Review Pratista Retinol Renewal Serum

Pratista Retinol Renewal Serum

Serum Retinol Lokal yang Hype Di Tiktok


Makin berumur, tentu saja fokus dari skincare lebih ke arah perawatan untuk anti aging, salah satu bahan aktif favorit saya yaitu Retinol. Sudah ada beberapa brand retinol yang sudah saya pakai dan tetap saja saya pengin coba beberapa serum retinol lainnya.

Salah satu serum retinol lokal yang belakangan menarik perhatian saya adalah dari brand Pratista. Salah satu brand skincare lokal yang belakangan ini hype di tiktok, salah satunya Retinol Renewal Serum. Kabarnya, serum ini seri reformulasi dari serum sebelumnya.

Rasa penasaran saya akhirnya terjawab, saya dapat kesempatan untuk mencoba langsung seperti apa sih Serum Retinol dari Pratista ini. Yuk kita bahas tuntas.

Pratista Retinol Renewal Serum


Ini dibilang bukan serum retinol pertama yang saya coba. Sebelumnya, saya sudah mencoba beberapa jenis serum retinol dengan berbagai level. Jadi, setidaknya kulit saya sudah terbiasa dengan yang namanya retinol.

Kemasan retinol serum dari brand Pratista ini hadir dalam kemasan kaca bening ukuran 30 ml dengan tutup botol berupa pipet berwarna hitam. Desain label juga minimalis mengikuti trend kemasan skincare yang semakin ke belakang makin sederhana.

Memiliki tekstur sedikit kental berwarna kekuningan, ada sedikit hint aroma jeruk, sepertinya setiap serum retinol memiliki aroma yang hampir sama. Saat diaplikasikan ke wajah, tidak butuh banyak waktu untuk menyerap di kulit.

Manfaat Retinol Serum Pratista

Beberapa manfaat yang akan didapatkan dari penggunaan serum retinol pratista jika digunakan secara konsisten.

  • Anti Aging, retinol merupakan turunan Vitamin A yang memiliki manfaat untuk meningkatkan turnover cell yang meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit terasa lebih kenyal serta mengurangi tampilan kerutan.
  • Brightening, memiliki kandungan niacinamide yang punya manfaat untuk mencerahkan kulit.
  • Acne Treatment, pada awalnya retinol memang diperuntukkan untuk pengobatan jerawat. Namun, juga memberikan manfaat meningkatkan kolagen.

Apakah Retinol Renewal Serum ini Bisa Digunakan Setiap Hari?


Retinol serum dari Pratista ini sebenarnya bisa digunakan setiap hari tergantung batas toleransi pada kulit masing-masing. Hanya saja penggunaannya bisa dibatasi 1-3 kali selama seminggu untuk mencapai hasil yang maksimal.

Pratista Retinol Serum Bisa Digunakan oleh Siapa Saja?

Penggunaan retinol bisa dimulai untuk usia 20 tahun atau bagi kamu yang memang memiliki permasalahan dengan jerawat.

Kandungan Bahan


Aqua, Niacinamide, Polysorbate 20, Butylene Glycol, Hydroxypropyl Cyclodextrin, Xylitylglucoside, Anhydroxylitol, Glycerin, Ethoxydiglycol, Phenoxyethanol, Retinol, Allantoin, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Xylitol, Caprylic/Capric Triglyceride, Dimethicone, Aloe Barbadensis Leaf Juice Powder, Cetearyl Dimethicone Crosspolymer, Glucose, Triethanolamine, Disodium Edetate


Cara Penggunaan:


retinol renewal serum review, Pratista skincare



Serum ini bisa digunakan setelah mencuci wajah dalam keadaan kulit yang kering untuk mengurangi efek iritasi atau juga bisa digunakan setelah penggunaan toner (pastikan kulit kamu sudah dalam keadaan kering).

Bagi kamu yang pemula, bisa menggunakan teknik Sandwich, di mana kamu bisa menggunakan moisturizer di awal, lalu dilapisi dengan serum retinol dan diakhiri dengan penggunaan moisturizer kembali. Pastikan untuk memberikan jeda pada setiap tahapan penggunaannya.

Sehabis menggunakan retinol di malam hari, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen di pagi hari.



Review Pratista Retinol Renewal Serum



Akhirnya saya paham kenapa Pratista Retinol Renewal Serum ini digemari banyak orang. Alasan pertama, ini merupakan serum retinol bisa dibilang ringan banget di kulit, kayak nggak berasa pakai retinol. Saya nggak merasakan efek samping seperti kulit terasa kering atau kemerahan selama pemakaian. Selain kandungan Retinol itu sendiri, rupanya bahan aktif lainnya yang mendampingi juga mempengaruhi terhadap kinerja si retinol.

Alasan kedua, saya merasakan serum ini bisa memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih halus dan juga cukup membantu untuk mengatasi masalah jerawat yang ringan. Untuk permasalahan anti aging diperlukan waktu lebih lama untuk mengetahui hasilnya lebih lanjut.

Baca juga:


Kesimpulan:


Secara keseluruhan serum ini bisa dibilang gentle/ringan sehingga direkomendasikan kepada kamu yang memang selama ini takut untuk mencoba skincare dengan kandungan retinol. Namun, bukan berarti tidak memberikan reaksi, pastikan gunakan sesuai cara penggunaan yaitu 1-2x seminggu. Jika sudah mulai terbangun, dosis penggunaan bisa ditingkatkan.

Nah, buat kamu yang cari produk serum retinol lokal dengan harga yang terjangkau bisa coba Retinol Renewal Serum dari Pratista ini. Harganya di pasaran kisaran Rp. 99.000-Rp.106.000.

Selamat mencoba.

5 comments

  1. Bagus banget nih, Kak serumnya. Apalagi harganya juga lumayan terjangkau ternyata

    ReplyDelete
  2. Banyak banget ternyata nih manfaat dari serum pratisa retinol ini. Jadi pingin coba hihi

    ReplyDelete
  3. Serumnya juga bisa untuk mencerahkan dan memutihkan wajah. Sangat cocok nih

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata juga sangat cocok nih bagi yang kulitnya berjerawat, seperti saya huhu

    ReplyDelete
  5. Terima kasih, Kak reviewnya sangat bermanfaat banget nih. Saya jadi tahu tentang serum pratista retinol ini

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon