Ingin Belajar Fotografi? 4 Kanal Youtube ini Bisa Membantu Meningkatkan Kemampuan Fotografimu

Ingin Belajar Fotografi? 4 Kanal Youtube ini Bisa Membantu Meningkatkan Kemampuan Fotografimu


Holla,


Perjalanan saya tertarik dengan dunia fotografi bisa terbilang sudah berlangsung lama. Rasanya ketika saya duduk di bangku Sekolah Dasar, Papi sudah membelikan kamera dengan film yang saat itu masih terbilang benda mahal.  Lalu perkembangan teknologi kamera mulai berubah, saya membeli kamera digital pertama bermerek Fuji.

Saat itu pengetahuan saya akan fotografi masih minim. Saya hanya langsung main jepret tanpa peduli apakah komposisi foto yang saya ambil sudah sesuai apa belum. Pokoknya hanya sekadar mengabadikan momen yang ada di depan saya. Begitu saja sudah membuat saya bahagia sekali, berasa keren karena bisa memakai kamera.


Saya baru mendapatkan pengalaman ketika suatu hari kakak laki-laki saya membawa pulang kamera DSLR, kamera yang berbeda dari kamera yang saya punya dengan aneka banyak tombol yang membuat pusing. Tapi saya sangat tertarik untuk mencobanya, saya meminta ijin kakak untuk mencoba dan dia mengijinkannya.

Saya pikir ini akan sama dengan sebelumnya, begitu menemukan objek yang bagus tinggal kita tekan tombol shutter dan beres. Ternyata tidak.  Kakak sempat menegur saya karena mengambil foto secara serampangan sebab sistem yang ada DSLR dan kamera digital berbeda. Belum lagi jumlah beberapa kali kita menekan shutter pada kamera DSLR memberikan pengaruh pada kualitas kameranya. Itu ilmu yang baru buat saya. Semenjak habis memakai DSLR punya kakak, saya jadi pengin kamera DSLR.

Sebelum, akhirnya memutuskan membeli kamera, saya banyak mencari tahu soal fotografi. Dengan begitu ketika memiliki kamera impian setidaknya saya memiliki banyak pengetahuan dasar tentang fotografi. Saya banyak belajar dengan membaca buku, berselancar di web-web fotografi atau bahkan lewat kanal Youtube.  Semenjak berlangganan WIFI di rumah, saya jadi lebih sering berselancar di youtube.


Di Youtube sendiri ada banyak ratusan kanal yang membahas tentang fotografi. Saya sendiri awalnya hanya mencari-cari sesuai keyword lalu kemudian mulai menemukan beberapa kanal yang memiliki konten bagus dengan fotografi.  Kanal-kanal yang saya ikuti ini tidak melulu membahas teknik fotografi, beberapa dari mereka juga sering menampilkan proses di belakang layar saat mereka tengah memotret. Buat saya hal-hal seperti itu juga menarik. Melihat proses mereka saat mengambil gambar bisa membuatmu lebih mengingat teknik-teknik tersebut ketimbang hanya membacanya di website atau buku-buku fotografi. Jadi, seakan-akan kita diajak bersama.

Ada 4 kanal youtube favorit yang saya rekomendasikan untuk kalian di luar sana yang juga tertarik dengan dunia fotografi. Selamat Menikmati.

Cooph



Saya menemukan kanal Cooph saat mencari-cari soal komposisi foto. Dan saya langsung suka dengan cara mereka memberikan penjelasan tentang Fotografi. Tidak kaku dan langsung fokus sama tujuan dan contoh-contoh. Selain itu di kanal Cooph, kamu bisa menemukan tips and trik soal fotografi yang mudah dimengerti oleh orang awam. Emang sih kanal ini berbahasa inggris tapi jangan khawatir mereka memberikan banyak contoh sederhana dalam videonya. Saya bahkan menghidupkan notifikasi untuk kanal ini karena tidak ingin ketinggalan video terbaru mereka.

Bagian favorit saya dalam kanal ini adalah Tips and Trick Fotografi.

Jessica Kobeissi




Buat kamu yang tertarik dalam hal Fotografi Fashion, Potrait dan life style. Kanal dari Jessica Kobeissi ini bisa jadi cocok buat kamu. Jessica memang tidak terlalu banyak membahas soal teknik foto (pernah sih beberapa kali) tapi lebih ke proses di belakang layar saat dia mengambil gambar. Saya juga menjadi salah satu pengikutnya di Instagram dan saya suka dengan hasil-hasil fotonya. Memberikan banyak inspirasi buat saya yang juga tertarik dengan dunia fotografi fashion.

Salah satu bagian favorit saya di kanalnya Jessica ini adalah tantang  fotografer memotret model yang sama dalam satu lokasi. Seru aja lihatnya, tiap fotografer yang ikut tantangan dia memiliki keunikan tersendiri. Selain itu dia sering juga membuat tantangan untuk dirinya sendiri, menarik.


Mango Street




Pemilik dari kanal Mango Street ini adalah sepasang suami istri yang memiliki kesamaan yaitu suka fotografi. Mereka berdua memiliki konten video yang menurut saya selalu tertarik untuk menontonnya. Mereka sering membagikan tips-tips foto yang kece dan mudah dipahami dengan contoh-contoh apik. Tidak hanya membahas soal teknik fotografi, ada kalanya mereka membagi cara memotret agak menarik di media sosial, mulai dari pose, konten foto dan bagaimana cara mengambil foto. Saya tidak pernah melewatkan untuk mampir ke kanal mereka tiap kali ada video baru.

Setiap video yang mereka buat tidak banyak bicara, lebih banyak contoh dan durasinya tidak terlalu lama. Bahkan buat saya itu terlalu pendek karena saya terlena saat menontonnya. Oh iya, mereka juga banyak membahas soal fotografi fashion, potrait dan cara edit foto. Lengkap deh pokoknya.

Kelas Pagi





Saya baru aktif mengikuti kanal Kelas Pagi beberapa minggu ini. Waktu itu saya sedang mencari sesuatu yang belum saya pelajari soal fotografi dan terdamparlah saya di kanal ini. Kelas pagi adalah kelas fotografi gratis berbasis komunitas. Jadi kayak semacam kelas yang membuka pendaftaran buat kamu yang ingin belajar fotografi.

Di kanal ini, mereka banyak membahas soal teknik-teknis dasar dalam fotografi seperti bagaimana mengatur focus, metering mode, dll. Berguna banget buat pemula seperti saya belum tahu soal beginian. Selain teknik, mereka juga sering memberitahukan tentang dibalik layar saat mereka melakukan pemotretan. Dan, saya selalu suka dengan bagian itu. Semacam diberi gambaran pekerjaan fotografer itu seperti apa. Senangnya lagi kanal ini berbahasa Indonesia, nggak bakal bikin kalian pusing saat menonton videonya.

Buat saya terus belajar dan latihan itu penting. Nggak ada yang namanya mahir fotografi kalau nggak banyak  belajar dan tentunya latihan. Belajar tanpa latihan hanya akan jadi teori saja. Semoga keempat kanal youtube ini bisa membantu kalian yang bingung soal fotografi.

Adakah dari 4 kanal ini yang juga jadi favorit kalian atau kalian punya rekomendasi lain? Boleh dong share di kolom komentar ya.


Salam hangat,

22 comments

  1. Siap meluncur ke kanal kelas pagi. Makasih kakak info bermanfaatnya 😉

    ReplyDelete
  2. Kucatet deh, buat koleksi baru belajar nih asiiik..

    ReplyDelete
  3. Kanal pagi juga my fave, haha

    ReplyDelete
  4. Aku masih sebagai penikmat saja. Mungkin suatu saat belajar fotografi juga. Thx sharingnya ya mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sebagai referensi belajar aja kak.

      Delete
  5. Siap otw kepoin kanalnya nih. Sejauh ini saya hanya belajar melalui baca tips dari blogger lain. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar dari video lebih enak kak, ada panduannya langsung

      Delete
  6. Mantap bangeet kelas pagi tuh
    Mudah dipahami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat belajar ya kak dan mudah dipraktikkan

      Delete
  7. wah, Kelas Pagi. aku pernah intip videonya. informatif dan menarik.

    btw, artikelmu juga demikian kak, jadi dapet tambahan info baru :)
    makasih dan salam kenal kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal. Terima kasih sudah mampir ya. Semoga bermanfaat

      Delete
  8. Wah asik ya mbk sejak SD udh dibelikin kamera. Makasih mbk sharingnya. Siap meluncur. Tp btw yg kelas pagi aku udh sring mampir hehe. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
    Replies
    1. SD itu pakai kamera film punya keluarga cumab aku sering makai sih. Iya, kelas pagi kayaknya udah jadi favorit banyak orang

      Delete
  9. Saya juga tertarik belajar fotografi.
    Terima kasih infonya mbak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat belajar. Semoga bermanfaat

      Delete
  10. Fotografi saya juga suka 😍 terimakasih kak infonya..

    ReplyDelete
  11. Aaaah so inspiring. Aku baru memulai nih soal fotografi walaupun masih pake hp hihi. Minimal buat cakepin feed instagramlah biar ga burik-burik amat kayak dulu :)) ((burik-burik).
    Psst.. kalo punya pasangan kayak Mango Street itu enak kali ya haha. Bisa saling belajar :D Nanti pengen ah nonton keempatnya. Makasih ya Mbak referensinya :)

    ReplyDelete
  12. nice share mbak.. sekarang belajar dulu tentang fotografi, kamera minjem teman dulu, hahaha semoga nanti kebeli kamera nya :-P

    ReplyDelete