewasa agar bersih

    ReplyDelete