Tips Membeli Rumah Untuk Calon Pengantin

tips membeli rumah untuk calon pengantin

Pertimbangan yang harus diambil oleh Calon Pengantin Sebelum Membeli Rumah


Memiliki rumah pribadi merupakan impian semua orang, tidak terkecuali dengan calon pengantin baru. Tinggal di rumah mertua atau orang tua bukan hal yang salah, hanya saja untuk membangun kehidupan bersama dibutuhkan juga lingkungan yang kondusif, ya tentu saja dengan tinggal di rumah sendiri.

Membeli rumah bukan perkara mudah seperti saat membeli gadget, ada banyak pertimbangan yang harus diambil apalagi status kamu adalah calon pengantin. Tidak hanya berbicara tentang kebutuhan rumah untuk pribadi, tapi sebagai pasangan.

Berikut beberapa tips yang bisa membantu untuk membeli rumah bagi calon pengantin.

Siapkan Anggaran:


Anggaran atau budgeting tentu saja memainkan peranan yang sangat penting ketika hendak membeli rumah. Pastinya anggaran yang kamu miliki harus sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai over budget yang pada akhirnya akan menyusahkan kamu dan pasangan.

Perhatikan pendapatan, pengeluaran bulanan dan berapa banyak tabungan yang kalian miliki bersama. Untuk menentukan anggaran yang tepat untuk membeli rumah yang sesuai kemampuan pembiayaan kalian.

Tentukan Kebutuhan dan Preferensi


Diskusikan dengan pasangan, rumah seperti apa yang ingin kalian beli. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi pertimbangan seperti luas tanah, jumlah kamar, lokasi, keamanan dan aksesibilitas dengan tempat kerja masing-masing.

Dengan membicarakan di awal, kalian bisa menentukan jenis rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi yang dimiliki.

Riset Pasar


Sebelum menentukan rumah impian, ada baiknya masing-masing dari kalian melakukan riset. Sediakan waktu untuk mempelajari trend harga properti, lingkungan, fasilitas dan faktor-faktor lain yang berpengaruh dalam harga properti.

Selain itu kalian bisa mengunjungi pameran-pameran yang ada di kota kalian sehingga lebih mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Apalagi beberapa tahun belakangan, bisnis properti menurun semenjak hadirnya COVID-19 yang membuat daya beli orang akan properti rumah semakin menurun sehingga mempengaruhi harga properti. Jadi, ini semacam angin segar bagi yang ingin membeli rumah.

Pertimbangkan Jangka Panjang


Saat membeli rumah sebagai pengantin baru, tanyakan pada dirimu dan pasangan tentang rencana jangka panjang perihal rumah.

Apakah nanti rumah yang akan dibeli ini menjadi rumah utama yang akan ditinggali dalam waktu lama atau sekedar punya untuk investasi. Kedua hal ini tentu saja akan memberikan pengaruh saat membeli rumah.


Pertimbangan Pembiayaan


Hal yang tak kalah penting selain menentukan anggaran ketika membeli rumah adalah membahas dengan pasangan bagaimana cara pembayaran rumah yang akan dibeli.

Pertimbangkan opsi pembiayaan yang tersedia, seperti kredit perumahan, program subsidi, atau pembiayaan dari bank. Pelajari persyaratan, bunga, dan kemampuan kamu untuk membayar cicilan bulanan. Pastikan kamu memahami dengan jelas semua aspek pembiayaan sebelum membuat keputusan.

Kalau kamu merasa kesulitan tentang bagaimana menghitung anggaran pembiayaan, jangan khawatir sekarang ada website yang bisa membantu menghitung perkiraan berapa yang harus dikeluarkan untuk membeli rumah. 


mortgage calculator
contoh simulasi



Simulasi ini cukup membantu memberikan gambaran yang kamu inginkan tentang pembiayaan uang yang harus dikeluarkan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dipertimbangkan dalam membeli rumah untuk calon pengantin. Selalu ingatlah bahwa membeli rumah adalah keputusan besar. Lakukan penelitian yang cermat, konsultasikan dengan pasangan kamu, dan pertimbangkan faktor-faktor penting sebelum membuat keputusan akhir.

Baca juga:

0 COMENTÁRIOS

Post a Comment