10 Alas Foto/Background yang Mudah Ditemukan Di rumah Untuk Mempercantik Foto Flatlay

10-alas-foto-yang-mudah-ditemukan-dirumah



10 Alas Foto/Background Foto Flatlay yang Mudah Ditemukan Di Rumah


Bicara tentang tren fotografi, rasanya foto Flatlay belakangan ini menjadi salah satu genre foto yang banyak diminati banyak orang. Ketikkan saja ‘flatlay’ pada instagram/pinterest, kamu akan menemukan ribuan foto-foto flatlay dengan berbagai tema. Nggak hanya itu, di kanal Youtube juga banyak para youtuber yang juga membahas tentang bagaimana cara membuat foto flatlay yang menarik perhatian. 

Bisa dibilang Foto Flatlay menjadi sesuatu yang diminati banyak orang selain swafoto.

Foto Flatlay adalah teknik pengambilan gambar/foto dengan sudut pengambilan 90 derajat dan biasanya benda-benda tersebut diletakan di atas permukaan datar.

Salah satu komponen penting dalam pembuatan foto flatlay adalah alas foto. Alas foto akan membantu mempercantik hasil foto dan tentunya juga penataan memiliki peranan lebih penting. Secantik apapun alasnya, kalau teknik penataan kita kurang maka foto flatlay kita akan begitu saja dan terkesan ‘monoton’

Permasalahan yang sering dikeluhkan oleh para penyuka flatlay adalah mengenai alas foto. Beberapa dari mereka bingung menggunakan alas apa, termasuk saya. Bahkan, beberapa dari mereka memilih membeli alas foto untuk mempercantik foto-foto mereka. Belakangan, penjualan alas foto di lapak-lapak online semakin meningkat karena permintaan yang banyak. Siapa coba yang nggak mau foto flatlay kece.

Padahal harga dari alas foto itu tidak murah sih. Saya pernah membeli alas foto dari salah satu lapak online sekitar 88 rb belum termasuk ongkir. Sayangnya, saya kecewa dengan hasil karena tidak sama dengan kualitas yang mereka tawarkan. Pemasangan alas fotonya tidak rapi dan berkerut. Saat dipakai membutuhkan editing untuk menghilangkan efek kerutan tersebut. Bisa dibayangkan kalau kita ingin bergonta-ganti alas foto yang berbeda tentu membutuhkan anggaran cukup besar.

Itu sih yang ada anggaran. Gimana kalau buat orang yang ingin foto flatlay tapi nggak punya dana untuk membeli alas foto?

Tenang saja. Ada banyak cara untuk mensiasatinya bahkan jikapun mengeluarkan uang, harganya akan lebih murah dari membeli alas foto online. Benda-benda ini akan mudah ditemukan di rumah.

Mau tahu? Baca sampai habis ya.

Kertas



Rasanya benda yang satu ini mudah sekali ditemukan di rumah dan kalaupun harus beli tentu harganya terjangkau. Nah, kertas di sini pun ada banyak macamnya ya. Sesuaikan saja sama kebutuhan kalian. Ini beberapa macam kertas yang bisa digunakan untuk alas foto

  • Kertas HVS
  • Kertas karton manila
  • Kertas Lipat
  • Kertas bufallo
  • Kertas kado
  • Kertas asturo
  • dl
Kelebihan dari alas foto kertas ini adalah mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Jadi, kalau robek/rusak bisa dibeli dengan harga murah. Penggunaannya juga mudah dan bergantung pada kreatifitas masing-masing. Bisa untuk alas foto sepenuhnya atau sebagai layering

Koran




Sampai saat ini saya belum menemukan foto flatlay yang memakai koran sebagai alas foto sepenuhnya. Biasanya koran dipakai sebagai layerin/ditumpuk di atas alas foto utama. Sebagai pemanis foto flatlay kopi dan roti. Semacam menceritakan menu sarapan pagi.

Kalau punya saudara/teman yang sedang melakukan perjalanan ke luar negeri, koran bisa menjadi alternatif oleh-oleh.

Selimut/Bed cover/Seprai




Belakangan ini saya baru tahu bahwa ternyata selimut, bed cover atau seprai bisa menjadi alternatif alas foto. Ukurannya yang lebar bisa membuat kita lebih leluasa berkreasi. Michelle, salah satu instagramer yang pernah aku wawancarai merekomendasikan 3 benda tersebut sebagai alas foto. Pastinya di antara ketiga benda itu ada di rumah. 

Seorang teman blogger sengaja membeli seperangkat seprai dan bed cover hanya untuk membuat foto ala-ala di hotel. Buat yang suka minimalis bisa memakai motif yang polos sedangkan yang ingin bermain warna bisa pakai motif yang lebih ramai. 

Kerudung/Kain




Berhubung alas lipat saya berkerut, saya memutuskan untuk membeli kain meteran sebagai alas foto harganya murah tergantung bahan kain. Saya pernah beli ukuran 1m sekitar 30 rb. Kelebihan alas foto kain ini mudah dicuci dan tahan lama.

Selain kain, bisa juga menggunakan kerudung segiempat sebagai alas foto. Seorang teman pernah bercerita kalau dia menggunakan kerudung warna putih sebagai alas fotonya.

Meja




Berhubung rumah saya memiliki banyak unsur kayu, seperti meja dan kursi. Saya sering menggunakan kursi sebagai alas foto untuk makanan. Tinggal ditambahin ornamen lain. Jadilah foto yang cantik. Selain makanan, saya pernah memakai meja kayu untuk membuat foto flatlay buku. Hasilnya tak kalah bagus.

Lantai/Keramik






Tidak punya benda-benda yang saya sebutkan di atas? Jangan khawatir, kamu bisa tetap berkreasi dalam foto flatlay menggunakan alas foto lantai/keramik. Mudah, murah dan motif tiap keramik itu unik jadi akan memperkaya foto flatlaymu. Kembali lagi tergantung pada kreatifitas. Saya pernah mencoba beberapa kali, not bad lah hasilnya

Dinding




Foto Flatlay itu merupakan bagian dari genre Still Life dalam dunia fotografi, di mana memotret benda-benda mati dan kata flatlay sendiri berarti permukaan datar. Jadi, dinding juga bisa kamu gunakan sebagai alas foto/background. Banyak kok foto-foto lucu yang menggunakan dinding sebagai latar belakang. Jika suka yang kesannya netral dan bersih, pilihlah warna-warna seperti putih, abu-abu. Suka yang ceria pilihlah warna-warna mencolok.

Taplak


Taplak meja yang bertengger di atas meja juga bisa kamu gunakan menjadi alas foto. Bisa menjadi sebagai alas utama atau layering sebagai tambahan tekstur pada fotomu. Foto flatlay tidak melulu benda-benda yang menonjol tapi kamu bisa menggunakan kain-kain yang memiliki motif, bentuk dan ukuran untuk ikut meramaikan. Misalnya kamu punya taplak yang berumbai, kamu bisa gunakan ujung rumbainya sebagai pemanis foto atau gunakan saja taplaknya sebagai alas.

Kalender Bekas


Nggak punya anggaran buat beli alas foto berwarna putih, jangan berkecil hati yes. Pakai saja kalender bekas, tinggal dibalik aja. Kamu sudah bisa mendapatkan alas foto berwarna putih yang murah meriah. Yah, memang nggak sebesar alas foto yang kamu inginkan tapi setidaknya kamu sudah bisa menggunakannya untuk membuat foto flatlay kece. Warna putih di kalender juga bagus kok, bersih gitu. Toh ketika di foto, orang lain nggak bakalan tahu kalau itu dari belakangnya kalender.

Rumput/Jalan Raya/Bunga/Bebatuan/Salju




Bosan dengan alas foto buatan, yuks pakai alas foto yang sudah disediakan oleh Tuhan. Rumput hijau itu bisa juga jadi alas foto yang cakep untuk foto flatlay. Nggak perlu mengeluarkan banyak uang cukup tenaga aja untuk cari lokasi di mana ada banyak rerumputan.



Konsep flatlay bukan hanya foto-foto produk yang cakep ya tapi juga foto-foto daun, bunga di atas jalanan juga bisa disebut foto flatlay (intinya sih dipermukaan datar ya). Jangan kaku deh sama istilah, kreatifitas ya cin, itu penting. 

Nah, Michelle salah satu instagramer yang saya pernah tulis di blog, juga pernah menggunakan alas foto alami seperti salju dan hasil fotonya cakep, out of the box gitu.

So, jangan bilang deh kalau mau bikin foto flatlay kece itu kudu harus beli alas foto. Nggak, kamu bisa menggunakan benda-benda di sekitarmu yang sekiranya bisa digunakan sebagai alas foto. Nanti, kapan-kapan saya mau nulis tentang properti foto yang mudah ditemukan di rumah.

Intinya sih, dalam menciptakan foto flatlay yang kece dibutuhkan banyak latihan. Percuma kalau kamu punya semua materi/produk yang oke untuk bahan foto flatlay tapi nggak ngerti cara mengaturnya. Serius, buat saya sendiri yang nggak sabaran soal menata-nata/styling, foto flatlay itu susah. Kreativitas dalam menata akan membuat tampilan foto flatlaymu akan lebih menarik.


Tetap Semangat.


Salam,

27 comments

  1. Yeiii,, benar sekali. nggak harus beli kalau masih bisa diakali ya kan. aku seringnya pakai jilbab paris (jilbab segi empat yang polos). kebetulan aku memang sukanya pakai jilbab polos gitu, jadi punya banyak varian warna. tinggal diganti-ganti aja :)

    trus dulu waktu masih di kontrakan lama seringnya pakai background pintu karena menurutku pintunya unik dan vintage gitu. hasilnya lumayan kece lah menurutku hehhehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Nggak harus maksain kalau nggak ada anggaran buat alas foto. Tinggal kita pintarnya gimana

      Delete
  2. ajarin kakak ajariiiinn

    ReplyDelete
  3. aku invest lumayan si buat property foto ini :)) salah satunya ya kertas polos tadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kumpulin aja kertas polos yang banyak. Murah meriah dan kalau robek nggak sakit hati

      Delete
  4. nice share mbak.. aku ga pernah kefikiran soal koran dan majalah bekas, padahl kalau ditata unik juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dicoba-coba. Sapa tahu malag hasilnya lebih kece

      Delete
  5. thankyou share nya kak! beberapa udah sempet diterapin, nanti mau coba yg lainnya juga deeh.. mampir blog aku juga ya hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir. Semoga bermanfaat

      Delete
  6. bisa jadi rekomendasi nih :), thx infonya kakak

    ReplyDelete
  7. aku biasa cari ide dulu di pinterest baru cari materi yang kira-kira ada di rumah. Memang kalau foto styling gitu agak perlu banyak belajar dan tergantung style kita banget ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Buat saya styling itu masih susah banget butuh banyak latihan

      Delete
  8. Kadang aku juga selalu ngumpulin koran dan majalah bekas tapi biasanya untuk dijual ke tukang loak...tidak pernah terpikir untuk digunakan seperti ini

    ReplyDelete
  9. Pas bangeeet lagi hobi belajar flatlay mbak. Thanks for sharing yaaaa

    ReplyDelete
  10. Kinflok sepertinya wajib yah biar makin indah hehehe... Intinya sih cahaya cukup dan kreatif menggunakan barang di sekitar biar biaya flatlay nggak mahal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kinfolk itu salah satu prop andalan para lifestyle hahaha. Iyap betul, nggak perlu beli banyak barang dan gunakan apa yang ada di sekitar

      Delete
  11. Emmbaaak fotonya keren2. Ide background buat fotonya juga bisa ya mbak, selain murmer bisa juga didapatkan dg mudah..

    Nice info mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, terima kasih ya sudah mampir. Semoga bermanfaat

      Delete
  12. Aku aja sering keabisan ide kalo mau foto2 alat flat gini :p. Beberapa kali beli alas foto sih. . Untungnya dr tempat langgananku, alas fotonya bagus2 dan ga mahal2 banget. Tp sbnrnya, sebagus apapun alasnya, kalo akunya ga terlalu kreatif , hasilnya pasti biasa aja :p.

    ReplyDelete
  13. Nah ini yang sering bikin saya mumet. Foto flatlay tapi minim property hehe. Makasih pencerahannya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat mba. Gunakan aja benda-benda di sekitarnya

      Delete
  14. Saya biasanya juga pakai kerudung mbak,, berbagai warna bahkan kerudung yang pattern juga bisa dipakai tergantung kebutuhan aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini tim pakai alas kerudung. Iya tergntung kebutuhan ya

      Delete
  15. Betul banget, tuh, pakai seprai! Sebelum punya alas foto berbahan sturdy gitu, saya beli seprai putih polos khusus untuk dijadikan alas foto. Soalnya saya suka style foto yang clean white gitu. Sampai sekarang pun masih saya pakai untuk foto ala-ala di tempat tidur. Thank you for sharing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, saya belum pernah pakai seprai asli sih kecuali lagi liburan di hotel gitu. Terima kasih sudah mampir

      Delete