(Review) Life On Mars, Antara Khayalan dan Kenyataan

life on mars





“Khayalan Terkadang Lebih Menyenangkan Ketimbang Kenyataan”

Cerita Drama Korea nggak akan pernah ada habisnya. Selalu saja ada drama-drama baru yang menarik untuk ditonton. Padahal genrenya dan plot utamanya sih itu-itu saja tapi tetap Drama Korea selalu memiliki hati di semua ruang para penikmatnya.

Bulan lalu saya pernah membahas tentang drama yang mengulas kehidupan para Hakim. Nah, kali ini saya mau mengulas tentang kisah Detektif Polisi dalam serial drama Life On Mars. Drama ini adalah serial adaptasi dari Amerika dengan judul yang sama yaitu Life On Mars. Sama kayak drama Suits kemarin yang juga diadaptasi dari serial drama di Amerika.

Drama Life On Mars dimulai dari kisah Han Tae Jo (Jung Kyung Ho) yaitu seorang Detektif Kepolisian yang tengah menyelidiki kasus Pembunuhan Berantai. Dalam penyelidikan itu dia mendapatkan sebuah kecelakaan dan terlempat ke tahun 1988, Agar bisa kembali ke tahun depan/sebenarnya dia harus menyelesaikan kasus pembunuhan.

Alasan saya menonton drama ini adalah saya tengah bosan dengan genre romance. Apalagi setelah drama Miss Hammurabi tamat. Kayak nggak ada lagi drama apik yang bisa ditonton. Akhirnya saya mencoba satu episode dari drama Life On Mars setelah lebih dahulu membaca sinopsis.
Nonton drama ini kali pertama mengingatkan saya akan episode pertama dari Drama Tunnel di mana pemeran utamanya tengah mengejar pembunuh berantai dan dia diserang oleh sang pembunuh. Tergeletak dan terbangun berada di dunia yang berbeda. Bedanya kalau dalam serial drama Tunnel, dia terbangun di terowongan dan terlempar ke dunia akan datang. Sebaliknya, di serial drama Life On Mars, sang detektif malah terlempar di dunia lampau.

Berada di dunia lampau membuang Han Tae Jo bingung apalagi rekan kerjanya adalah orang-orang yang aneh ditambah peralatan untuk investigasi saat itu masih terbatas. Sempat membuatnya frustasi dan ingin kembali ke dunianya. Di lain hal, Han Tae Jo mulai sering mendengar bisikan-bisikan tentang keadaannya di masa depan yang kerap kali membuatnya terganggu. Dia bahkan sempat ingin bunuh diri tapi berhasil digagalkan oleh Na Young, opsir Polisi Wanita di tahun lampau.

Lambat laun Han Tae Jo mulai menerima keadaanya dan mulai menjalani kehidupan sehari-harinya selayaknya orang di masa itu. Dia mulai semangat ikut memecahkan kasus-kasus pembunuhan di masa itu yang ternyata membawanya bertemu dengan sang Ayah. Ayah yang amat dipujanya dahulu. Namun, ada hal yang membuatnya sedih mendapati kenyataan bahwa Ayahnya tidak mati karena kecelakaan kerja melainkan dibunuh. Sebuah rahasia yang Tae Jo tidak pernah tahu di masa depan.

Ulasan drama lainya: Drama Heartstring

Bagian yang menarik dari drama ini menurut saya adalah Konflik batin yang dialami Han Tae Jo saat dia bisa kembali ke masa depan. Ternyata dia malah merindukan koleganya di masa lampau. Bagi saya itu sebuah pertempuran batin yang tidak mudah, apakah dia harus hidup di dunia nyata atau kembali ke khayalannya di masa lampau? Pilihan yang sulit.

Dalam drama ini kita juga disuguhkan adegan-adegan yang bisa memancing gelak tawa para polisi di masa lampau yang kagum akan cara kerja Han Tae Jo dan mereka menganggap Tae Jo adalah peramal ketika ada taruhan pertandingan Hoki. Selain itu kisah kekeluargaan mereka bagian yang manis di mana mereka saling melindungi ketika sang Kapten dituduh melakukan kejahatan. Drama yang sarat makna.

Bagi penyuka drama genre detektif, drama ini bisa kalian masukkan ke daftar tontonan.


Selamat menonton,


1 comment

  1. Kalo suka genre thriller, detective coba nonton drama signal, tunnel, sm voice mbak, ga kalah apik sma life on mars ver korea. Btw aq masih sampe ep 8. Hahahaha. Nais riview mbak..

    ReplyDelete