(Review) Miss Hammurabi: Melihat Lebih Dekat Kehidupan Para Hakim

drama korea, miss hammurabi, kotakwarna,com
source: dramafever.com



Holla,

Beberapa hari yang lalu drama kesukaan saya Miss Hammurabi baru saja selesai. Jujur, saya merasa kehilangan karena buat saya drama asal negeri Korea itu memberi kesan yang mendalam setelah menontonnya. Semacam belum bisa move on gitu. 

Saya tidak pernah berencana untuk menonton drama Miss Hammurabi sebelumnya, malah saat itu saya tengah mengikuti Drama Korea Suits yang dibintangi oleh Park Hyun Sik. Saya sudah lama menantikan drama itu tayang karena kehadiran Hyun Sik. Drama terakhir yang diperankan oleh Hyun Sik, Strong Woman Do Bong Son membuat saya makin suka sama aktor asal Korea tersebut. Bisa dihilang Park Hyun Sik masuk dalam jajaran aktor korea favorit saya. 

Hal yang paling menyebalkan saat nonton drama yang tengah tayang di negaranya itu harus bersabar nunggu tiap episodenya karena hanya main seminggu dua kali saja. Untuk mengatasi kebosanan menunggu drama itu tayang lagi, saya mencoba beralih ke drama Miss Hammurabi yang diperankan oleh L (Kim Myungso) dan Go Ara. Apa daya ternyata pesona L lebih membuat saya bertahan dengan drama tersebut, belakangan saya malah tidak menyelesaikan menonton drama Suits lagi. Bye bye Hyun Sik nanti kalau kangen saya tengok lagi deh dirimu. 

Drama Miss Hammurabi ini berkisah tentang Park Chao Reum (Go Ara) yang merupakan Hakim baru yang ditugaskan di Departemen 44 Civil Affair (menangani kasus yang berhubungan dengan masyakarat). Hakim Park adalah hakim percobaan yang masih muda dan cukup vokal (alias sering protes) dalam lingkungan hakim. Dia tidak segan-segan mengkritik atasannya saat menyelesaikan kasus demi memberantas ketidakadilan. Sikap dia yang blak-blakan membuat Hakim Agung dan Hakim Kanan, Im Ba Reum (L) yang bekerja sama sebagai tim dibuat pusing. Tapi tanpa disadari cara kerja Hakim Park membawa perubahan baru di kantor Kejaksaan. 

Drama Miss Hammurabi ini mengingatkan saya akan drama Korea berjudul Romantic Doctor, di mana ada seorang Dokter yang bekerja bukan karena prestasi/uang tapi dia memilih untuk menyelamatkan pasiennya. Inti dari drama keduanya itu adalah sama-sama menginginkan perubahan. Bedanya, di drama Romantic Doctor adalah seorang dokter senior yang ingin mengubah pola pikir dokter-dokter muda tentang tugas dokter sebenarnya. Sedangkan dalam drama Miss Hammurabi ini adalah seorang hakim muda yang ingin mengubah pola pikir dan lingkungan Kejaksaan dalam menangani kasus.

Drama Miss Hammurabi ini agak berbeda dari drama-drama tentang hukum yang pernah saya tonton. Drama lain sejenis lebih menekankan pada kasus tapi dalam dalam Miss Hammurabi, kita akan diajak untuk mengenal sisi lain dari seorang Hakim. Bagaimana pusingnya seorang Hakim dalam membuat keputusan dan juga perasaan para hakim saat memutuskan seseorang itu bersalah atau tidak. 

Dalam setiap episode kita akan disuguhkan berbagai macam kasus yang akan membuat tersentuh. Saya menangis saat Hakim Park harus menangani kasus pelecehan seksual seorang wanita dan kasus tersebut mengingatkan akan dirinya yang pernah dilecehkan. 

Oh iya, dalam drama ini juga ada kisah romantis ala Hakim Park Chao Reum dan Hakim Im Bareum yang manis membuat gemas. Keduanya saling tarik ulur padahal sama-sama suka. Saya suka dengan cara Hakim Im yang selalu menjaga Hakim Park di saat mengalami kesulitan. Dalam drama Ini juga akan ada kisah romantis ala Hakim Bo Wang dan anggota Panitera Do Seok yang membuat drama ini layak untuk ditonton sampai habis. 

Buat yang suka Drama Korea berbau hukum nan romantis, drama Miss Hammurabi ini saya rekomendasikan. 

Ada yang sudah nonton? 


12 comments

  1. Suka banget sama series yang kasi pengetahuan ttg profesi atau detil kehidupan ranah ranah tertentu.. Thanks mb review nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok. Bisa ditonton biar tahu gimana kehidupan para hakim

      Delete
  2. Keren mbak review nya ....

    ReplyDelete
  3. Pemeran nya L infinite,ganteng banget ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kiyowo kalau kata orang korea. L emang menggemaskan

      Delete
  4. Pemerannya L infinite sama Go Ara pasti seruuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan seru lagi tapi gemesin apalagi sama L

      Delete
  5. Saya sudah nonton drama yang satu ini,dan menurut saya sih bagus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah. Iya bagus dan berkesan buat saya

      Delete
  6. Perlu dicoba nonton nih,sebelumnya saya sudah nonton drakor Suits :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya suits malah belum kelar mba. Buat pecinta drama hukum bisa tonton ini

      Delete