Kotak Warna| Personal Lifestyle

a Personal Lifestyle Blog

Mencari PCR Test Di Surabaya

PCR Test Di Surabaya

Pandemi Korona yang Belum Berakhir


Saya yang tinggal di Surabaya, bisa dibilang khawatir karena merupakan salah satu kota yang memiliki angka penularan cukup tinggi. Pasalnya, pandemi Korona yang belum berakhir di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia, malah kian meningkat dari hari ke hari.

Salah satu upaya untuk memutus rantai penularan Covid 19, pemerintah surabaya melakukan test pemeriksaan baik PCR dan Rapid Test guna memetakan wilayah sebaran Covid 19 di Surabaya. Bisa dibilang, mencari PCR Test di Surabaya bukan hal yang sulit saat ini.

Sangat berbeda dengan keadaan di awal-awal pandemi, di mana kita mengalami kesulitan untuk melakukan tes Covid 19 tersebut secara mandiri dan juga dibatasi dalam realitasnya.


Baca juga:

Operasi Ganti Pacu Jantung di Masa Pandemi

Pengalaman Swab Test Covid 19 

Virus Corona Membuat Suasana Ramadhan Berbeda 

 

Perbedaan PCR Test dan Rapid Test


Mungkin di antara kalian tahu bahwa ada beberapa tes yang bisa digunakan untuk mendeteksi keberadaan Virus Corona di dalam tubuh, yaitu PCR Test, Rapid Test dan CT Scan.

Kali ini saya akan lebih memfokuskan pada dua jenis deteksi Virus Corona yang belakangan ini menjadi hal yang selalu diperbincangkan keberadaannya yaitu Rapid Test dan PCR Test

Rapid Test merupakan tes serologi yang bertujuan untuk mendeteksi antibodi Imunoglobulin M (IgM) dan Imunoglobulin G (IgG) terhadap SARS-CoV-2 di dalam darah. Metodenya dengan mengambil sampel darah dari pasien yang kemudian diproses di dalam laboratorium.

Hasil dari Rapid Test ini biasa berupa reaktif dan non reaktif. Jika kamu mendapatkan hasil reaktif, kemungkinan besar tubuh mengandung antibodi SARS-CoV-2. Namun antibodi yang reaktif bukan selalu diartikan virus tersebut tengah aktif dalam tubuh. Antibodi reaktif tersebut bisa menunjukkan adanya infeksi yang terjadi di masa lampau.

PCR Test merupakan singkatan dari polymerase chain reaction yaitu pemeriksaan SARS-CoV-2 dengan cara mendeteksi DNA virus. Hasil dari tes tersebut berupa positif dan negatif. Berbeda dengan Rapid Test yang mengambil sampel darah, PCR Test ini menggunakan contoh cairan lendir yang didapatkan dari rongga hidung dan tenggorokan dengan metode swab (mengusap menggunakan suatu alat berupa cotton bud yang panjang dan didiamkan beberapa saat untuk mengumpulkan cairan lendir).

Sebagai seseorang yang pernah melakukan swab test covid 19, buat saya metode yang satu ini agak tidak menyenangkan.

Kedua test tersebut di atas merupakan rangkaian yang tidak terpisahkan. Rapid Test merupakan alat deteksi awal bagi seseorang yang mungkin memiliki gejala/tidak bergejala, sedangkan PCR Test merupakan metode selanjutnya yang akan membuktikan apakah orang tersebut memang terinfeksi Covid 19.

Mencari PCR Test Di Surabaya



swab test covid 19, PCR Test Surabaya, halodoc



Mencari PCR Test di Surabaya bukan hal yang sulit, mulai banyak RS dan klinik yang menyediakan PCR Test atau dikenal dengan Swab Test ini dengan beragam harga yang bervariasi.

Keadaan ini berbeda jauh seperti pengalaman saya dulu yang hendak melakukan operasi di bulan Juni. Saya harus menelpon beberapa RS dan klinik untuk memastikan apakah mereka menyediakan layanan Swab Test Mandiri. Benar-benar melelahkan.

Sekarang, permasalahan mencari lokasi PCR Test di Surabaya menjadi lebih mudah dengan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menemukan Dokter sekaligus tempat untuk melakukan tes PCR yang disesuaikan dengan lokasi tempatmu tinggal.


halodoc, pcr test, pcr test surabaya


Saya yang tinggal di Surabaya, tinggal masukkan kota di pencaharian, lalu akan muncul rekomendasi RS yang menyediakan layanan PCR Test. Pilih lokasi yang dekat dari rumah supaya mudah dan enaknya kamu juga langsung bisa bikin janji menggunakan aplikasi Halodoc. Nyaman, nggak pakai ribet telepon dulu.

Akses mudah untuk mencari PCR Test Di Surabaya memang membuat kita merasa aman, namun bukan berarti lantas kita mengabaikan protokol kesehatan yang ada. Tetap jaga jarak, pakai masker jika keluar rumah dan jangan lupa untuk cuci tangan sehabis melakukan aktivitas.

Salam sehat,


Comments

Know the News