Membuat Alas Foto Sendiri

Tuesday, August 25, 2020

alas foto kayu, alas foto, membuat alas foto sendiri

Membuat Alas Foto Sendiri


Alas foto bisa bisa dibilang merupakan salah satu komponen penting dalam fotografi makan dan foto produk, sebagai penunjang supaya produk yang akan ditampilkan semakin pop out saat diabadikan dengan kamera.

Dulunya, saya menyukai alas foto putih karena netral dan bisa dipasangkan dengan berbagai macam produk yang beraneka warna. Semenjak mulai belajar tentang foto produk, saya mulai mengumpulkan berbagai aneka alas foto untuk dikreasikan dengan barang yang nanti akan saya potret nantinya.

Background foto yang saya punya kebanyakan hasil dari beli dan beberapa saya mendapatkan hadiah karena menang kuis di media sosial. Padahal, kalau dihitung, membeli alas foto untuk makanan itu membutuhkan cukup banyak biaya.

Padahal, banyak loh benda-benda di sekitar rumah kita yang bisa dijadikan alternatif alas foto dan bahkan kita bisa membuatnya sendiri.

Baca juga:


5 Komponen Penting Dalam Flatlay

Alas Foto Flatlay yang Mudah Ditemukan Di Rumah 

10 Ide Konten Instagram 



Ada kalanya ingin membeli alas foto hanya untuk sekadar kebutuhan impulsif kita yang nggak bisa melihat warna-warna yang beraneka ragam, padahal ketika dipakai ya warnanya itu-itu saja. Itu mah saya.

Padahal Papi sudah susah payah membuat alas foto sendiri kala itu, tetap saja keinginan untuk punya motif yang lain itu besar. Alasannya bahan background foto kayu triplek buatan papi itu berat.

Pada akhirnya semingguan ini saya berencana untuk kembali membuat background foto produk sendiri. Setelah sebelumnya membeli bahan yang akan digunakan.

Let See.



Cara Membuat Alas Foto Sendiri


Keinginan untuk membuat alas foto ini sebenarnya sudah lama, cuman kebanyakan malas dan penginnya praktis gitu langsung jadi. Sampai semingguan ini saya rajin lihat-lihat cara membuatnya di pinterest dan akhirnya pengin coba.

Di pinterest saya menemukan banyak cara Diy Background Foto produk dan makanan dengan berbagai bahan. Kali ini saya lebih memilih membuat alas foto dengan bahan kayu. Semua bahan yang saya pakai bisa kalian contoh atau kreasikan sesuai yang kalian inginkan.


Bahan-Bahan yang Digunakan Dalam Membuat Alas Foto Kayu:



bahas alas foto kayu, alas foto kayu


  • 1 Lembar Plywood (ukuran sesuai kebutuhan aja)
  • Compound putih (jika kamu ingin alas fotonya memiliki tekstur ala-ala semen), bisa dibuat manual dengan bahan semen putih dan lem. Aduk sampai menemukan konsistensi yang pas. Kalau tidak perlu, bisa skip.
  • Cat Akrilik (warnanya sesuaikan dengan yang kamu inginkan), bisa juga menggunakan cat lain seperti cat tembok, kayu, dll. 
  • Kuas, roller
  • Spon busa 
  • Koran sebagai alas

Langkah-langkah Pembuatan


alas foto kayu, backgroud foto, flat lay
Compound setengah basah

Pertama: oleskan compound ke seluruh area plywood dengan sesuka hati. Mau oles tipis boleh, dioles tebal juga monggo. Nggak ada yang salah dan benar. Lalu, keringkan selama 24 jam.


alas foto kayu, background foto makanan
Setelah 24 jam dikeringkan


Kedua: Nah, setelah itu barus bisa diwarnai menggunakan cat yang kamu punya. Tekniknya bebas ya, ini mah proyek suka-suka. Kalau masih bingung cara ngecatnya bisa buka kanal youtube. Kalau saya mah anggap saja ini bagian dari terapi warna. Pokoknya di awal saya sudah menentukan warna apa saja yang akan dipakai. Selebihnya, bebas.

Ketiga: Setelah puas dengan hasil yang diinginkan, keringkan selama 24 jam ya.

Catatan:

Alas foto ini sebaiknya digunakan untuk produk non food ya, karena khawatir sisa remahan dari si Compound berbahaya untuk makanan dan juga sulit untuk dibersihkan jika terkena air/minyak. Alternatifnya adalah semua makanan yang akan dipakai menggunakan wadah.

Jika ingin alas foto yang tahan air/minyak dan mudah dibersihkan, bisa menggunakan cat kayu, tembok, plitur atau cat enamel (pernah lihat di salah satu kanal youtube).

Nah, begitulah cara membuat alas foto sendiri yang mungkin bisa dicoba di rumah untuk mengisi kesibukan di masa pandemi ini. Oh, iya siapa tahu alas foto yang kamu buat bisa dijadikan ide bisnis kreatif di rumah.


stilllife, kaktus, background photo, diy backgroun photo, styling board
Contoh Aplikasi setelah jadi


Selamat mencoba,

1 comment

  1. Sbnrnya memang LBH enak kalo bikin sendiri ya mba.. bisa beraneka macam model :D. Selama ini aku beli, dan itupun jarang banget dipake. Tp sjk pandemi dan jrg kluar , jd kepikiran utk bikin alas foto sendiri :p. Kbtulan ada banyak cat Pylox di gudang. Bisa jg dipake utk alat warna

    ReplyDelete

Kotak Warna | Personal Lifestyle © . Design by Berenica Designs.