(Review) Emina Sun Protection Untuk Kulit Berminyak

Emina-Sun-Protection-untuk-kulit-berminyak

Emina Sun Protection SPF30 PA+++ Untuk Kulit Berminyak

Bisa dibilang saya agak terlambat mengunakan yang yang namanya tabir surya. Cuek gitu karena merasa kulit wajah saya baik-baik saja, sampai seorang Dokter dari sebuah klinik kecantikan menyampaikan fakta bahwa saya mengalami tanda-tanda penuaan dini. Ternyata semua itu akibat dari saya malas menggunakan sunscreen

Jleb, saya tertohok. Kirain keadaan kulit wajah saya baik-baik saja. Ternyata tidak. Ada beberapa titik di daerah pipi yang mengalami perubahan warna dan tumbuhnya kutil di pipi dan leher. Menyedihkan.

Hal itu mendorong saya untuk lebih lagi memperhatikan keadaan kulit terutama wajah. Bagaimanapun itu adalah pemberian Allah yang harus dijaga. Saya mulai mencari-cari produk sunblock yang kiranya cocok untuk kulit berminyak plus sensitif.

Dari hasil membaca ulasan di blog dan kanal youtube. Banyak yang merekomendasikan Emina Sun Protection SPF 30 PA+++. Produk lokal tapi memiliki kemampuan yang mumpuni. Apalagi katanya bisa dipakai pada kulit sensitif.

Hmmm. Makin penasaran deh untuk mencobanya. 

Sebelum membahas lebih jauh soal produk sun protectionnya Emina. Saya mau bahas sedikit tentang apa sih Sunscreen itu.
Sunscreen adalah produk dengan kombinasi kandungan bahan-bahan yang membantu mencegah radiasi Sinar UV Matahari untuk sampai ke kulit.

Sunscreen berdasarkan kandungannya terdiri dari dua macam yaitu: physical dan chemical. Chemical Sunscreen memiliki kemampuan untuk menyerap sinar matahari sedangkan Physical Sunscreen bekerja dengan menghalangi sinar matahari.

Bahan utama antara Chemical dan Physical juga berbeda. Chemical Sunscreen biasanya memiliki kandungan utama Aminobenzoic acid, Avobenzone, Cinoxate, Dioxybenzone serta bahan kandungan lainnya. Kalau Physical Sunscreen memiliki kandungan Zinc dan Titanium sebagai filter UV.

Mau lebih tahu banyak soal Sunscreen: Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Manfaat Penggunaan Sunscreen:


Sinar matahari yang bermanfaat untuk semua makhluk hidup di dunia ini ternyata juga memiliki dampak yang cukup berbahaya untuk kulit. Dengan menggunakan produk sun protection, kita bisa melindungi kulit dari bahaya sinar radiasi matahari seperti kulit terbakar dan penuaan dini. Selain itu, penggunaan tirai surya akan mengurangi resiko kanker kulit.

Perlu diingat, menggunakan sunscreen bukan berarti kita bisa berlama-lama di bawah sinar matahari karena tidak semua radiasi dari sinar matahari yang bisa dilawan oleh sunscreen.

Kemasan


Emina-Sun-Protection-Untuk-kulit-berminyak


Target dari produk Emina adalah Remaja. Nggak salah kalau kemasannya juga memiliki kesan ceria dan eye catching. Didominasi warna putih dan sentuhan warna oranye dan abu-abu. Menambah kesan ceria.

Pada bagian depan, kamu bisa menemukan nama produk dan keterangan tentang produk. Kemasan belakangnya berbicara tentang kandungan, cara pakai, produksi, tanggal kedaluarsa, dll.


Seal Pengaman saat baru beli


Jika mau tahu tanggal kedalursa produk, kamu bisa menemukannya di pojok atas bagian belakang.

Dikemas dalam bentuk tube ukuran 60 ml, cukup mungil untuk bisa dibawa bepergian kemana-mana dan pas digenggaman tangan. Tutupnya berupa flip flop yang harus selalu dipastikan dalam keadaan rapat. Mencegah kebocoran/tumpah.

Kandungan

Emina-Sun-protection-untuk-kulit-berminyak

Aqua, Ethanol, Ethylhexyl, Methoxycinnamate, Glyceryl Stearte, Diethylamino, Hydroxbenzoyl Hexyl Benzoate, Dimethicone, Butylene Glycol, Phenoxyethanol, Triethanolamine, Propylene Glycol, Panthenol, Polyvinyl Alcohol, Aloe Barbadensis (Aloe Vera) Leaf Extract, Arcylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Fragrance, Hydrolyzed Wheat Protein/PVP Crosspolymer, BHT, Disodium EDTA, Ethyhexylglycerin, Xanthan Gum, Potassium Sorbate, EDTA, Sodium Benzoate.

Tekstur dan Aroma:



Emina Sun protection untuk kulit berminyak
Warnanya agak sedikit kekuningan


Tekstur dari Emina Sun Protection ini sedikit cair, menyerupai lotion. Kalau tidak hati-hati ketika mengeluarkan kemasan bisa menyebabkan berantakan. 

Agak sedikit white cast ketika kali pertama dioles ke kulit tapi perlahan menghilang dan cepat meresap ke kulit dan agak terasa sejuk di kulit.

Aromanya dominan seperti bau kulit jeruk dan agak sedikit menyengat karena ada kandungan alkoholnya cukup tinggi.

Cara Penggunaan:


emina sun protection untuk kulit berminyak
Botol Flip Flop rawan tumpah

Cara yang benar dalam menggunakan sunscreen adalah dioleskan pada wajah dan leher 15 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Meskipun menggunakan sunscreen bukan berarti kita bisa berlama-lama terkena sinar matahari. 

Ulangi pasang tiap 2 jam sekali jika ingin bepergian ke luar rumah dalam jangka waktu lama. 

Reaksi Selama Pemakaian:

Saya memakai produk ini sudah hampir 6 bulanan dan masuk ke pemakaian botol ke-2. Alhamdulillah tidak ada reaksi yang berlebihan saat memakai produk ini, kulit saya tidak mengalami iritasi/kemerahan dan kering atau bahkan break out. Padahal kandungan alkohol dari produk ini.

Entahlah, padahal kulit saya selain berminyak juga cukup sensitif. Anehnya malah baik-baik saja menggunakan produk dengan kandungan alkohol yang lumayan tinggi. 

Setelah beberapa bulan pemakaian produk ini, saya merasa kulit saya lembab dan kutil di daerah pipi tidak terlalu terekspos/terlihat seperti sebelum rajin menggunakannya.

Yang saya sukai dari produk ini adalah ringan dan cepat menyerap ke kulit. Memang agak membuat kulit saya yang berminyak lebih oily setelah beberapa jam pemakaian tapi bisa dikurangi dengan pemakaian bedak tabur.

Oh iya, olesnya jangan sampai dekat daerah mata karena jika terkena keringat dan masuk ke mata, rasanya perih, Jendral.


Kesimpulan:

Secara keseluruhan produk Emina Sun Protection ini cocok untuk kulit saya yang berminyak dan sensitif. Belum ada masalah serius yang terjadi di kulit akibat penggunaan produk ini.

Bisa dibilang Produk Sunscreen milik Emina ini memiliki kandungan yang lengkap sebagai Sunscreen yang memiliki manfaat broad spectrum. Kandungan SPFnya merupakan filter untuk radiasi UV B sedangkan PAnya berguna untuk melawan sinar UV A. Dan kedua fungsi ini bisa ditemui di produk lokal dengan harga terjangkau. 

But, sekali lagi yah yang namanya pemakaian produk kecantikan itu bergantung pada jenis kulit masing-masing. Bisa saja produk ini tidak cocok untuk kamu.

So far, saya suka dan akan membeli produk ini lagi. Harganya terjangkau sekitar Rp. 27500. 

Murah, kan?

Yuk, lindungi kulitmu dari pengaruh buruk sinar matahari.

8 comments

  1. wah boleh di coba nih. kebetulan wajah saya tipe wajah yang berminyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba saja mba, siapa tahu cocok untuk kulitnya. So far, kulitku yang berminyak dan sensitif tidak bermasalah

      Delete
  2. aku belum cobain sun protectionya punya emina, jadi penasaran pengen cobain <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo dicoba mba. Harganya cukup terjangkau tapi agak sulit juga dicari belakangan ini

      Delete
  3. Hai Tikha, ini sunscreen andalanku juga lho. sesuka itu sampai lupa udah berapa kemasan yang aku abisin hehe. Pakai sunscreen tuh emang penting banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sunscreen jadi benda penting yang harus dibawa kemana-mana

      Delete
  4. aku jg termasuk telat mba pakai sunscreen. pelembab, serum, eye cream, night crem rutin dipake, ehhh tp sunscreen baru mulai setahunan ini -_-. akibatnya di pipi muncul dark spot. makanya sjk itu, aku pake sunscreen kalo keluar. ga pgn dark spotnya nambah banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, sama mba telat banget sampai muncul darkspot sama tanda-tanda aging

      Delete