Sama-Sama Bermain di Flagship, OPPO Find X dan OnePlus 6, Manakah Yang Lebih Unggul?




Pada 2018 ini, ada banyak brand smartphone yang meluncurkan seri flagshipnya. Salah satunya adalah OPPO Find X yang resmi diluncurkan di Indonesia pada pertengahan Juli 2018 kemarin. OPPO rupanya sangat optimis dengan perangkat terbarunya ini, yang disebut-sebut sebagai The Future Flagship. Selain itu, OnePlus juga sudah meluncurkan smartphone flagship-nya dengan kode OnePlus 6 pada pertengahan tahun 2018 ini. 

Namun apakah OPPO mampu bersaing dengan smartphone flagship dari OnePlus? Nah, yuk kita intip perbandingan spesifikasi OPPO Find X dengan salah satu smartphone flagship andalan dari OnePlus yaitu OnePlus 6. 

Sebelum membahas lebih lanjut perbandingan antar keduanya. Maybe, di antara kalian ada yang penasaran dengan kata-kata Flagship, seperti saya dahulu. Ehm, setelah berselancar di dunia saya mendapatkan gambar bahwa Flagship itu adalah produk terbaik dari sebuah produsen (gadget dan ponsel) yang memang ditujukan kepada konsumen pasar Highend. Ya, bisa dibilang dia mewujukan produk pada tingkatan strata teratas. 

Udah ngerti, kan? 

Sekarang mari kita bahas perbandingan akan kedua produk Flagship ini.


Perbandingan Desain Serta Display Nan Elegant


One Plus 6

Diluncurkan pada 16 May 2018 di London, Inggris, OnePlus 6 cukup menyita perhatian dari pecinta gadget. Hadir dengan desain baru yang sama sekali berbeda dengan pendahulunya; OnePlus 5T, OnePlus 6 hadir dengan bentang layar 6,28 inchi, aspek rasionya 19:9 serta berteknologi AMOLED. Bagian belakang OnePlus 6 terbuat dari kaca, dan memiliki tiga variasi warna, yaitu Logam Hitam, Putih serta Hitam.

Sayangnya OnePlus 6 masih memiliki notch, atau sisi hitam pada bagian atasnya. OnePlus menyiasatinya dengan menempatkan kamera depannya pada bagian notch ini.

Oppo Find X (Source: ndtv gadgets)


Berbeda dengan OPPO Find X yang hadir tanpa notch, bezelnya pun didesain sangat tipis, sehingga layar OPPO Find X terlihat penuh. Bentang layar pada OPPO Find X 6,42 inchi dengan rasio layar 93.8 persen. Revolusi desain ini menjadi yang pertama di dunia, dan dinamakan dengan Panoramic Arc Screen. OPPO juga sukses mengkombinasikan dua potongan gelas pada layar depan dengan tampilan panoraknya.

Bagaimana dengan sisi belakangnya? OPPO Find X hadir dengan gradasi warna yang mengalir, dengan dua variasi warna yaitu Bordeaux Red dan Glacier Blue. Dengan multifaceted color process yang inovatif maka smartphone ini dapat bersinar dengan elegant melalui beragam sudut.

Perbandingan Kecanggihan Kamera


source: digitaltrends.com


Pada OnePlus 6, kamera utamanya memiliki ukuran 16MP dan bukaan f/1,7, dan dibekali optical image stabilization (OIS). Sedangkan untuk kamera belakang, OnePlus memiliki dua buah lensa yang berukuran 16MP dan 20MP.

Source: mensxp.com


Untuk OPPO Find X, juga hadir dengan dual kamera pada sisi belakang masing-masing berkekuatan 16MP dan 20MP serta OIS yang mampu memberikan efek bokeh yang natural Untuk kamera depan, OPPO Find X menempatkan kamera selfie berukuran 25MP yang dilengkapi dengan kecanggihan AI. Sehingga saat mengambil selfie dengan OPPO Find X, AI akan menganalisa dan menyempurnakan hasilnya.

Uniknya lagi, Oppo membuat kamera dari Oppo Find X ini tersembunyi untuk menambah astetik/keindahan. 

Perbandingan Kinerja


OnePlus membekali perangkat terbarunya dengan Snapdragon 845 dan GPU Adreno 630, berkekuatan RAM 6GB, dan untuk OS nya berbasis Android 8.1 Oreo. Untuk baterainya, OnePlus dibekali dengan daya sebesar 3.300 mAh.

Sedangkan untuk OPPO Find X pada otak pemrosesannya juga menggunakan chipset termutakhir, Qualcomm Snapdragon 845 dan chip grafis (GPU) Adreno 630. Ponsel ini juga dibekali RAM dan penyimpanan yang besar, yakni RAM 8 GB dan penyimpanan yang luas 256 GB. Tentunya ini membuat kinerja OPPO Find X menjadi lebih optimal. Sebagai penunjang kinerjanya, OPPO Find X dibekali baterai berdaya 3.730 mAh.

Belum lagi factor utama yang membuat OPPO Find X lebih unggul adalah teknoologi VOOC flash charge Dengan teknologi ini proses pengisian daya menjadi jauh lebih singkat.

Perbandingan Harga


Dengan spesifikasi masing-masing, berapakah harga ke dua smartphone flagship ini?

Untuk OnePlus dijual dengan harga mulai dari Rp. 7,4 juta hingga 8,1 juta, tergantung varian warna dan kapasitas internal memorynya. Sedangkan untuk OPPO Find X, hadir dengan harga Rp. 12,9 juta.

Nah, melirik aspek desain, kamera, kinerja serta harganya, di antara OnePlus 6 dan OPPO Find X manakah yang lebih unggul?

1 comment

  1. Naksir nya sih lbh ke oppo, krn aku udh tau kualitasnya :D. Tapiii, harganya ga kuaaat wkwkwwkwkwk. Keren sih tapi bentuk dan featuresnya

    ReplyDelete