Bagaimana Cara Memilih Ide Menulis Dari Pinterest dan Tetap Unik

ide menulis dari pinterest




Bagaimana cara memulai menulis blog? Apa saja tips yang harus diikuti? Apa saja aspek penting dari sebuah blog?

Nah, pertanyaan-pertanyaan ini pernah bercokol di benak saya ketika berencana menulis blog. Maklum, waktu itu masih pemula jadi bingung tentang bagaimana harus mengelola blog, bahkan sempat kena serangan writer block, alias ide yang mampat. Ujung-ujungnya nggak nulis apa-apa.

Sampai saya berkenalan dengan pinterest. Sebuah aplikasi yang membantumu menyematkan tulisan yang disukai supaya bisa dibaca kembali (semacam situs bookmark) atau bahkan menemukan ide tentang blog. Jangan khawatir ada banyak ribuan ide di pinterest yang bisa menginspirasimu ketika kesulitan menulis, tentu saja tetap unik dan relevan dengan niche blog.

Buat kamu yang baru memulai menulis blog, berikut ini saya kasih beberapa ide dari pinterest untuk membuat tulisan pertamamu.


9 Ide Untuk Membuat Tulisan Pertama di Blog Dari Pinterest.


1. Menulis Blog Untuk Pembaca


Salah satu tujuan menulis blog tentu salah satunya mengenalkan tulisan kamu kepada khalayak umum, yaitu pembaca. Sebelum memulai membuat blog, harus pastikan bahwa kamu menulis untuk pembaca.

Blog merupakan media komunikasi antara kamu dan pembaca, sehingga kamu harus mempersiapkannya dengan baik. Memilih konten yang sesuai dengan target pasar pembaca supaya mereka yang mampir ke blogmu akan mendapatkan banyak manfaat dari yang mereka baca. Selain itu, pastikan kamu melakukan pemeriksaan plagiarisme sebelum menerbitkan blog!

2. Tulisan Mengenai Pengalaman Sendiri


Salah satu cara yang tepat untuk melibatkan emosi pembaca dengan blog adalah dengan menuliskan perjuangan dan pengalaman yang kamu alami, entah itu baik maupun buruk.

Siapa tahu kisah perjuangan dan hasil yang kamu peroleh akan menginspirasi dan mencerahkan pembaca. Sehingga mereka akan lebih bersemangat dalam mencapai tujuannya. Cerita pengalaman pribadi ini merupakan ide yang paling baik untuk meningkat kredibilitas bisnis startup.


3. Pilih Judul yang Menarik Perhatian


Beberapa pembaca merupakan tipe yang menyukai judul yang menarik. Sebelum menulis, ada baiknya kamu mempersiapkan judul yang membuat orang ingin membacanya, tapi jangan lupa juga untuk membuat konten isi yang relevan. Jangan sampai judulnya udah bagus, eh isinya nggak jelas.

Artikel lainnya:

4. Minimalist is less More


Tulisan yang sederhana malah seringkali menarik perhatian ketimbang tulisan yang sempurna, tapi tidak dipahami oleh pembaca. Ya perlu diingat saat menulis blog bahwa kamu itu menulis untuk orang lain bukan dirimu. Pakailah bahasa yang mudah dipahami oleh orang awam.

5. Tulis Apa Saja Saat Kehabisan Ide


Mungkin ini akan terlihat lucu, tapi percayalah ketika kamu tengah kehabisan ide. Menulis apa saja akan membantu memecah kebuntuan yang tengah kamu alami karena otak menjadi lebih fresh sehingga siap untuk menjemput ide-ide yang baru.

6. Temukan Inspirasi Dari Tulisan Orang Lain


Sebelum menulis blog, mungkin ada baiknya kamu banyak membaca tulisan-tulisan orang lain yang sejenis. Lalu, kamu bisa membuat analisa tentang kelebihan dan kekurangan dari semua artikel yang telah dibaca. Dengan begitu kamu bisa membuat tulisan baru yang lebih dalam dari hasil analisa tadi, tentu saja menggunakan kata-katamu sendiri. Jangan lupa melakukan pemeriksaan plagiarisme sebelum menerbitkan konten kamu.

7. Berjalan/Rileks/Alihkan/Bergerak


Mengambil istirahat saat menulis itu penting. Ide ini juga diambil dari yang teratas yang dipublikasikan di Pinterest. Jika kamu kehabisan ide dan lelah menulis, maka cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan berhenti menulis untuk sementara waktu. kamu bisa berjalan-jalan atau mengalihkan perhatian dengan game seluler, tapi jangan sampai kebablasan.

8. Menulis Tentang Masa-Masa Sulit dan Pelajaran yang Didapat


Salah satu ide tulisan yang saya dapat dari pinterest adalah menulis tentang masa-masa sulit dan apa yang dipelajari dari kegagalan tersebut. Jenis tulisan ini cukup banyak penggemarnya karena pembaca bisa memetik langsung pelajaran yang didapat dari masalah orang lain, sehingga bisa menyusun strategi supaya tidak melakukan kesalahan yang sama.

9. Menulis Tentang Kesalahan Umum


Ini adalah ide blog berguna lainnya yang akan membuat kamu sukses. Menulis tentang kesalahan umum yang dilakukan orang dalam pekerjaan tertentu adalah cara sempurna untuk terhubung dengan mereka pada tingkat dasar. Topik yang paling banyak dibaca di blog adalah 'kesalahan umum dan cara memperbaikinya'.


Pro-Tip


Dalam blogging, pemeriksaan plagiarisme penting dalam blogging. Supaya kamu bisa memeriksa apakah tulisan yang ada di blog kamu banyak kemiripan dengan lain. Dengan melakukan pemeriksaan, tulisan yang dihasilkan tentunya orisinil sehingga bisa bersaing di halaman pencarian google.

Banyak plagiarisme checker seperti salah satu yang terbaik dan dapat diandalkan plagiarismchecker.co dapat membantu blogger membuat pemeriksaan plagiarisme yang akurat.

Nah, berikut di atas 9 ide tulisan yang saya kumpulkan dari pinterest. Semoga bermanfaat buat kalian yang ingin memulai blog, kalau suka dengan artikel lainnya tentang blogging, silakan main-main ke sini lagi ya. 

Comments