Black Dog Kdrama Review (2019), Realitas Tentang Kehidupan Sekolah

Saturday, April 11, 2020

black dog kdrama 2019, korean drama, drama korea 2019



Black Dog (2019)


Sebagai penyuka drama korea, saya sering terpukau dengan jalan cerita yang mereka tawarkan dalam berbagai genre yang tentunya disukai oleh banyak orang. Kali ini saya mau mengajak kamu untuk berkenalan dengan drama Black Dog, di mana mengambil setting tentang dunia pendidikan.


Sinopsis:


Judul: Black Dog

Eps: 16 eps

Network: TVN


Pemeran Utama:

Seo Hyun Jin as Ko Ha Neul

Ra Mi Ran as Park Sung Soon

Ha Joon as Do Yeon Woo




Drama ini berkisah tentang Ko Ha Neul yang mempunyai impian sebagai Guru karena kecelakaan bus yang pernah dia alami yang menewaskan seorang Guru Honorer yang telah menolongnya. Sebagai wujud rasa terima kasihnya, Ko Ha Neul memutuskan untuk mengikuti ujian menjadi seorang Guru.

Dia berhasil diterima di sekolah Daechi sebagai Guru Honorer. Berbagai persoalan tentang sekolah menyadarkan Ha Neul bahwa perjuangan sebagai seorang Guru bukan hanya mendidik dan mengajar murid.

Di sekolah Daechi, dia bertemu dengan Park Sung Soon, Kepala dari Departemen Konseling Karir yang gila pekerjaan dan akan melakukan sekuat tenaga supaya murid-murid mendapatkan pendidikan yang terbaik.


Perjuangan Guru Honorer


Dalam drama ini kita akan disuguhkan perjuangan Guru Honorer di sekolah, di mana kerap kali dipandang sebelah mata oleh para Guru Tetap. Begitu juga yang dihadapi oleh Ko Ha Neul pada awal mengajar di Daechi.

Awal mengajar Ko Ha Neul diterpa gosip tak sedap, bahwa di masuk ke Daechi karena nepotisme dari Pamannya yang juga kerja di sekolah tersebut. Dia sempat dimusuhi oleh beberapa rekan kerja sesama Guru Honorer, namun pada akhirnya semua menjadi jelas bahwa dia lulus murni tanpa ada campur tangan si Paman.

Guru honorer di Korea itu seperti sebuah bayangan yang memiliki peran penting tapi tidak boleh terlalu menonjol. Bahkan, para siswa tidak boleh tahu mengenai daftar Guru Honorer demi kenyamanan siswa saat belajar (menurut saya ini agak aneh).

Selain Ko Ha Neul, ada sosok Ji Hae Won yang merupakan Guru Honorer selama 6 tahun namun statusnya belum jelas akan diangkat atau tidak. Di awal-awal dia merasa tidak senang dengan kehadiran Ko Ha Neul yang dengan cepat diterima oleh lingkungan sekolah. Namun, di pertengahan Ha Neul dan Hae Won bekerja sama demi kepentingan sekolah.

Kisah lain dari Guru Honorer ketika sekolah ingin mengajukan semacam audit terhadap tingkat keberhasilan siswa masuk Universitas ternama, ternyata pengawas yang bertugas dulunya merupakan Guru Honorer di sekolah Daechi. Awalnya sempat menjadi konflik karena si Pengawas masih sakit hati dengan sikap Kepala Sekolah terdahulu yang pernah memberikan harapan palsu. Pada akhirnya, berkat kegigihan Ko Ha Neul dan Departemen Konseling Karir, Pengawas tersebut memberikan banyak bantuan supaya lulusan Daechi bisa diterima di Universitas ternama.

Impian Seorang Guru dan Murid



korean drama 2019, black dog kdrama


Tidak hanya seorang Guru Honorer yang mempunyai mimpi menjadi Guru Tetap, di drama Black Dog ini, kamu akan disuguhkan perjuangan para Murid kelas 3 yang ingin diterima di Universitas Ternama.

Konflik terjadi ketika sekolah membuat kelas akselerasi untuk siswa pintar menjadi kelas Ikarus, sebagian siswa yang tidak lolos seleksi menjadi marah karena merasa sekolah hanya memihak anak pintar saja. Hal ini sempat membuat urusan sekolah menjadi rumit belum lagi tekanan dari pihak orang tua yang merasa sekolah Daechi ini tertinggal dari sekolah lainnya. Tak lupa sedikit gambaran kesenjangan antara anak dari keluarga kaya dan miskin.

Kamu akan melihat perjuangan para siswa yang rela belajar siang hingga tengah malam demi mencapai mimpinya masuk sekolah Kedokteran dan manisnya hubungan Ko Ha Neul dengan beberapa siswa.


Review lainnya:




Miss Hammurabi


Realitas Tentang Nepotisme Di Sekolah


Dunia pendidikan kerap kali dikaitkan dengan adanya tindak KKN (Kolusi, Korupsi dan Nepotisme) itu benar adanya.

Sama saja dengan yang terjadi di negara kita bahwa untuk memilih Guru Honorer kadang kala masih ada sekolah yang memberlakukan Nepotisme alias titipan dari pihak sekolah entah itu anak, sepupu atau saudara. Nah, di drama Black Dog juga ada.

Pada awalnya Ko Ha Neul tertuduh masuk ke Daechi karena koneksi dari sang Paman yang kepentingan merupakan salah satu jajaran petinggi di sekolah tersebut. Ha Neul sampai dimusuhi dan dipandang sebelah mata oleh hampir semua guru di Daechi hingga ia berhasil menunjukkan prestasi bahwa dia murni lewat jalur tes. Ternyata memang ada seorang Guru Honorer yang lulus tes karena rekomendasi yang merupakan keponakan dari Kepala TU Daechi.

Ko Ha Neul yang mengetahui hal tersebut tidak langsung melaporkan ke sekolah, melainkan minta bantuan sang Paman bahwa ketika nanti saat Ujian Guru Tetap, Ha Neul tidak mau Guru tersebut lolos.

Bagaimana Menjadi Sekolah Favorit


Drama ini tidak hanya menyuguhkan hubungan antara Guru dan Murid juga bagaimana perjuangan SMA Daechi yang selama ini menjadi SMA paling rendah dalam tingkat penerimaan siswa ke Perguruan Tinggi.

Ternyata membuat sekolah menjadi Favorit itu tidak mudah. Sumber Daya Manusia yang ada di sekolah yang kadang tidak mendukung, belum lagi tekanan dari orang tua. Bahkan, para Kepala Sekolah harus sering keluar makan bersama demi mendapatkan bocoran informasi dari DInas Pendidikan.


Hubungan Antar Rekan Kerja



black dog, kdrama 2019, korean drama



Drama ini juga menyoroti tentang hubungan Ko Hae Neul dengan rekan kerja lainnya. Awal menjadi Guru, Ha Neul harus dipasangkan dengan Guru paling eksentrik di sekolah yang seenaknya sendiri menyuruh Hae Neul menyusun pembelajaran sesuai keinginan guru tersebut. Ditambah sikap menyebalkan Guru tersebut yang menjelek-jelekkan Hae Neul kepada murid lainnya tapi seiring waktu mereka pada akhirnya saling membantu.

Dalam drama Black Dog, kita akan melihat bagaimana hubungan antara Guru Senior dan Guru Muda yang saling bertengkar memperebutkan tugas penting. Akan ada seorang Guru yang menjilat Guru lainnya demi sebuah kepentingan.


Kesimpulannya:


Drama Black Dog ini layak ditonton terlebih bagi kamu orang tua, para pendidik atau penyuka drama dengan genre pendidikan sebab banyak pengetahuan yang bisa didapat perihal sekolah. Jangan mengharapkan ada adegan percintaan karena semua Guru sedang fokus dengan tugas masing-masing. Hahaha.

Selamat menonton,

2 comments

  1. wah menarik banget nih!!! Coba akan kucari ini serial Black Dog, thank you rekomendasinya!

    ReplyDelete

Kotak Warna | Personal Lifestyle © . Design by Berenica Designs.