Cara Menjadi Blogger Kece

cara menjadi blogger kece, swastikha.com, kotakwarna.com, blogger kece, website


Menjadi Blogger Masa Kini yang Penuh Tantangan


Menjadi blogger jaman now penuh dengan tantangan, harus menguasai beragam kemampuan supaya bisa bertahan dalam kerasnya persaingan. Makin ke sini, semakin banyak blogger-blogger baru yang tidak hanya memiliki konten tulisan yang apik, namun juga keahlian yang mumpuni. Hal ini yang kadang membuat saya insecure menjalani profesi sebagai blogger ini karena merasa tidak ada apa-apanya.

Tidak mau berkecil hati, perlahan saya mulai menata diri dengan meningkatkan kualitas, tidak hanya sekedar menulis saja, namun belajar banyak hal yang berhubungan dengan seluk beluk dunia blogger supaya blog yang saya miliki menjangkau lebih banyak pembaca. Menjadi blogger kece, dikenal banyak orang lewat tulisan dan tentunya kebanjiran job dari klien. Siapa coba yang menolak?


Cara Menjadi Blogger Kece


Eit, jangan senang dulu. Menjadi blogger kece itu tidak semudah yang kamu bayangkan. Ada proses berdarah-darah yang harus dilalui. Saya jadi ingat saat ikutan sebuah kelas SEO demi meningkatkan kualitas blog. Byuh, rasanya kepala berasap karena harus mempelajari hal yang memang masih awam buat saya. Untungnya, saya tipe orang yang ingin maju, jadi ya tetap semangat mengikuti kelas.

Setiap pencapaian itu membutuhkan pengorbanan begitu dengan pekerjaan yang kita jalani. Kalau mau menjadi blogger kece, ada banyak cara yang harus dilalui, seperti yang akan saya tulis di bawah ini.

Bergabung Dengan Komunitas


Salah satu cara supaya blog yang kamu miliki dikenal banyak orang yaitu bergabung dengan komunitas. Beberapa komunitas memiliki program blogwalking, di mana kamu bisa membagikan tulisan yang kamu miliki supaya bisa dikunjungi oleh sesama blogger lainnya.

Bergabung dengan komunitas akan membuat wawasanmu bertambah karena bertemu dengan orang-orang yang memiliki irama yang sama dan bonusnya adalah relasi alias networking. Dengan adanya relasi, anggota tersebut bisa jadi akan mereferensikan dirimu jika memang ada pekerjaan yang sesuai. Saya beberapa kali mendapatkan beberapa penawaran kerjasama melalui komunitas yang diikuti. Menyenangkan, bukan?


Baca Juga: 

Hal-Hal yang Bisa Dilakukan Seorang Blogger 

Hal-Hal yang Sulit Bagi Seorang Blogger 

5 Tips Membangkitkan Ide Menulis 



Tetap Produktif Membuat Konten


Dalam blog, konten yang kamu miliki akan menjadi penentu apakah akan disukai atau tidak. Ya, konten adalah Raja. Mau tidak mau kamu harus selalu menyediakan waktu untuk mengunggah tulisan baru di blog, sehingga pembaca akan selalu menanti tulisan terbaru.

Paling tidak, kamu bisa membuat konten baru 1x seminggu yang tentunya memiliki kualitas dari segi penulisan, menyajikan data yang menarik dan membuat pembaca betah, Namun, ada juga tipe blogger yang senang menulis blognya setiap hari. Tidak ada larangan. Kamu apakah menyukai kualitas atau memang mengejar kuantitas. Semua kembali pada kamu, sebagai pemilik blog.

Tidak hanya produktif membuat tulisan, seorang blogger juga dituntut aktif menjadi konten kreator di media sosial. Sehingga bisa menjangkau lebih banyak audiens alias pembaca-pembaca baru.


Meningkatkan Skill-Skill Baru


Sebelum pandemi, saya dulu rajin mengikuti workshop untuk meningkatkan kemampuan biar nggak hanya cuman nulis di blog, tapi memiliki keterampilan lainnya yang ikut mendukung performa sebagai seorang blogger, seperti fotografi, copywriting, digital pemasaran, mengelola media sosial, dsb.

Nggak bisa keluar rumah bukan berarti saya tidak bisa mengupgrade ilmu karena ada banyak beragam kelas online yang bisa diikuti dari rumah, salah satunya Skill Academy by Ruang Guru, di mana telah memiliki 22 juta pengguna dari 100 bidang pelajaran. Wih, pantas saja Skill Academy merupakan platform pelatihan terbaik untuk Prakerja, tidak hanya itu kursus online terbaik bersertifikat ini telah mendapatkan penghargaan dari Daily Social dan Best Personal Growth App dari Google Playstore.


kursus online terbaik, kursus online skill academy

Di Skill Academy, saya bisa menemukan bermacam kelas yang memang mendukung karir saya sebagai seorang blogger, seperti kelas cara membuat Copy Writing yang Sesuai SEO, atau Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan by Ilham Akbar, dan puluhan kelas online lainnya. Sesuai kebutuhan kamu.

Percaya Diri Untuk Membagikan Tulisan Di Media Sosial


Jika kamu ingin bergabung dalam barisan blogger kece, jangan malu untuk membagikan tulisan di blog ke Media Sosial. Tujuannya, biar blog yang kamu miliki dikenal banyak orang. Siapa tahu dari sekian teman di media sosial menyukai tulisanmu atau bahkan ada brand yang ingin menawarkan kerjasama setelah membaca blogmu di media sosial.

Who knows.

Percaya diri saja.

Well, itulah beberapa cara bagaimana menjadi blogger kece ala saya. Semoga tulisan i bisa membantu teman-teman semua.

Selamat berakhir pekan.


Comments

  1. Tips yang sangat bagus. Salah satu keinginan saya untuk menjadi blogger yang kece he..he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semog tercapai jadi blogger kece

      Delete

Post a Comment