Kotak Warna: Flatlay 101 With Michelle Blanchard

Wednesday, March 21, 2018

Flatlay 101 With Michelle Blanchard

flatlay, flatlay 101, flatlay photography, michelle blanchard


"Crรฉer c'est vivre deux fois." by Albert Camus

Holla,

Ini kali pertama saya melakukan wawancara dengan seseorang yang karya-karyanya menarik perhatian. Sebenarnya ada banyak sekali orang-orang di luar sana yang memiliki bakat luar biasa untuk saya tulis kisahnya di blog.  Siapa tahu kisah mereka bisa menginspirasi kalian semua.

Orang pertama yang saya wawancarai adalah Michelle Blanchard, instagramer asal Canada yang bisa kamu temui di @mich.elle.imagery.  Mungkin kalian bertanya-tanya, kenapa saya tertarik dengan Michelle, padahal di instagram ada banyak akun-akun yang lebih keren. Alasannya, saya suka dengan foto-fotonya. Minimalis tapi bercerita.  Menurut saya foto yang bagus itu adalah foto yang meninggalkan kesan bagi penikmatnya. Bukan sekedar kamu tata lalu jepret. Beberapa orang yang gemar memotret memiliki ‘nyawa’ dalam semua foto-foto yang mereka ambil.


Hal lain yang membuat saya tertarik dengan Michelle adalah orangnya ramah dan tidak pelit ilmu. Dia kerap kali membagikan tips bagaimana membuat foto ala flatlay dan selalu membalas komentar yang masuk di akunnya. Michelle juga tidak segan-segan untuk mengikuti terlebih dahulu.

Alasan-alasan tersebut yang membuat saya memberanikan diri untuk melakukan wawancara dengan dia. Alhamdulillah, dia menyambut baik keinginan saya.

Nah, berikut tulisan yang saya rangkum dari hasil wawancara. Semoga bermanfaat.


Siapa sih Michelle Blanchard itu?



Seperti yang sudah saya jelaskan sedikit di atas bahwa Michelle adalah seorang wanita yang berasal dari Kanada. Sehari-hari dia adalah pekerja lepas yang bekerja tergantung permintaan klien. Jika sedang tidak ada pekerjaan khusus, biasanya dia lebih suka mencari  prop untuk foto dan mempersiapkan ide-ide untuk konsep fotonya (baik untuk dirinya pribadi atau klien).

Alasan Michelle Memilih Flatlay dari sekian banyak Niche di Instagram




 

Menurut Michelle, Flatlay itu seakan sesuatu yang menarik untuknya. Apalagi dia dulu pernah bekerja sebagai decorating interior selama lebih dari 10 tahun. Hal itu membuatnya terbiasa akan hal penataan. Di samping itu dia juga harus belajar tentang fotografi dan itu membuatnya lebih percaya diri untuk merepresentasikan dirinya di sana.

Menurut Michelle alasan dia cinta sama flatlay karena bisa direpresentasikan pada setiap orang, brand dan cerita. Tergantung dari elemen yang dipilih (intinya flatlay itu bisa mencakup semua kalangan tergantung apa yang ingin kamu tunjukkan).

Tips Flatlay Ala Michelle



 

Buat yang belum tahu apa itu Flatlay?

Flatlay itu adalah teknik pengambilan foto baik makanan, produk dan lainnya melalui kamera dari atas ke bawah lurus 90 derajat. Biasanya objek foto diletakkan pada permukaan yang flat (datar).

Untuk membuat foto flatlay, Michelle menggunakan kamera DSLR dan tripod dengan tambahan tangan sehingga mempermudah saat mengambil foto flatlay.  Selain kamera, barang lain yang biasanya Michelle persiapkan adalah papan putih (whiteboards), softbox light, properti dan lain-lain. Semua perkerjaan itu dia lakukan sendiri. Terkadang dia berkolaborasi dengan teman dan beberapa orang kreatif.

Michelle mendapatkan banyak inspirasi dari seni, orang-orang yang dia temui, majalah, cafe, lirik lagu dan buku. Terkadang inspirasinya juga berdasarkan dari bagaimana warna-warna dan cahaya yang membuat fotonya menjadi hidup. Dia selalu membuka mata dan pikiran terhadap sekitar.


Tips Flatlay:



  • Pilih benda yang merefleksikan gayamu dan juga sudah kamu pakai sehari-hari. Misalnya kamu suka baca buku. Jadi masukkan buku ke dalam flatlaymu.
  • Perhatikan pencahayaan karena itu akan membuat perbedaan besar pada foto. Gunakan cahaya natural karena membuat fotomu lebih baik. Cahaya natural bisa kamu dapatkan di pagi hari (07.00-09.00) dan sore hari (16.00-17.00). Tetapi kalau tidak memungkinkan kamu bisa menggunakan lampu buatan/lampu studio.
  • Pilih benda yang memiliki variasi ukuran dan bentuk dalam foto flatlaymu. Itu akan membuat foto flatlaymu menjadi lebih kaya. 
  • Pahami tentang konsep ‘negative space’ dalam foto. Di sini maksudnya adalah menyisakan sedikit ruang kosong dalam foto flatlaymu.
  • Bikin objekmu bertumpuk untuk menciptakan dimensi. Misalnya tambahkan tumpukan buku, majalah. Bermain-main dengan latar belakang (background) dengan menambahkan beberapa kain. Lipat dan ciptakan dimensi. Kamu juga bisa menambahkan tanaman seperti kaktus dan bunga untuk tekstur.
  • Pahami soal warna-warna dan masukkan ke dalam flatlay untuk menciptakan keseimbangan.
  • Bermain dengan arah/angle benda-benda. Yaps, kata Michelle jangan takut untuk menggerakkan benda-benda dalam flatlay untuk menciptakan komposisi yang apik. Kamu bisa mengatur benda-benda itu dari arah berbeda.

Composition (n): the act of combining parts or elements to form a whole. ⠀⠀ I also call it the visual balancing act, and it might be the first step to having your picture story be heard. ⠀⠀ So here’s some #tuesdaytips on achieving some balance, which come to find out is a lot easier applied to a flatlay than life.๐Ÿ˜‰ ⠀⠀ •VARY SHAPES AND PROPORTIONS for this flatlay I used a combo of circles, hearts and squares. All vary in size, it creates interest and dimension. ⠀⠀ •CARRY OVER SIMILAR COLORS AND/OR TONES (Plants works so well for this)๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ ⠀⠀ •PLAY WITH THE DIRECTION OF YOUR OBJECTS ⠀⠀ •NEGATIVE SPACE it helps to define your objects, and gives a visual break. ⠀⠀ •CREATE LAYERS by stacking objects on top of each other ex: paper, trays, food etc. ⠀⠀ What do you think? Are these things you do too? #flatlaytoday #flatlays #flatlaystyle #momentsofmine #communityovercompetition #ipreview @preview.app
Sebuah kiriman dibagikan oleh Flatlays | Visual Storyteller (@mich.elle.imagery) pada

Psst. Buat kamu yang merasa tidak punya banyak properti foto tapi ingin membuat foto flatlay yang kece. Michelle juga punya tips jitu menggunakan benda apa saja yang bisa kamu temukan di rumah:
  • Makanan. Coba intip bahan makanan di kulkas yang bisa kamu jadikan foto flatlay. Buah-buahan berwarna juga bisa digunakan sebagai pemanis foto.
  • Selimut. Selimut bisa digunakan sebagai latar foto
  • Teh dan kopi
  • Foto, benda favorit, perhiasan, tanaman, baki, piring, dll
  • Kalau kamu suka flatlay berbau-bau alam. Kamu bisa menggunakan halaman belakang rumah, jalan sebagai properti alami. Kamu bisa juga menggunakan pasir, kerang dan bunga-bunga yang ada di sekitar rumahmu.

 See, sebenarnya ada banyak barang-barang yang bisa kita gunakan sebagai properti foto. Jadi, nggak ada alasan lagi untuk malas bikin foto flatlay karena alasan nggak punya properti kece.

Sekian tulisan saya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua di luar sana yang juga tertarik dengan foto Flatlay. Jika kalian ingin tahu lebih dekat Michelle. Silakan follow akun instagramnya ya. Saya pastikan kalian tidak akan menyesal.

Ada yang sudah mencoba flatlay? Boleh loh bagi pengalaman kalian di kolom komentar.


Salam hangat,






14 comments:

  1. bookmatk... makasih ilmunya mba. ini buat belajar flatlay ini...

    suka banget sama foto-fotonya michelle

    ReplyDelete
  2. Selimut sebagai latar foto itu boleh juga mbak. Aku mau coba belajar flatlay ah nanti. Tinggal lighting ini PRnya, susah bs free jam segitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba. Bikinnya di akhir pekan saja

      Delete
  3. Aku belum bisa flatlay. Trutama komposisi warna. Baca ini jadi semangat blajar meneh.

    ReplyDelete
  4. Aku dodol banget mbak soal flatlay. Selaluu aja ada yang aneh sama hasil foto flatlayku. Makasih ilmunya ya mbak, berguna banget nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segala sesuatu butuh proses mba. Tetap semangat belajar ya

      Delete
  5. Aku sudah melihat foto2nya di IG dan emang bagus...bikin latah aja...hahahaha

    ReplyDelete
  6. Makassiiiihhh udh dibikinin blogpostnya ya mbk. Catet ah. Ilmu nih

    ReplyDelete
  7. Ah keren banget mbanya, cakep cakep flatlaynya. Saya termasuk yang jatuh cinta sama flatlay tapi udah dicoba - coba tapi tastenya masih jauh, jadi belum berani diupload :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua butuh proses mba. Jadi santai aja yang penting latihan

      Delete