5 Tips Membangkitkan Ide Menulis Blog

Sunday, September 20, 2020

5 tips membangkitkan ide menulis


5 Tips Membangkitkan Ide Menulis Blog


Suatu hari saya pernah duduk lama di depan laptop hendak membuat tulisan baru di blog. Sudah satu jam menatap layar, tak satupun kalimat yang saya hasilkan. Entah kenapa hari itu rasanya sulit sekali untuk memikirkan apa yang ingin saya tulis. Tak jua mendapatkan ide, saya memutuskan menutup laptop, mengurungkan niat memperbaharui tulisan di blog.

Bukan sekali saya mengalami permasalahan seperti ini. Beberapa kali, malah pernah saya hiatus menulis blog selama 1 bulan. Rasanya tiap kali hendak memulai, ada saja yang menghalangi pikiran. Rasanya sedih apalagi kalau tiba-tiba dapat job dari klien, nggak mau kan kehilangan kesempatan baik?

Nggak mau terus-terusan memaklumi diri yang sedang terkena sindrom writer’s block, biasanya saya melakukan beberapa kegiatan khusus sehingga mood kembali membaik dan pikiran jadi lancar. Alhasil, gairah untuk menulis menjadi membara.

Rasanya semua blogger punya cara sendiri supaya ide-idenya tetap bermunculan menjadi tulisan yang baru. Nah, kali ini saya mau membagikan 5 tips membangkitkan ide menulis blog.


Membaca Tulisan Orang Lain


Saya seringkali merasa kesulitan dalam menulis kalimat pertama. Serius, kadang satu jam bengong di depan laptop hanya karena nggak tahu mau membuka tulisan di blog dengan kalimat apa? Biasanya hal ini yang membuat mood saya menjadi labil dan berakhir tidak menulis.


Pertama yang saya lakukan adalah membaca tulisan orang lain yang memiliki topik sejenis sebanyak 3-5 tulisan. Biasanya dari situ saya akan mulai mendapatkan insight apa yang hendak ditulis selanjutnya. Kayak semacam ada penarik sumbatan di otak dan akhirnya menjadi lancar.



Mengumpulkan Ide-Ide Di Pinterest


Buat saya pinterest itu sudah kayak surga, bisa menemukan apapun yang saya cari di sana dan saya berterima kasih buat seorang teman yang sudah memperkenalkan dengan aplikasi keren ini.

Di kala bosan/jenuh, saya suka sekali bermain di pinterest. Mencari-cari ide buat buat tulisan lalu menyimpannya di Pinterest hingga menumpuk. Nanti, ketika saya membutuhkan ide buat tulisan, saya akan membuka hasil simpanan saya tadi untuk selanjutnya dieksekusi menjadi sebuah tulisan ala saya.


Menulis Sesuatu yang Disukai



Ketika saya sudah lama hiatus dari menulis blog, saya biasanya memulai kembali dengan menulis sesuatu yang saya sukai, entah itu puisi pendek, ulasan produk kecantikan yang sedang saya pakai atau bahkan tentang diri saya yang tengah merindukan seseorang.

Menulis objek yang disukai biasanya ditulis dengan bahagia sehingga meningkat mood. Mood yang baik akan memantik ide-ide baru untuk tulisan selanjutnya.

Baca juga

8 Sumber Ide Supaya Aktivitas Blogmu Lancar

Bagaimana Menulis Kalimat Pertama 

Hal-hal yang Bisa Dilakukan Seorang Blogger 



Melakukan Hal yang Tidak Berhubungan Dengan Menulis



Pernah saya bosan dengan dunia tulis menulis, saya memutuskan untuk mengambil jarak dengan laptop, menyimpannya dalam lemari selama satu bulan. Tidak membaca buku, dan tidak menulis apapun di buku catatan.

Selama dalam masa jeda itu, saya memilih untuk memotret, memasak, menonton drama kesukaan atau mengobrol bersama teman. Hingga suatu hari saya merasa rindu dengan tulisan. Kayak ada banyak cerita yang ingin saya sampaikan dan itu berhasil membangkitkan semangat lagi untuk menulis.


Mencatat Ide-Ide yang Terlintas Di Buku Catatan


Rasanya saya punya banyak buku catatan yang beberapa sering saya bawa kemana-mana. Ketika tiba-tiba ada ide yang terlintas, biasanya saya segera mencatat di buku catatan supaya tidak lupa. Selain ide, saya sering juga mencatat kata-kata baru, kalimat yang saya sukai atau dengar dari orang lain.

Ide-ide mentah tersebut biasanya sengaja saya simpan, nanti baru dipilih mana yang akan kemudian dibuat dalam bentuk tulisan utuh.

Menulis merupakan proses panjang yang harus dilalui dengan kesabaran, mengalami stuck sesekali tidak masalah selama tidak menyurutkan niat kembali menulis blog. 

Semoga 5 Tips Membangkitkan ide menulis blog bisa memberikanmu inspirasi.

Sampai jumpa,



Post a Comment

Kotak Warna | Personal Lifestyle © . Design by Berenica Designs.