Serat Budoyo: Kaum Muda Juga Bisa Bergaya Dengan Batik


serat budoyo, batik



Serat Budoyo: Kaum Muda Juga Bisa Bergaya Dengan Batik- Batik sekarang bukan lagi pakaian yang hanya dikenakan oleh kaum ‘tua’ saja  tapi tren batik yang ada mulai menyasar kaum muda. Bisa kita lihat di beberapa pusat perbelanjaan yang mulai menjual pakaian yang terbuat dari bahan batik di mana model-modelnya disesuaikan dengan gaya khas anak muda masa kini.  Ini menjadi tanda bahwa batik mulai digemari oleh kaum muda.

Salah satu orang yang memiliki ketertarikan dengan batik adalah Herma Prabayanti, perempuan asli Surabaya ini jatuh cinta dengan dunia batik. Kecintaannya pada dunia batik menghasilkan sebuah karya yang diberi nama Serat Budoyo.

Untuk mengenalkan kaum muda akan batik, bersama dua rekannya yang memiliki minat yang sama untuk mengangkat potensi Keindahan Indonesia yaitu Alkhair dan Kalyana, Serat Budoyo mengadakan pagelaran yang bertajuk Indonesian Heritage


Melalui Pagelaran yang mengangkat tentang potensi warisan budaya indonesia ini diharapkan bisa mengedukasi masyarakat tentang pentingnya melestarikan budaya bangsa yaitu dengan menggunakan produk-produk Indonesia dan juga mengenalkan kepada kaum muda bahwa batik itu bisa digunakan oleh semua kalangan usia.

Acara yang diadakan di One Icon Residence ini dimulai dengan Acara Fashion Show. Pagelaran busana ini tidak hanya menampilkan karya-karya pakaian dari Serat Budoyo tapi juga semua model menggunakan aksesoris dari Alkhair dan Kalyana.
 
fashion show serat budoyo
Fashion Show
Dalam pagelaran busana ini, ada dua model pakaian yang ditampilkan oleh Serat Budoyo yaitu kombinasi kebaya untuk atasan dan bawahan batik. Model lainnya adalah kombinasi kain tenun dan brokat menjadi kesatuan. Kedua model ini yang disukai oleh para kaum muda karena nggak ribet tapi tetap bisa tampil gaya dengan batik.  Tahu sendiri, kan. Kalau kaum muda lebih suka potongan baju yang sederhana tapi tetap menawan saat dikenakan. Warna-warna yang dipilih pun warna ceria, khas kaum muda.


koleksi pakaian serat budoyo
Perpaduan Brokat dan batik


koleksi serat budoyo
koleksi serat budoyo

Selain pagelaran busana, di acara ini para tamu undangan bisa mencoba mencanting batik. Saya sendiri kemarin nggak berani mencoba karena takut bleber. Nggak tahu kenapa saya selalu pesimis kalau berhubungan dengan menggambar atau berbau seni. Dan, di sini juga kita bisa melihat-lihat produk dari Alkhair, Serat Budoyo lainnya dan juga Kalyana.

serat budoyo, membatik
Mari Membatik

Yang menarik di acara ini, menu makanan yang disajikan juga menyajikan jajanan pasar dan kuliner khas Jawa Timuran yang memanjakan lidah. Oh iya, semua tamu undangan juga menggunakan pakaian batik. Acara yang benar-benar kental dengan budaya, menyenangkan buat saya.

Buat yang penasaran tentang Serat Budoyo lebih jauh bisa pantengin Ignya @seratbudoyo. Siapa tahu ada pilihan yang cocok untuk kalian.

Salam,


  

2 comments