Cara Memilih Produk Skincare yang Tepat Untuk Pemula

Monday, March 30, 2020


Cara  Memilih Produk Skincare yang Tepat Untuk Pemula, emina sun protection


Cara Memilih Produk Skin Care yang Tepat Untuk Pemula


Semenjak sering mengulas produk kecantikan di blog, saya seringkali mendapatkan banyak pertanyaan dari beberapa teman dan kerabat tentang produk apa yang sesuai dengan mereka. Beberapa teman mengaku bingung saat dihadapkan pada persoalan memilih produk skincare yang tepat.

Tentu saja pertanyaan-pertanyaan semacam itu cukup membuat kepala saya pusing tujuh keliling. Pasalnya setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, meskipun sama tentu saja permasalahan kulit yang berbeda. Saya sendiri butuh waktu setahun untuk menemukan skin care apa yang cocok itupun dengan proses gonta-ganti produk. Banyak pertanyaan yang masuk, menandakan banyak orang yang mulai sadar akan pentingnya merawat kulit wajah.

Di luaran sana seperti yang kita ketahui ada berbagai macam produk perawatan wajah belum lagi teknik pemakaiannya yang juga beraneka ragam. Jika kamu penganut tren perawatan kulit wajah ala Korea dan Jepang, pasti sudah tahu kalau mereka menggunakan berlapis-lapis rangkaian produk supaya kulitnya tetap paripurna, sedangkan untuk kawasan Eropa mereka lebih menekankan pada perawatan wajah yang minimalis.

Nah, sebelum kamu bingung dengan rangkaian produk yang berlapis-lapis dan bikin pusing untuk dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari. Ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu apa itu Basic Skin Care alias dasar dari sebuah rangkaian peliharaan kulit wajah.

Basic Skin Care


Pada dasarnya perawatan wajah itu terdiri dari Cleanser (Pembersih), di mana bertujuan untuk mengangkat noda riasan, kotoran dan sisa penggunaan produk perawatan lainnya, Mosturizer (Pelembap), setelah kulit dibersihkan dari sisa noda kotoran kini saatnya mengembalikan minyak alami kulit yang hilang dengan menggunakan pelembab, di mana ada yang bersifat hidrasi dan melembabkan, Protection (Pelindung), melindungi kulit dari efek jahat sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit terbakar, flek hitam serta kanker kulit. Oh iya juga ada yang memasukan Toner (Penyegar), berupa cairan berupa air yang berfungsi untuk mempersiapkan kulit sebelum menerima produk selanjutnya.

Jadi, sebenarnya perawatan wajah itu sesederhana itu kok, hanya saja kemudian mengalami perkembangan setelah Korea mengenalkan bagaimana para wanita dalam merawat wajah dengan metode 10 lapis.

Bagi pemula, teknik dasar ini sebenarnya sudah cukup mengatasi permasalahan kulit asalkan istiqamah dalam pemakaiannya. Sebab, kunci utama dari perawatan wajah yang paripurna adalah konsisten dalam pemakaiannya entah mau 3 lapis atau bahkan 10 lapis. Ya, kalau masih bolong-bolong jangan harap kulitnya bisa sebening pantat bayi.

Sebelum kamu mencoba tingkat selanjutnya dari perawatan wajah, ada baiknya kamu sudah menemukan produk perawatan wajah harian yang tepat sehingga jika terjadi permasalahan kulit akibat penggunaan produk baru. Kamu bisa menetralkan kulit dengan produk harian yang sudah terbiasa dipakai. See, penting, kan?

Lantas, sebenarnya bagaimana sih cara memilih produk perawatan wajah yang sesuai bagi pemula yang baru mengenal dunia Skin Care?


Kenali Jenis Kulit


Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum melirik produk perawatan wajah adalah mengenali dulu jenis kulit. Ada beberapa jenis kulit yang sudah dikenal di dunia kecantikan yaitu normal, kering, berminyak-berjerawat, kombinasi dan sensitif.

Mengenal jenis kulit akan sangat membantu dalam memilih rangkaian produk wajah yang tentunya berbeda-beda disesuaikan dengan jenis kulit. Jenis kulit A, tentu memiliki bahan kandungan yang mungkin tidak sesuai untuk jenis kulit B. Namun, ada beberapa bahan yang dikenal aman untuk berbagai jenis kulit.


Cari Tahu Permasalahan Utama yang Ingin Diperbaiki


Setelah kamu paham tentang jenis kulit, kini saatnya mulai mencari tahu permasalahan apa yang tengah dihadapi oleh kulitmu. Lebih sederhananya adalah target yang ingin dicapai, misal masalah jerawat, pigmentasi, anti aging, beruntusan, dll.

Mengetahui permasalahan kulit akan membantu saat memilih produk skin care dengan tepat sehingga tidak asal beli dan pada akhirnya buang uang karena tidak sesuai.

Sebagai contoh, saya memiliki jenis kulit berminyak dengan masalah bekas jerawat. Tentu saja saya akan memilih produk perawatan wajah untuk kulit berminyak yang biasanya mengandung Green Tea, Tea Tree, dll dan ditambahkan dengan bahan aktif yang memang mempunyai manfaat mengatasi bekas jerawat seperti Niacinamide, Retinol, AHA/BHA, dll

Kondisi kulit seringkali berubah-ubah, pastikan menyesuaikan dengan kondisi kulit wajah terkini saat ingin membeli produk skin care.


Kenali Bahan Kandungan yang Cocok Untuk Jenis Kulit dan Permasalahannya



Cara  Memilih Produk Skincare yang Tepat Untuk Pemula, kandungan bahan, skin care ingredients
Baca Label Kandungan Bahan


Sebelum membeli ada baiknya kamu mencari tahu kandungan bahan yang memang dibutuhkan untuk permasalahan kulit dan jenis kulit. Jika tidak paham, kamu bisa berkonsultasi pada penjual atau mencari tahunya terlebih dahulu di internet.

Pastikan ketika membeli produk perawatan wajah, kamu membaca label kandungan bahan sehingga tahu dengan pasti apa saja yang terkandung dalam produk yang kamu inginkan. Apakah sudah sesuai atau ada bahan yang memang tidak cocok untuk kulitmu?


Banyak Membaca Ulasan


Sebelum kamu mencoba bermacam-macam produk perawatan kulit wajah, banyak-banyaknya riset alias membaca, entah nonton di kanal youtube, kepoin beauty influencer favoritmu dan membaca ulasan-ulasan mengenai produk tersebut.

Belum puas?

Baca juga mengenai jurnal-jurnal yang berhubungan dengan kecantikan sehingga pengetahuan yang kamu miliki menjadi luas. Tahu sendiri dong istilah-istilah dalam kecantikan itu rumit belum lagi bahasa kimia dari kandungan produk yang kita pakai. Kalau kamu malas baca, akhirnya ketika beli produk sudah seperti beli kucing dalam karung.

Baca Juga:

Oriflame Pure Skin Blackhead Clearing Mask
Maxi Peel Micro Exfoliant
Mengatasi Kulit Breakout Karena Dehidrasi
Produk Perawatan Harian Untuk Kulit Berminyak 


Sesuaikan Dengan Budget



Pengeluaran wanita paling besar ada pada produk perawatan wajah, apalagi kalau kamu penganut sistem 10 layer. Sudah bisa membayangkan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk membeli produk perawatan kulit. Itu baru muka, belum lagi area tubuh dan juga alat riasan.

Perlu nggak sih membeli produk skin care yang mahal?

Bagi saya semua itu sesuai kebutuhan. Jika kamu merasa mampu untuk membeli sebuah produk kecantikan yang harganya lumayan, kenapa nggak? Namun, kalau memang pengeluaranmu untuk produk skin care terbatas, maka lebih baik kamu menyesuaikan diri.

Sekarang banyak kok produk perawatan kulit wajah lokal yang terjangkau dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk perawatan luar.

Saya sendiri membatasi diri dalam membeli produk kecantikan, saya mengatur dengan memberikan porsi harga terbesar untuk pembelian serum (tidak lebih dari 200 rb) karena sifatnya untuk menyelesaikan permasalahan kulit, sedangkan produk harian seperti pembersih wajah, tabir surya, saya memilih produk yang mudah untuk ditemui.

Bagi kamu yang merasa pemula di dunia skin care, semoga cara memilih produk skin care yang tepat ini bisa membantu. Jika kamu mempunyai pertanyaan, bisa kamu ajukan di kolom komentar atau dm saya di instagram @child_smur.


See you,

1 comment

  1. Oke nih tipsnya. Eh, tapi emang bener sih. Kalau pakai skincare nya bolong-bolong gimana bisa mulus bagai pantat bayi. Jadi yang paling penting konsisten pakainya ya, kak?

    ReplyDelete

Kotak Warna | Personal Lifestyle © . Design by Berenica Designs.