Kotak Warna| Personal Lifestyle

a Personal Lifestyle Blog

Begini, Cara Menanak Nasi Di Kompor

cara menanak nasi di kompor, rice bowl


Menanak Nasi Di Kompor


Mengolah beras menjadi nasi menggunakan kompor memang tidak semudah menggunakan penanak nasi elektronik yang tinggal cuci beras, lalu masukan ke dalam penanak nasi. Tekan tombol masak dan kamu bisa melakukan aktivitas lainnya tanpa takut nasi gosong.

Beda dengan menggunakan kompor yang membutuhkan serangkaian proses lebih panjang dan pastinya tidak lupa mematikan kompor supaya nasi tidak menjadi gosong. Cara yang lebih rumit itu menurut saya hasilnya sepadan. Nasi yang dihasilkan terasa lebih enak dan pulen dan lebih tahan lama.

Bisa dibilang, sebagai makanan pokok, nasi itu memegang peranan penting dalam menaikkan selera makan. Tekstur nasi yang pas akan terasa nikmat meski hanya disantap dengan lauk tahu dan kecap. Rasanya tiada tara.

Tak heran banyak orang yang menyukai nasi karena cocok dengan disandingkan dengan berbagai masakan, baik berkuah atau kering. Semua bisa.


Menanak Nasi yang Benar Itu Butuh Langkah


Untuk mendapatkan tekstur nasi yang tepat diperlukan cara yang lumayan panjang dan tentunya tidak langsung sukses. Saya butuh beberapa kali percobaan sehingga bisa mengukus nasi dengan tepat. Pun ketika menggunakan Magic Com.

Langkah dasarnya sebenarnya hampir sama dengan ketika kita menanak nasi di Magic Com hanya saja perbedaannya ketika nasi harus dimasak di panci terlebih dahulu sebelum dikukus dengan dandang/steamer. Mungkin langkah ini yang dinilai agak menyulitkan untuk sebagian orang. Menambah waktu kalau kata orang sibuk.


Takar dan Cuci Beras Hingga Bersih


Langkah pertama yang harus dilakukan adalah takar beras dengan tepat. Di rumah saya biasanya menggunakan gelas ukur atau mangkok kecil. Sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga di rumah. Lalu, cuci beras hingga bersih dan tiriskan.

Menanak Nasi Di Panci Hingga Setengah Matang


Masukkan beras ke dalam panci kemudian beri air sesuai dengan ukuran. Perhatikan juga jenis beras yang dipakai. Beberapa beras ada yang menyukai air dan tidak.

Orang tua kita menggunakan telapak tangan untuk mengukur jumlah air yang akan dipakai. Patokannya pada dua ruas jari tangan. Jika tidak sesuai akan membuat nasi terlalu kering maupun lembek.

Jika ukuran air sudah sesuai, nyalakan kompor lalu masak hingga air menyusut (aduk sesekali supaya bagian bawah tidak lengket) dan nasi setengah matang (masih menyerupai beras).

Pada langkah ini, kamu bisa mulai memanaskan dandang/steamer yang sudah diisi air, jangan sampai melewati batas penyaringan (di bawahnya).

Pindah Nasi Setengah Matang ke Panci Penanak


Masukkan nasi setengah matang ke dalam panci penanak sampai habis, kemudian tutup panci dan tunggu hingga 10-15 menit hingga nasi matang dengan sempurna. Sesekali boleh dibuka untuk memastikan tekstur nasi sudah sesuai dengan yang diinginkan.

Pada bagian ini jangan lupa mematikan kompor supaya terhindar dari gosong.

Mudah, bukan?

Menanak nasi di kompor ini amat membantu jika berada dalam keadaan darurat alias mati lampu. Bisa juga ketika ada acara hajatan di rumah, sebab dandang memiliki berbagai macam ukuran dan kapasitas sehingga lebih hemat ketimbang harus beberapa kali memasak menggunakan penanak nasi elektronik.

Oh iya, kualitas beras yang kamu pakai juga amat menentukan apakah rasa nasinya enak, wangi dan pulen.

Selamat mencoba.

Comments

  1. Aku sering lihat ibuku masak nasi pakai kompor, kalo lagi ada acara kenduren atau slametan. Pernah nyoba sekali waktu tinggal di Batam, alhamdulillah sukses. Nggak gosong hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lagi kenduren memang paling asyik masak nasi pakai kompor. lebih awet

      Delete
  2. Terimakasih atas saran nya saya mau coba dulu moga berhasil hihi

    ReplyDelete

Post a Comment

Know the News