Bergabung (lagi) Dengan Kelas Yoga

yoga, kelas yoga, sanggar yoga
Foto tahun 2017




Buat yang mengikuti saya di Instagram pasti sudah tahu bahwa beberapa bulan ini saya selalu membahas soal kelas Yoga. Ceritanya saya sedang excited karena pada akhirnya pencaharian saya akan kelas Yoga membuahkan hasil. Saya menemukan sanggar Yoga yang kebetulan letaknya dekat dengan rumah. Oke, akhirnya saya bergabung dengan sanggar ini.

Sebenarnya ini bukan kali pertama saya bergabung dengan kelas Yoga. Sebelumnya saya pernah ikut kelas Yoga bareng teman dan Gurunya adalah sahabat saya jaman kuliah dulu. Ceritanya sehabis lulus kuliah dan belum dapat kerja. Teman saya ini memutuskan untuk merantau ke Pulau Bali dan di sana dia belajar Yoga sampai mendapatkan sertifikat sebagai pengajar.


Awal ditawarin ikutan Yoga bareng dia saya ogah-ogahan. Waktu itu saya belum ‘melek’ tentang gaya hidup sehat dan merasa tidak ada masalah dengan kesehatan saya. Belum lagi rasa malas untuk melakukan olahraga. Sip, semua komplit. Tapi teman saya lebih gigih untuk mengajak saya latihan Yoga Bersama. Saya menyerah dan ikutan bergabung.

Hari pertama ikut latihan Yoga rasanya luar biasa. Rasanya seluruh tubuh saya seperti karet yang ditarik ke semua arah. Dan, perlu digaris bawahi, gerakan Yoga yang terlihat mudah di foto itu ternyata susah. Susah banget sampai mengeluarkan banyak keringat. Tapi, satu hal yang saya suka dari Yoga. Saya merasa postur tubuh saya menjadi lebih baik dan sakit punggung yang biasa saya derita belakangan berkurang.

Dua hari sehabis Yoga, badan saya panas dingin dan seluruh persendian semua nyilu terutama di daerah Hamstring/belakang paha. Saya bahkan memakai koyo untuk mengurangi efek ini. Menurut teman saya itu adalah sindrom kejang otot, wajar untuk seseorang yang baru melakukan olahraga. Dia menyarankan saya untuk mandi air hangat selama seminggu untuk mengurangi ketegangan.

Apakah saya berhenti melakukan Yoga setelah itu? Tentu tidak, saya makin semangat apalagi setelah banyak manfaat yang saya dapatkan. Olahraga Yoga relatif aman untuk penderita Jantung seperti saya. Saya selalu tidak sabar menantikan kelas bersamanya.  Terlebih lagi saat dia mulai mengajarkan gerakan-gerakan baru dengan tantangan yang lebih sulit. Ada momen di saat kami tertawa bersama karena saya dan salah seorang teman tidak bisa melakukan gerakan yang diajarkan.

yoga pose, kelas yoga, sanggar yoga
Kenangan tahun 2017


Sekarang, teman saya itu sudah menikah dan tidak lagi mengajar. Saya sendiri masih rajin latihan Yoga untuk meningkatkan kelenturan tubuh. Apalagi sudah dibekali latihan dasar. Salah satu goal saya adalah bisa melakukan gerakan split kayak semasa kanak-kanak dulu.

Belajar Yoga sendiri ternyata tidak semenyenangkan yang saya kira.Saya kurang bersemangat dan hanya melakukan gerakan yang itu-itu saja meskipun juga pakai panduan dari Youtube. Tetap seperti ada yang kurang.

Akhirnya saya mencari informasi tentang sanggar senam dekat rumah yang juga buka kelas Yoga. Ketemu. Senang deh akhirnya bisa latihan Yoga lagi. Baru sebulanan ini saya aktif kembali dengan kelas Yoga. Yoga dengan banyak orang itu memberikan energi yang luar biasa ditambah ada instruktur yang akan membenarkan posisi tubuh yang tepat. Teman Yoga saya sekarang kebanyakan Ibu-ibu. Saya salut sama beberapa Ibu yang usianya udah tampak sepuh tapi masih semangat Yoga. Bahkan daya tahannya lebih kuat dari saya. Urusan pose Yoga yang berhubungan dengan lutut saya menyerah deh.

Oh, ya. Foto-foto yang saya pasang ini adalah foto-foto lama. Sementara saya belum memperbarui foto-foto dengan pose yang sama. Apakah ada perubahan atau tidak? Nanti deh bikin acara pemotretan dulu (Yaelah gaya amat saya ini).


Salam Sehat,



6 comments

  1. Setelah baca ini saya jadi kepingin ikutan yoga :D.

    ReplyDelete
  2. Hahaha, masak iya kayak karet gitu Mbak. Saya maah belum pernah ikutan yoga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah namanya samaan. Kalau saya sih ngerasanya gitu e mba. Perlu dicoba mba biar nggak penasaran

      Delete
  3. Yoga olahraga paling menyenangkan menurut saya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mba dan banyak manfaatnya

      Delete