Kotak Warna: Batik: Nilai Kearifan Lokal yang Mendunia

Friday, February 19, 2016

Batik: Nilai Kearifan Lokal yang Mendunia





Batik: Nilai Kearifan Lokal yang mendunia. Dahulu, mengenakan batik identik dengan orang tua. Coba kita ingat nenek kita yang biasa menggunakan jarit yang terbuat dari batik atau orangtua kita yang kerapkali memakai batik untuk menghadiri acara resmi.
Kuno dan Formal.

Itulah kesan yang kita dapat  saat mengenakan baju batik.  Seakan-akan kata santai itu menguap begitu kita pergi ke acara menggunakan pakaian batik. Alasan inilah yang kerap kali membuat generasi muda enggan mengenakan batik.  

Dewasa ini batik mulai menunjukkan geliatnya. Tidak hanya di dalam negeri, perlahan batik mulai menjamah dunia manca negara. Lihat saja mulai banyak desainer-desainer luar negeri yang mengkombinasikan kain batik menjadi pakaian yang luar biasa.

Generasi muda yang dulu meninggalkan batik. Perlahan mulai melirik pakaian batik. Kesan tua dan formal pelan-pelan mulai ditanggalkan. Mengenakan batik tidak hanya saat-saat acara resmi, bahkan beberapa generasi muda menggunakannya pada acara-acara santai. Pilihan modelnya pun tidak lagi monoton seperti dulu.  Mengikuti eranya perkembangan jaman yang ada

Motif unik dan warna-warna menyala biasanya lebih disukai oleh anak muda. Sedangkan kaum dewasa menyukai batik dengan warna-warna gelap dan motif yang lebih sederhana.

Kepopuleran membuat para penggeliat batik terus mengembangkan ide-ide kreatif supaya batik lebih terkenal lagi. Salah satunya jual baju batik melalui online shopping. Di era digital ini, Online Shopping menjadi angin segara bagi para penjual. Tak usah lagi yang namanya repot-repot mencari pembeli. Tinggal foto dan posting barang dagangan kita, lantas memilih media sosial apa yang akan digunakan. Dalam hitungan detik, barang dagangan kita dapat dilihat oleh jutaan orang di dunia.

Bagi orang-orang dengan kesibukan yang tinggi, Online Shopping menjadi jembatan bagi para pembeli dengan penjual tanpa harus berkeringat, macet di jalan atau berdebat dengan penjual karena tawar-menawar harga. Cukup dengan gawai yang kamu miliki.  Tinggal kamu ketik ‘kata kuncinya’ dalam sekejap mata layar akan menampilkan barang-barang yang kamu inginkan. Harga baju batik yang ditawarkan cukup beragam tergantung keinginanmu.

Misalnya: Saat saya ingin mencari hadiah untuk papa saya minggu lalu. Kebetulan papi juga penggemar kemeja batik lengan panjang. Berhubung lagi banyak kerjaan dan malas pergi ke mall.  Jadi, saya memutuskan membelinya melalui online. 

Di halaman google kamu bisa ketik ‘baju batik lengan panjang.’ Voila! kamu akan menemukan banyak situs yang menyediakan baju batik dengan berbagai macam pilihan, ukuran dan bahan yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk lebih jeli dalam memilih toko online yang terpercaya.

Jangan pernah malu untuk mengenakan batik. Kalau bukan kita yang menjaga tradisi lantas siapa lagi yang akan merawat nilai-nilai budaya yang ada di Indonesia. 

Mari kita tunjukkan pada dunia bahwa Batik adalah Kekayaan Budaya Indonesia yang bertahan sepanjang masa.

No comments:

Post a Comment