10 Akun Instagram yang Menginspirasi Melalui Foto




Dibandingkan media sosial lain, Instagram lebih banyak mengambil porsi dalam hati. Saya lebih sering menghabiskan banyak waktu untuk main-main ke instagram ketimbang akun Facebook atau twitter. Entahlah, saya lebih suka berlama-lama mengamati foto-foto untuk mencari inspirasi atau sekedar menyenangkan mata dengan foto-foto apik.

Rasanya hampir setiap orang memiliki akun-akun favorit sesuai kriteria yang mereka suka. Biasanya alasan saya mengikuti akun instagram seseorang adalah foto-fotonya yang apik, memanjakan mata dan ada nilai keunikan dari setiap foto yang diambil. Terkadang saya hanya tertarik dengan caption-captionnya yang selalu ditunggu.

Sebenarnya saya sudah pernah menulis dengan tema ini setahun yang lalu. Tak mengapalah, karena yang namanya selera suka berubah-ubah sesuai mood. Dulu, mungkin saya menyukai foto-foto yang lebih personal dan bisa saja selera saya berubah.

Berhubung saya lagi pengin belajar fotografi, tentu akun-akun pilihan saya ini memiliki feed yang bisa menginspirasi untuk lebih belajar lagi tentang fotografi, seperti komposisi, teknik, editing, dll. Sehingga saat saya sedang bingung mau mengabadikan gambar apa? Ya, main-main aja ke akun mereka.

@mich.elle.imagery


@mich.elle.imagery
@mich.elle.imagery

Foto-foto michelle hampir 90% didominasi oleh flatlay. Ada kalanya sih dia memasang fotonya sendiri tapi jarang banget. Saya suka konsep-konsep foto yang dilakukan Michelle, terlebih lagi dengan keahlian dia dalam menata flatlay.

Dari hasil wawancara yang pernah saya lakukan, ternyata dia pernah bekerja menjadi decorating interior. Itulah alasannya kenapa hasil fotonya memiliki nilai astetik.

Baca hasil wawancara saya dengan Michelle: flatlay 101 with michelle

Tidak hanya foto, Michelle juga sering membagikan behind the scene dari kehidupannya melalui unggahan instastories. Dia bukan tipe instagramer yang sering menggunggah foto. Bisa dibilang jarang tapi sekalinya unggah, fotonya apik. 

That’s why, i prefer to turn on my notification. 

Dia orangnya ramah dan nggak sungkan untuk memberikan komentar atau suka pada foto orang lain.

@soraky

@soraky
@soraky

Saya mulai mengikuti akun sekitar setahun lalu. Saya jatuh cinta dengan kekonsistenan feednya. Semua tidak lepas dari birunya langit, rerumputan dan potrait yang apik. Konsepnya unik dan nyandu untuk diikuti. 

@kintoky_777


@kintoky_777
@kintoky_777

Masih senada dengan Soraky yang berasal dari Jepang. Akun @kintoky_777 ini juga berasal dari Jepang. Objek fotonya lebih ke arah street photography yang membidik sudut-sudut jalanan, kegiatan sehari-hari dan objek yang terkadang tidak pernah dipikirkan untuk dipotret.

Dan, sepertinya pemilik akun kintoky_777 ini bukan tipe instagramer yang haus akan tanda love dan comment lebih pada kepuasan diri setelah memotret.

@anamarques210376


@anamarques210736
@anamarques210736

If you like something minimalistic, you can follow this person

Tema-tema foto dari akun yang bernama Ana Marques ini lebih ke arah minimalis. Sederhana tapi apik. Feednya rapi dengan komposisi warna yang soft. Menyenangkan berlama-lama main ke akun ini.

@npmalina



@npmalina
@npmalina

Nicoline Patricia Malina, saya mengenal dia dari acara hitam putih. Kisah perjalanannya menjadi seorang fotografer ternama di Indonesia membuat saya tertarik padanya. Di akun pribadinya ini, Nicole lebih banyak mengunggah foto-foto pribadi, kerjaannya dan kesehariannya juga. Saya betah berlama-lama di akun ini karena semua fotonya bagus, bahkan instastorynya selalu asyik untuk ditonton.

@ringostar.desu


@ringostar.desu
@ringostar.desu

“The stories of Apple Girl”

Awal mengikuti dia, saya sempat bingung karena semua gadis yang dia foto membawa sebuah apel merah. Ternyata itu memang sebuah personal branding yang ingin dia ciptakan dalam fotonya. Orang akan mengenal karya foto Ringo dari apel merah tersebut.


@rindugr

@rindugr
@rindugr

Belakangan ini saya lagi tertarik dengan tema flatlay, itulah kenapa sekarang saya banyak mengikuti akun-akun berbau flatlay. Alasannya saya ingin lebih banyak belajar lagi tentang teknik foto yang populer di kalangan instagramer. Salah satu akun yang saya sukai adalah milik Rindu Merina ini. 

Dengan dominan mengambil latar belakang warna putih, membuat foto-foto yang diambil oleh pemilik akun @rindugr ini terlihat estetik dan rapi. Miriplah sama foto ala-ala majalah kinfolk.


@dndporcasa


@dndporcasa
@dndporcasa

Masih tidak jauh-jauh seputar flatlay, akun yang satu ini lebih ke arah food alias makanan. But, bukan sembarang makanan ya. Kaisa, nama pemilik akun ini lebih memfokuskan pada aneka sarapan sehat, kopi dan teh. 

Feednya rapi dan cantik. Bisa jadi inspirasi kalau kamu sedang bosan melihat timeline orang lain.

@poeticpicture


@poeticpicture
@poeticpicture


Berawal dari ocehan amrazing soal akun-akun yang menginspirasi untuk belajar fotografi, terdamparlah saya ke akunnya mba Sasha ini.

Mba Sasha ini ternyata seorang fotografer profesional yang karya-karya sudah banyak. Dia juga sering mengajar workshop soal fotografer. Tidak ada tema khusus di feed ignya. Beliau juga sering berbagi ilmu mengenai teknik dasar fotografi dalam foto atau unggahan storiesnya.


@thislittlemoment



@thislittlemoment
@thislittlemoment

Akun @thislittlemoment ini memang bukan milik pribadi tapi lebih ke akun besar yang sering merepost foto-foto/hasil karya orang lain. Di Instagram banyak bertaburan akun sejenis. Apa yang membuat saya merekomendasikan akun ini adalah pemilihan foto-fotonya yang apik. Menunjukkan si pemilik memiliki 'taste' yang apik soal fotografi.

Masih banyak akun-akun di instagram yang bisa menginspirasi yang nggak mungkin saya sebutkan satu persatu. Di antara 10 akun ini, mana yang pernah kalian follow atau sukai?

Atau ada yang menyarankan pada saya?


7 comments

  1. duh keren2 yah kak foto2nya, jd pengen hunting jg deh hehe

    ReplyDelete
  2. kereeen, konten fotonya bagus dan rapih
    susah euy kayaknya kalau harus konsisten

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Rapi dan tertata. Kuncinya memang harus konsisten

      Delete
  3. Keren sekali feed dan foto-fotonya. Abis baca kulangsung follow-follow IG-nya:')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasiy sudah mampir ya. Semoga bermanfaat

      Delete
  4. Bagus bagus yaa fotonya..
    Jangan lupa berkunjung kembali mbak

    ReplyDelete