Tips Ngemall Asyik Dengan Uang Terbatas

Sunday, January 26, 2020


tips ngemall asyik dengan uang terbatas

Ngemall Tetap Asyik Dengan Uang Terbatas



Seorang teman pernah berkata bahwa dia nggak bisa pergi ke mall jika hanya punya uang 500 rb. Bagi dia pergi ke mall itu membutuhkan pengeluaran besar, paling tidak kamu harus bawa di atas satu juta rupiah.

Itulah salah satu alasan dia kenapa tidak mau diajak ke mall kalau hanya punya uang terbatas.

Memang sih saya kalau ke mall biasanya sendirian sehingga masih bisa menekan keinginan buat borong sesuatu sedangkan teman saya seringkali datang bersama keluarga. Bawa anak kecil ke mall itu godaannya selalu ada serta kudu ada persiapan karena ada kalanya mereka merengek minta sesuatu.

Sebenarnya bisa nggak sih kita ke mall dengan pengeluaran terbatas?

Bisa.


Tetapkan Tujuan Ke Mall, Sehingga Kamu Bisa Atur Budget




tips ngemall asyik dengan uang terbatas



Hal yang paling mendasar kamu ke mall itu mau apa? Belanja, hang out sama teman atau sekedar cuci mata.

Kenapa ini penting, sebab di sinilah kita belajar untuk membuat batasan duit yang akan kita bawa sebelumnya. Kalau kamu ingin belanja, maka bikin list apa saja yang ingin dibeli dan berapa kira-kira uang yang dibutuhkan untuk belanja.

Begitu juga jika kamu hanya ingin sekedar hang out atau cuci mata. Pastikan uang yang kamu bawa juga termasuk dengan ongkos pulang pergi ya.


Siapkan Duit Sesuai Kebutuhan



tips ngemall asyik dengan uang terbatas


Kalau sudah tetapkan tujuan ke mall, kamu bisa mulai menyiapkan kira-kira harus bawa berapa, apakah nantinya akan ada sesuatu yang dibeli? Persiapkan sesuai kebutuhan saja.

Contohnya: mau makan sama teman. Bawa sekitar 100 ribu. Lalu, untuk cadangan kebutuhan mendadak kamu bisa bawa uang tambahan sebesar seratus ribu rupiah. Total ada Rp. 200.000 di dompetmu. Jangan lupa sisakan untuk ongkos pergi dan pulang.

Gunakanlah dengan bijak ya.


Tinggalkan Kartu ATM/Kartu Kredit Di Rumah



tips ngemall asyik dengan uang terbatas


Supaya nggak kalap saat ngemall nanti, ada baiknya kamu nggak usah bawa kartu ATM apalagi Kartu Kredit. Nanti giliran uang cashnya habis malah asyik mau gesek sana-sini.

Alhasil malah semakin boros karena menurut saya Psikologis saat mau gesek sama bayar pakai uang langsung itu beda sekali. Jika pakai uang, rasanya berat banget mau bayar sekian rupiah, beda lagi kalau bayar pakai kartu. Berasa nggak ada beban, tahu-tahu tagihan atau saldo menipis.

Mending, si kartu suruh bobok cantik dulu deh di rumah.


Ajak Teman yang Tidak Suka Berbelanja



tips ngemall asyik dengan uang terbatas



Jika kamu tipe orang yang mudah tergoda dengan barang-barang lucu di pusat perbelanjaan, ada baiknya cari pasangan ngemall yang berkebalikan alias nggak doyan belanja.

Di kala hasratmu menggebu, maka temanmu akan meredam keinginanmu jika perlu cari yang bawel dan galak ya. Biar kamu nggak menghabiskan banyak uang.

Saya adalah tipe yang nggak terlalu suka belanja. Ketika teman pulang bawa tentengan, saya mah santai saja selama tidak membutuhkannya. Buat yang mau ngajak saya belanja boleh banget, asal jangan lupa belikan saya jajan.


Jangan Lupa Berdoa




tips ngemall asyik dengan uang terbatas


Terakhir, jangan lupa berdoa sebelum masuk ke Mall. Di Mall, tuyulnya berwujud cewek cantik dan cowok cakep yang siap membawa uangmu tapi kamu bahagia.

Eh tapi beneran loh, menurut agama yang saya anut pusat jual beli seperti pasar dan pusat perbelanjaan itu merupakan tempat yang sering didatangi oleh bangsa jin. Mangkanya sebagai orang muslim disunnahkan membaca Basmalah ketika pergi ke pasar atau Mall. Supaya terhindar dari gangguan jin dan tidak kalap untuk menghabiskan uang.

Meskipun nggak punya banyak uang, kamu masih bisa kok havung fun  di mall. Nggak percaya? Coba saja tips di atas.

Selamat bersenang-senang

2 comments

  1. Iya sih, kalo ke mall bawa anak itu aduhhh... Mau nggak mau harus siap uang, biasanya ada anak yang bisa dikasih tau,jadi insya Allah aman dompet. Tapi kalo tipikal anak yang sulit dikasih tau, yaa mau nggak mau nurutin.

    Aku jarang banget ngemall,tapi sejak pindah ke Jawa, lumayanlah nggak sering sih.. Paling beli sepatu, baju.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kudu pintar-pintar kalau bawa anak ke mall. Takutnya ada yang tantrum

      Delete

Kotak Warna | Personal Lifestyle © . Design by Berenica Designs.