Bagaimana ‘Me Time’ Ala Blogger


me time ala blogger, flatlay


'Me Time' Ala Blogger


Kala itu, sebelum blog menjadi lahan pekerjaan. Menulis blog merupakan kegiatan ‘me time’ yang paling menyenangkan. Saya bisa menumpahkan segala perasaan melalui tulisan di blog. Mau itu sedih, senang, kecewa atau bahkan sedang patah hati.

Menulis blog banyak membantu saya bertumbuh, bagaimana saya membangun diri lewat tulisan. Sesibuk apapun saya saat itu, menulis blog tidak boleh dilewatkan.

Semenjak, saya mulai menjadikan blog ini menjadi ladang pencaharian. Saya belajar untuk menyaring tulisan-tulisan yang akan dibagikan untuk pembaca. Tidak lagi sebebas dulu yang menulis hanya untuk sekadar menumpahkan kekesalan. Tidak lagi menjadi blog seolah-olah buku harian.

Hal ini kadang membuat saya jenuh. Merasa dibatasi. Bahkan, ada saatnya saya ingin berhenti menulis. Namun, kecintaan saya terhadap dunia literasi ternyata lebih besar daripada keinginan pribadi.

Biasanya ketika jenuh menulis, saya melakukan hal-hal yang sekiranya bisa membangkitkan kembali keinginan untuk memperbarui tulisan di blog.

Memotret

Di kala jenuh dengan yang berhubungan dengan blog, biasanya saya memilih untuk memotret. Entah itu memotret produk ala flatlay atau mengambil gambar secara acak, mengikuti suasana hati dan mata yang mencari objek tepat untuk dibidik.

Selain membantu menetralkan suasana hati, memotret bisa memantik banyak ide bahkan foto-foto yang diambil bisa dipakai untuk keperluan blog dan media sosial.

Buka Pinterest, Instagram

Rasanya hampir setiap hari saya membuka kedua aplikasi ini, bisa dibilang merupakan aplikasi yang paling sering dibuka.

Kedua aplikasi tersebut merupakan sumber ide yang amat membantu kalau saya tengah kebingungan membuat konten. Jika di Instagram saya bisa mencari referensi foto-foto untuk konten maka Pinterest menyediakan lebih lengkap. Tidak hanya berupa foto, namun juga artikel-artikel menarik untuk dibaca.

Biasanya setelah berselancar di pinterest, keinginan saya untuk kembali menulis terpancing.

Membaca Buku

Saya tidak menulis blog setiap hari, sebagian waktu saya gunakan untuk membaca buku. Dengan catatan, jika sedang tidak malas. Seringnya saya membaca novel, menenggelamkan diri dalam rangkaian kata penulis kesukaan.

Membaca buku membantu saya untuk lebih memahami kalimat, mengajarkan saya banyak kosakata baru yang amat membantu dalam menulis blog. Tidak hanya seorang penulis yang harus banyak membaca, blogger juga dong. Biar tulisannya lebih bagus dan diterima para pembaca dengan mudah.

Menonton Film

Berhubung saya penggemar drama korea, tontonan saya pasti nggak jauh-jauh dari serial drama korea. Hari-hari saya dipenuhi setiap episode drama dari negeri gingseng ini. Terkadang, membuat saya malas untuk melakukan aktifitas lainnya.

Ssst, jangan ditiru ya. Untung menghalangi kecanduan, saya sekarang lebih senang menonton drama yang tengah tayang. Paling sehari nonton 2-4 eps aja. Sisanya melakukan aktivitas lainnya.

Nongkrong Dengan Sesama Blogger

Aktivitas ‘me time’ ala para blogger ya nggak jauh-jauh dari komunitas. Entah seminggu/sebulan sekali, saya dan teman-teman seprofesi sering nongkrong bareng. Niatnya sih ingin buat konten tapi ujung-ujungnya membahas hal-hal yang unfaedah. Wkwwk

Eh, jangan salah. Bertemu dengan sesama blogger itu bisa meningkatkan keinginan untuk menulis kembali. Apalagi kalau ada yang pamer trafik blog yang lumayang gede. Bikin baper dan terpacu untuk bisa seperti mereka.

Memiliki lingkungan yang mendukung itu bukan untuk saling berkompetisi, namun lebih ke arah kolaborasi. Sehingga setiap teman bertumbuh bersama. Tenang aja, selain obrolan unfaedah tadi, kami sering kok membahas topik yang berhubungan dengan blog, bahkan beberapa dari mereka sering membagi tips supaya bisa sekeren mereka.

Well, memang ada kala saya merasa jenuh dengan dunia blogger yang semakin dibilang ‘susah’ namun dibalik itu semua selalu ada jalan untuk kembali pulang dan menulis untuk pembaca setia.

Me time ala kamu apa? Boleh dong share

3 comments

  1. Kalau saya me time nya dengan keluarga saja deh hihi. Sama si kecil hii

    ReplyDelete
  2. Wah memang dengan membaca buku itu, terkadang juga membuat kita mendapatkan ide juga

    ReplyDelete
  3. Nonton drakor nih hihi. Biasanya saya melakukan hal itu untuk me time hihi

    ReplyDelete