Solitaire, Game Legenda Sepanjang Masa

solitaire org, game solitaire, game jadul, game legenda



Solitaire, Game Legenda Sepanjang Masa


“Dek, nanti pinjam laptopnya ya? Mau main Solitaire”


Hayoo, ngacung. Siapa di sini yang masih suka main Solitaire kayak Bapak? Permainan kartu yang awal kemunculannya di tahun 1990-an ini sudah berhasil merebut perhatian banyak kalangan di berbagai usia. Nggak cuman anak muda, bapak-bapak banyak kecanduan sama game yang satu ini.

Pernah dong ketika jaman kuliah ada urusan ke Tata Usaha, eh petugasnya malah asik mainan Solitaire. Padahal ya pas jaman itu perkembangan game sudah cukup meningkat, tapi ya gitu deh game yang ringan dan nggak butuh banyak ruang penyimpanan ya game Solitaire ini. Apalagi, biasanya sudah menjadi game wajib yang sudah tersemat di komputer dan laptop.

Eh, tapi memang sih board game solitaire ini bikin candu, padahal mainnya sederhana cuman modal klik klik mouse sampai urutan kartunya sesuai. Itu saja bisa menghabiskan waktu berjam-jam mainnya apalagi kalau sekalinya udah menang, ya lanjut terus sampai lupa waktu. Tahu-tahu sudah di depan komputer 2 jam hanya main Solitaire saja. Nggak produktif banget.

Main Solitaire ini sama asyiknya kalau kita main kartu bareng teman, lalu kalau ada yang kalah mukanya dicoret sama adonan bedak yang sudah dicairkan sama air. Lebih parah lagi pas main sama kakak, bagi yang kalau main remi pakai helm atau nggak sambil jongkok. Wkwkwk.

Mungkin hanya anak 90-an yang mengalami kesenangan dalam sebuah permainan.


Baca juga:

Macam-Macam Permainan Solitaire


Seiring perkembangang, game Solitaire juga ikut berkembang. Nggak hanya yang tipe klasik seperti yang biasa kita mainkan. Solitaire sekarang memiliki beberapa macam model dengan cara permainan yang berbeda.


Spider Solitaire


spider solitaire



Spider Solitaire pada dasarnya permainan yang menggunakan 8 fondasi kartu harus terisi penuh supaya menang. Gambaran tata letaknya menyerupai delapan kaki laba-laba.

Spider Solitaire memiliki cara permainan yang sedikit berbeda dari Solitaire klasik. Pada klasik Solitaire semua 4 macam kartu digunakan. Pada Spider Solitaire jumlah macam kartu ditentukan berdasarkan level. 1 kartu untuk level mudah, 2 kartu untuk level menengah dan 4 kartu untuk level ahli.

Klondike


klondike solitaire



Klondike merupakan permainan kartu menantang yang bisa dimainkan sendirian. Tujuan akhir dari permainan ini adalah tumpukan kartu yang berurutan: K,Q,J,10,9,8,7,6,5,4,3,2,A.

Penilaiannya dimulai dari meletakan satu kartu di atas fondasi dengan nilai +15. Menambahkan sebuah kartu di tumpukan/tableau akan mendapatkan nilai +5 dan setiap 30 detik akan mendapatkan pengurangan angka -8.

FreeCell


freecell solitaire



Berbeda dengan Solitaire klasik, FreeCell menyediakan ruang kosong sementara untuk menyimpan kartu-kartu. Freecell dapat digunakan untuk menyimpan satu kartu. Serupa dengan Solitaire, tujuan utama dari permainan ini adalah membuat tumpukan kartu dalam sebuah urutan.

Cara penilaiannya dimulai dari angka 500, setiap perpindahan kartu akan mengurangi poin +1. Supaya menang, kamu harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya.

Sekarang, kamu sudah nggak perlu bersusah payah lagi kalau ingin main Solitaire di mana saja, tanpa perlu menyiapkan perangkat PC/laptop. Kamu bisa bermain Solitaire ketika sedang melakukan perjalanan, menunggu antrian rumah sakit atau saat bosan. Melalui situs solitaire.org, dan enaknya kamu bisa main bermacam-macam game yang ada di dalamnya dengan menggunakan browser. Sehingga bisa diakses melalui smartphone.

Mudah, bukan?

Nggak salah deh kalau game solitaire masuk dalam kategori game legenda sepanjang masa karena sampai saat ini masih banyak penggemarnya.

Comments

  1. Solitaire memang gak pernah bosan untuk dimainkan apalagi tetap sesuai digunakan di generasi dan kalangan apapun, apalagi mudah pengaplikasiannya.

    ReplyDelete

Post a Comment