Cara Merawat Sepeda Motor

Cara Merawat sepeda motor, planet ban, service motor terabit

Perawatan Rutin yang Harus Dilakukan Untuk Menjaga Performa Sepeda Motor


Memiliki sepeda motor rasanya bukan lagi kebutuhan yang mahal karena hampir semua orang memiliki kendaraan yang satu ini. Apalagi cara mendapatkannya pun semakin dipermudah, alhasil dalam satu keluarga bisa memiliki lebih dari satu sepeda motor, bahkan di beberapa keluarga jumlah sepeda motor disesuaikan jumlah anggota keluarga. Nggak salah pada akhirnya jadi penyumbang biang kemacetan di Surabaya.

Sepeda motor yang kita miliki tidak hanya dipakai terus-menerus, layaknya benda-benda lain mereka juga butuh untuk diberikan perawatan supaya performanya tetap terjaga. Nggak mau kan tiba-tiba bermasalah di tengah jalan dan akhirnya merugikan diri sendiri.

Berikut adalah langkah perawatan umum yang dapat dilakukan untuk merawat sepeda motor:

Service Rutin


Pemeriksaan atau service rutin secara berkala bertujuan untuk merawat dan memastikan komponen yang ada bekerja dengan optimal. Biasanya service rutin ini meliputi pemeriksaan dan membersihkan filter udara secara teratur, pemeriksaan dan pengaturan karburator, memeriksa kondisi busi dan melakukan penggantian jika diperlukan serta tidak ketinggalan memeriksa sistem pembuangan untuk memastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan.

Namun, tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu. Kalau kamu setuju, baru mekanik akan melakukan perrbaikan.

Penggantian Oli Mesin


Ganti oli secara teratur sesuai dengan rekomendasi produsen. Oli yang baik dan bersih akan melumasi mesin dengan baik dan menjaga performanya. Biasanya mengganti oli disesuaikan dengan jarak yang ditempuh yang dicapai yaitu 2500 km. Oli yang telat diganti akan membuat motormu bermasalah. Untuk motor matic, pilihlah oli motor matic yang terpercaya

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.


oli motor matic



Jangan sampai telat ya, supaya sepeda motormu aman sentosa.

Periksa Kondisi Ban


Ban adalah salah satu komponen penting yang harus diperhatikan juga pemeliharaannya. Salah satu penyebab kecelakaan dalam berkendara salah satunya karena kondisi ban yang sudah gundul.

Periksa secara berkala, apakah kondisi ban masih dalam performa yang bagus. Kalau memang sudah waktunya diganti harus diganti demi keamanan dan kenyamanan.

Selain kondisi ban, tekanan angin ban juga harus menjadi perhatian. Tekanan yang terlalu rendah akan menyebabkan kerusakan pada ban dan menyebabkan pengendalian terasa berat, tetapi jika terlalu tinggi akan menyebabkan komponen kemudi cepat mengalami kerusakan dan menyebabkan pengendaraan terasa sangat tidak nyaman karena ban terasa sangat keras.

Ganti Sparepart Sesuai Kebutuhan


Sparepart sepeda motor memiliki peranan penting dalam perawatan sepeda motor. Pastikan untuk ganti komponen sepeda motor sesuai jadwal servis yang ada seperti saringan udara, busi, oli, komponen pemindah tenaga seperti rantai roda atau drive belt pada motor skutik dan komponen lainnya. Dengan menjaga komponen sepeda motor tetap dalam kondisi optimal, maka kondisi kendaraan dapat dipastikan dalam kondisi prima.

Membersihkan dan Melindungi


Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan sepeda motor yang kamu punya. Cuci motor secara teratur dengan sabun yang tepat dan bersih. Keringkan dengan benar setelah membersihkannya untuk mencegah korosi. Pilihlah sabun pembersih dan pelindung yang memiliki proteksi untuk cat dan komponen lainnya.

Baca juga:

Pentingnya Memilih Bengkel Service Terbaik


Untuk beberapa orang sepeda motor itu ibarat belahan hati yang harus dijaga dan dirawat layaknya buah hati. Itulah kenapa pentingnya memilih bengkel service motor, supaya performa sepeda motormu tetap terjaga.

Eh tapi, jangan asal pilih service motor karena ada beberapa yang melakukannya asal-asalan, bukannya membuat motor kita lebih baik yang ada kena tipu karena tiba-tiba harus mengganti sparepart yang belum waktunya diganti.

Sekarang kamu nggak usah khawatir karena sudah hadir service motor dengan pelayanan terbaik yaitu Planet Ban. Dari namanya, kalian pasti mengira ini tempat jualan ban. Kalian nggak salah kok, planet ban juga menyediakan penjualan ban, sekaligus ada pelayanan service, jual oli dan juga spare part. Semacam one stop shopping untuk perawatan sepeda motor. 

Keunggulan Service Motor Di Planet Ban


Kalau service di tempat lain, kadang masih ada banyak kotoran, debu dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Tak jarang ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Nah, kalau kamu service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body. Semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. Kece nggak tuh.

Yap, service motor di Planet Ban bikin sepeda motor kamu seperti layaknya punya mesin baru. Hasil tarikannya lebh enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM dan mesin jadi bersih total. Lockas servicen juga cukup tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Dari segi harga, service motor di Planet Ban yang selengkap ini cukup ramah di kantong. Untuk service motor injeksi cuma Rp. 20.000, service CVT sekaligus rantainya Rp, 19,500, bahkan service throttle body hanya Rp. 20.000. Terjangkau bukan?

Well, sepeda motor yang biasa kita pakai untuk kegiatan sehari-hari juga membutuhkan perawatan rutin supaya performanya tetap oke yang membuat perjalanan kita lebih nyaman dan aman.


Yuk, percayakan service sepeda motormu di Planet Ban.

8 comments

  1. Di planet ban ini lengkap ya servicenya. Lokasinya juga dekat, klo aku sih paling olinya yg perlu service rutin, klo ban harus tiap hari. Hihihi

    ReplyDelete
  2. Jadi masukan buat saya juga karena tahunya cuma pakai dan ternyata butuh dirawat juga layaknya kulit.
    Harus pintar pilih oli terbaik juga biar enggak sekadar ngisi ke mesin

    ReplyDelete
  3. Suwun ya mbak, bermanfaat buat emak-emak kayak gue

    ReplyDelete
  4. Menarik sekali informasinya. Kusampaikan ke suami ah untuk perawatan motornya

    ReplyDelete
  5. Mo ngumpulin ciwi-ciwi yg tau pake doang...! Baca niih... ( Termasuk saya . Haha..)

    ReplyDelete
  6. Soal motor itu urgent apalagi digunakan rutin buat kegiatan sehari-hari. Agar kegiatan tetap lancar harus perawatan rutin pula motor. Pas banget ini tipsnya, servis juga perlu dilakukan. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  7. Aku pikir Planet Ban itu cuma buat servis ban doang.
    Ternyata bisa ganti oli dan beragam servis motor lainnya.

    ReplyDelete
  8. Servis motor secara rutin emang penting banget, selain bikin mesin motor awet pun tarikannya enteng dan pastinya nyaman dikendarai

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon