5 Rekomendasi Game Jadul Online

game jadul online, game jadul



Perkembangan Game Era 90-an



Bagi saya yang lahir di era sebelum 90, tahun 1990 itu memberikan banyak kenangan, meski saat itu perkembangan teknologi belum sepesat sekarang, tetap saja menyisakan kenangan manis untuk dikenal, termasuk game.

Saya masih ingat pernah merengek sama Mami untuk dibelikan Game Boy, di mana pada era itu merupakan satu-satunya game console yang ada. Harganya terbilang cukup mahal padahal layarnya masih hitam putih dengan UI yang seadanya. Itu saja sudah bikin bahagia setengah mati berasa punya harta karun.

Permainan favorit saya waktu itu tentu saja tetris. Berupa game puzzle yang berupa balok-balok. Sederhana, tapi menantang. Bahkan, dulu saya dan kakak sempat bikin perlombaan siapa yang memperoleh skor tertinggi. Bisa pakai Game Boy tersebut selama 2 hari.

Setelah kenal Game Boy, saya mulai memiliki komputer. Komputer jaman dulu itu kalau mau menjalan program masih membutuhkan yang namanya disket. Jadi, dulu saya suka copy lagu dan program dari guru komputer di sekolah, termasuk game. Game di komputer jaman itu lumayan loh sudah mulai berwarna dan beraneka ragam macamnya. Yang paling terkenal itu pacman dan Minesweeper. Kalau pelajaran komputer suka diam-diam main 2 game tersebut.

Perkembangan game era sekarang makin cepat dan beragam. Menggunakan AI yang memungkin game tersebut mirip dengan kehidupan asli manusia, sebut saja The Sims. Namun, main game sekarang ini membutuhkan perangkat yang mumpuni, jika tidak siap-siap saja kesal saat main karena tidak berjalan lancar.

Itulah kenapa saya seringkali merindukan permainan jaman dulu. Kadang mikir, masih ada nggak sih game jaman dulu yang sering saya mainkan itu?

Eh ternyata ada loh. Ada sebuah situs namanya plays.org, yang menyediakan banyak permainan yang dulu kamu temukan di game boy, komputer jadul. Sembari istirahat sehabis menulis, saya bisa rehat sejenak sambil main games online.


Baca juga:


5 Rekomendasi Game Jadul Online


Tetris


game jadul, tetris, supertetris


Siapa yang suka main tetris? Puzzle Block yang kadang bikin keki kalau salah mengatur strategi sehingga akhirnya kalah. Ternyata sekarang, tetris juga bisa dimainkan secara daring dan tetap menyenangkan loh. Seru, bisa dimainkan saat istirahat makan siang.


BattleShip



battleship, game jadul, rekomendasi  game jadul



Saya sudah agak lupa, di mana saya pernah memainkan game yang satu ini. BattleShip merupakan permainan strategi di mana kita harus menyembunyikan kapal-kapal perang yang kita punya supaya tidak tertembak oleh musuh.

Minesweeper


minesweeper, game jadul online, game jadul



Ini merupakan permainan strategi di mana kamu harus mengatur supaya tidak terkena bomb. Persis kayak kita berpetualang ke ladang ranjau. Bagaimana caranya kita harus mengatur strategi supaya bisa keluar dari ladang ranjau tersebut dengan selamat. 

Entah, dari jaman dulu sampai sekarang, saya selalu nggak bisa main model atur strategi begini. Hampir dipastikan selalu kalah. Agak memalukan ya. Eh, tapi kalau suka main game yang membutuhkan konsentrasi ini. Kamu harus coba deh.


Snake & Ladder


ular tangga online, game jadul online, snake Ladder


Ular tangga. Kayaknya ini permainan favorit jaman kita masih anak-anak dulu. Mainnya berkelompok menggunakan dadu. Siapa yang lebih dahulu mencapai garis finish, dialah pemenangnya.

Sekarang, ternyata sudah ada versi onlinenya sehingga bisa dimainkan di mana saja dan kapan saja. Paling sebal itu kalau sudah mau sampai garis finish, eh ketemu ular yang panjang akhirnya turun lagi sampai bawah.


Solitaire


permainan solitaire, solitaire


Solitaire merupakan permainan kartu pertama yang saya mainkan. Permainan ini bisa dibilang masuk dalam kategori ringan sehingga mudah dimainkan oleh berbagai kalangan usia. Bahkan Papi merupakan fans berat dari game yang satu ini. Memang seru sih apalagi kalau menang terus.

Yap, itulah 5 rekomendasi game jadul yang masih bisa dimainkan secara online. Bisa dimainkan saat penat dengan kesibukan kantor atau sedang stuck karena tidak punya ide menulis seperti saya.


Kalau kamu lebih suka main secara online atau menggunakan game console saat bermain game?

Comments

  1. Sampai sekarang aku masih main tetris.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah main di mana bu? Dulu sih masih suka intens main tetris

      Delete
  2. tetris sama solitaire yang bikin aku betah wkwkwk duh kangen jadi pengen main solitaire

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solitaire sampai sekarang masih jadi favorit karena mainnya mudah dan bikin candu

      Delete
  3. Solitaire paling favorit, haha suka rindu main ini untungnya di laptop ada.

    ReplyDelete

Post a Comment