Kotak Warna| Personal Lifestyle

a Personal Lifestyle Blog

Apa yang Bisa Kamu Tulis di Blog Saat Kehabisan Ide?

saat kehabisan ide menulis, book flatlay

Ketika Terserang Writer's Block


Writer's Block alias buntu ide seringkali menghantui para blogger ketika ingin memperbaharui tulisan di blog. Padahal keinginan untuk menulis sedang membara. Akhinya. cuman bengong di depan layar komputer menatap tombol kursor yang berkedip-kedip.

Coba untuk ditunggu beberapa menit, mungkin saja ide sedang berkeluyuran dan pasti kembali. Nyatanya, waktu cuman terbuang percuma. Tak ada barisan kata dalam aplikasi microsoft word yang sudah terbuka sejak tadi.

Huf

Bikin dilema banget, kan?

Tenang. Masalah seperti ini nggak hanya terjadi sama kamu kok. Hampir semua blogger pernah mengalami masalah yang sama.Tulisannya cuman jadi draft yang menumpuk di komputer, like me

Baca juga: 7 hal yang bikin blogmu ramai dikunjungi pengunjung


Nah. Postingan kali ini saya mau bahas apa saja yang bisa kamu tulis di blog saat kehabisan ide. Siapa tahu bisa tulisan ini bisa menginspirasi kalian saat mengisi blog.

Yuk. Mari disimak baik-baik.


1. Apa yang kamu kuasai


Kamu ahli dalam bidang tertentu atau kamu memiliki latar pendidikan yang mumpuni. Kamu bisa menuliskan semua itu dalam postingan di blogmu.Nggak usah takut dibilang sok. Namanya ngeblog, kan berbagi. Jadi, berbagilah ilmu yang kamu punya.

Percaya deh menulis sesuatu yang kamu kuasai itu lebih mudah ketimbang kamu nulis tema yang nggak pernah kamu kenal sebelumnya. Misalnya: kamu seorang dokter. Kamu bisa mengisi blogmu dengan yang berhubungan dengan dunia medis atau cara hidup sehat itu akan jauh lebih membantu ketimbang kamu menulis tentang fashion. 

emang salah?

Nggak sih. Saat menulis apa yang kamu kuasai, itu jauh lebih mudah untuk membuat tulisan.


2. Kehidupan Sehari-hari


Kamu juga bisa menulis tentang kegiatan sehari-harimu. Terkadang sesuatu yang sederhana bisa menarik banyak orang. Misalnya kamu seorang IRT dengan anak lebih dari 1. Kamu bisa posting bagaimana mengasuh dua anak.

Di luar sana banyak, Mbak.

Tiap orang tua memiliki cara yang tersendiri dalam mendidik anaknya. Perbedaan-perbedaan itulah yang nantinya akan memperkaya kita. bisa jadi kalian saling menginspirasi dengan cara pola asuh yang berbeda-beda

3. Pekerjaan


Pekerjaaanmu bisa jadi sumber ide bagi blogmu. Beritahukan pada banyak orang seperti apa pekerjaanmu. Mulai dari deskripsi pekerjaan, bagian-bagian penting dalam pekerjaanmu. Masyarakat di luar sana masih awam terhadap beberapa pekerjaan baru sehingga tulisanmu bisa memberikan wawasan buat mereka. 

Bisa juga kamu menuliskan pengalaman pertama saat melamar kerja. Itu bisa jadi tulisan yang menarik dan berguna bagi para lulusan baru.


4. Impian


Tuliskan mimpi-mimpimu yang pernah terwujud dan belum terwujud. Beritahukan pada semua orang apa mimpimu. Siapa tahu dari tulisanmu itu bisa menginspirasi banyak orang.

Bisa jadi tulisan ini membuat impianmu terkabul. Who knows?


5. Hobi


Kamu suka masak? Kamu suka motret? Tuliskan itu dalam blogmu. Beritahu mereka mengenai hobimu, suka dan dukamu saat menjalankan hobimu atau kamu bisa menambah tutorial-tutorial untuk mempermudah pembacamu.


6. Tempat nongkrong


Kamu suka nongkrong di cafe atau memiliki tempat makan favorit? Kenapa tidak kamu tulis di blogmu. Tempat nongkrong favoritmu bisa jadi rekomendasi untuk orang luar di sana, selain itu bisa dibilang kamu turut membantu mempromosikan tempat usaha orang lain.

8. Buku yang pernah kamu baca


Untuk ikut meningkatkan minat baca di Indonesia. Kamu bisa berbagi daftar buku yang sudah kamu baca. Rekomendasikan pada pembacamu tema-tema apa saja yang sekarang tengah ramai diperbincangkan.

9. Pengalaman Hidup


Pengalaman hidup tiap orang tidaklah sama. Tiap orang punya cara tersendiri dalam melewati masa-masa sulitnya. Siapa tahu dari pengalaman hidupmu, orang lain bisa mengambil hikmahnya.

10. Catatan Perjalanan


Pernah dong melakukan suatu perjalanan? Kenapa tidak kamu bagikan ke pembaca di blogmu. Beritahu mereka tempat-tempat yang pernah kamu kunjungi. Siapa tahu beberapa dari pembacamu tertarik dengan tulisanmu.


11. Review


Pas lagi miskin ide. Kenapa nggak coba untuk mengulas satu produk/jasa. Nggak usah yang muluk-muluk. Cukup tulis saja pengalamanmu dengan produk tersebut.

Kalau hasil ulasanmu bagus. Siapa tahu ada brand yang melirikmu.


12. Quiz/Give Away


Semua orang suka hadiah. Kalau kamu lagi kehabisan ide. Coba aja deh bikin postingan Quiz/give away. Lemparkan sebuah pertanyaan pada pembaca blogmu. Hadiahnya bisa kamu atur sendiri.

Lumayan bisa bikin ramai blogmu.


13. Bikin List


Artikel yang berisi poin-poin juga bisa alternatif kamu dalam mengisi blog. Tinggal tentukan tema apa yang kamu bahas. Lalu ulas dalam poin-poin.

Tipe tulisan ini disukai pembaca karena memiliki banyak informasi. Contoh: 10 daftar negara yang paling ingin kamu kunjungi?

Semoga ide-ide di atas bisa membuatmu lebih lancar dalam memperbaharui blog.

Salam,




Comments

  1. Sebenernya memang banyak yg bisa ditulis di blog, ya? Tapi, kadang saya malas :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malas emang musuh utama para blogger

      Delete
  2. Sebenernya memang banyak yg bisa ditulis di blog, ya? Tapi, kadang saya malas :(

    ReplyDelete
  3. bikin list, boleh juga tuh idenya mbak, bakalan banyak list yang bisa dijadiin bahan tulisan deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. List ngebantu banget buat jadi bahan tulisan ;)

      Delete
  4. Wah beberapa point di atas pernah saya coba dan berhasil :)

    ReplyDelete
  5. Wah ini artikel rujukan penting di masa masa kapir... Thx mba Tikha!!

    ReplyDelete
  6. Bikin list yang kadang males nih mba.. hehehe. Tapi bener siy, ide sederhana asal dikemas dengan gaya penuturan yang menarik, tetap bisa bikin betah ngebacanya :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali ke selera sih kataku, mbak

      Delete
  7. Kalau saya sih, yang paling penting niat. Ide segudang kalo niatnya nggak kuat dan malah keasikan fesbukan, yang ada belum sempet nulis mata udah capek duluan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahha...iya. Kalau udah kumat malesnya mah suka gitu

      Delete
  8. Makasi mbak Tika, akhir-akhir ini aku memang lagi berusaha buat rajin menulis di blog. Aku usahakan sih satu hari satu postingan semoga bisa istiqomah sampai seterusnya, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Yang terpenting emang konsistensi.

      Delete
  9. Wah banyak sekali idenya, makasih sharingnya Mbak.

    ReplyDelete
  10. aku apa aja yang mau aku tulis dan bisa aku tulis ya tak tulis xixixi. semangat ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Hal keci apa pun bisa jadi ide :)

      Delete
  11. Saya kebanyakan ide malah pas di saat yang ga tepat.
    Misalnya pas jalan naek motor, banyak ide tuh.
    Pas motor berenti, anehnya ide ide itu kok ya ikut bubar jalan!

    Hihihi

    ReplyDelete
  12. kenyataannya ya emang blogku isinya ya macam gitu hehehe.. jadi bukan pas kehabisan ode aja nulis kaya gitu wkwkwkm tapi kadang itu susahnya nggak nemu waktu sama mood yang pas buat nulisnya, tapi makasih loh kak sarannya, salam kenal yaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya saya juga campur aduk.

      Salam kenal:)

      Delete
  13. kenyataanya memang banyak hal yang bisa dituliskan, tapi masalahnya cuman satu: MALESnya ituloh buat mulai nulis :D

    ReplyDelete
  14. Intinya adalah segera mulai ya mbak.. *nodong pistol ke diri sendiri* hahhahahaa..

    ReplyDelete
  15. Anonymous1:15 PM

    Hurray!!

    Thanks for the ideas.

    Pengen nulis.. kebanyakan yang pengen ditulis.. tapi ora budhal2.

    Dengan listicle-mu ini semoga aku bisa lebih fokus mbak.. 😙😙

    ReplyDelete
  16. Kalau aku bukan kehabisan ide, tapi waktunya hehehe. Mau nulis rasanya udah capek habis ngurus dua bocah yang aktif-aktif.

    ReplyDelete

Post a Comment

Know the News