Apa yang Harus Saya Tulis di Kotakwarna.com?



niche-blog-kotakwarna.com



A Personal Lifestyle Blog



Emang kotakwarna.com itu isinya apa sih?

Sejak awal membuat blog, saya memang tidak memikirkan tentang tema besar dari blog yang saya kelola ini. Semuanya berjalan bagaikan air, mengikuti apa kata isi kepala dan mood saya saat ingin menulis. 

Dulu, kali pertama blog ini dibuat isinya benar-benar acak-acakan, lebih ke tulisan-tulisan personal ala curhat yang kadang diselipi tulisan puisi atau fiksi. Kala itu saya memang lagi menggemari kedua jenis tulisan itu.

Saat itu blog juga hanya tempat mencurahkan isi hati selebihnya sebagai sarana latihan menulis fiksi supaya tahu apakah tulisan saya bisa diterima oleh khalayak umum. Aslinya sih saya ini bosan apalagi kalau harus fokus nulis dalam satu tema. Ampun dah, saya menyerah.

Saat blog ini berganti nama menjadi Kotakwarna, isinya sih masih tetap random tapi mulai ada kejelasan ke arah mana blog ini akan dibawa. Saya mulai membuat kategorisasi di blog ini. Masih terlalu banyak sih kategorinya namun setidaknya sudah ada panduan deh blog ini isinya apa. 

Pada akhirnya saya memantapkan diri memasukkan diri dalam niche lifestyle alias gado-gado. Setidaknya saya mulai mengkhususkan diri di blog kedua saya yaitu swastikha.com. Beberapa kategori yang sebelumnya ada di kotakwarna, saya pindahkan ke sana, seperti catatan perjalanan, hotel, makanan dan tulisan personal ala curhatan.

Lantas apa sih tema-tema yang dalam blog ini?

Lifestyle

Tema utama di blog ini adalah berhubungan dengan lifestyle atau gaya hidup. Isi tulisan gaya hidup di sini lebih berkisar kepada gaya hidup pada umumnya, gaya hidup sehat, tempat nongkrong kekinian, ulasan produk makanan.

Artikel Lifestyle: 5 Kelebihan Wholesale Air Track

Blogging


Walaupun ilmu tentang blogging saya masih dangkal, ada kalanya saya juga menulis tentang dunia blog berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan dan apa yang juga pernah saya pelajari sebelumnya. Intinya sih, saya juga ingin berbagi ilmu kepada teman-teman blogger lainnya.

Selain membahas soal blog, dalam kategori blogging ini, saya sering membahas tentang media sosial, dan sedikit pengetahuan tentang fotografi yang semuanya itu merupakan sebuah kebutuhan untuk kami para blogger.

Artikel terkait Blogging: 8 Aplikasi Mempercantik Konten Instagram

Hiburan


Berawal dari kesukaan saya akan menonton film dan mendengarkan musik, saya memasukkan kategori hiburan dalam blog ini. Saya ingin berbagi kepada para pembaca tentang drama/film apa yang tengah saya tonton. 

Sebagai penggemar drama korea garis keras, ya kebanyakan drama yang saya ulas pasti nggak jauh-jauh dari drama dari negeri gingseng ini dan juga film-film lainnya sih.

Baca aja: Seketika terkena virus Kpop


Beauty

Belakangan ini saya mulai aware tentang yang namanya perawatan kulit, sehingga sering membeli produk-produk kecantikan untuk dicoba. Selain untuk perawatan kulit, produknya bisa diulas di blog. Lumayanlah bisa nambahin trafik blog.

Sering mengulas produk kecantikan membuat saya sering mendapatkan undangan dari beberapa brand kosmetik. Jadi, saya memutuskan untuk membuat kategori beauty dalam blog. Konten kecantikan ini bisa dibilang penyumbang trafik terbesar di blog.


Psychology

Sebagai orang yang mempunyai latar belakang pendidikan Psikologi, saya sengaja memasukkan kategori ini ke dalam blog. Tulisan psikologi saya lebih berfokus pada pengembangan diri, tentang hubungan dan kadang sedikit parenting. 

Fiction

Berawal dari penulis fiksi, tentu saja membuat tulisan saya juga didominasi sama cerita-cerita pendek ala saya dan masih juga beberapa puisi. Tapi belakangan saya sudah jarang menulis fiksi (lupa rasanya) sehingga tulisan kategori fiksi belum ada tulisan terbaru.

Semoga saya kembali ingin menulis fiksi lagi dan bisa membuat cerita-cerita baru untuk diposting di blog.

Baca: A Love Letter To Hana

Bloggerlife


Sengaja dikasih kategori ini karena hasrat untuk curhat colongan masih tinggi. Biasanya sih lebih ke curhat tentang kehidupan sebagai blogger atau kehidupan sehari-hari yang masih ada hubungannya sama kategori lifestyle.


Yah, itu sih garis besar kategori-kategori yang ada di kotakwarna. Selebihnya masih ada kategori-kategori kecil yang tidak saya tulis di sini. Apakah akan bertambah lagi? Entahlah, tergantung sama mood.

Buat yang ingin bekerjasama dengan kotakwarna, boleh deh pilih kategori yang sesuai di atas (jangan lupa kirim email ya)


Salam,

4 comments

  1. Nulis ala gado-gado gini menurutku kok lebih seru ya. Lebih variatif artikelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sebagai pembaca juga suka konten blog yang bervariatif. Biar nggak bosan

      Delete
  2. Setuju banget, aku sebagai blogger juga belum membuat blog dengan niche tertentu. Blogku masih gado-gado, senyamanku menulis saja..karena kalau fokus pada satu niche takut bosan atau tidak menguasai materi yang akan ditulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Aku juga gampang bosenan kalau nulis satu tema

      Delete