Membuat Es Cendol Pakai Sasa Santan Kelapa

Sasa, Santan, Kelapa, Kreasi, Masakan, Resep
Siapa Mau?


Sasa adalah salah satu pabrik bumbu di tanah air yang mendapatkan kepercayaan dari publik yang menyediakan bumbu-bumbu dapur berkualitas. Setelah beberapa kali mengeluarkan produk bumbu sachet, kini akhirnya Sasa hadir dengan produk baru mereka bernama Sasa Santan Kelapa. Ya produk baru ini adalah produk santan kemasan yang diolah dengan teknologi modern sehingga menghasilkan santan yang berkualitas. Kali ini saya akan menggunakan Sasa Santan Kelapa untuk membuat es cendol. 

Es cendol merupakan sajian minuman yang pas disajikan kala siang hari yang teriak akan matahari. Rasa manis dan segarnya es cendol mengurangi dahaga kehausan karena terkena panasnya sinar matahari. Apalagi jika es cendol tepung beras, semakin nikmat saja rasanya karena lebih kenyal dibanding es cendol biasanya. Perpaduan antara ras cendol yang kenyal, manisnya gula merah, ditambah rasa khas Sasa Santan kelapa berpadu dengan dinginya es, menjadikan siang hari jadi makin nikmat dan sejuk. 
Resep Lainnya: Spaghetti Creamy Bologneise


Cara Membuat Es Cendol

Sebenarnya cara membuat es cendol itu sangatlah mudah, dan kamu bisa membuat sajian minuman ini sendiri di rumah. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat es cendol juga relatif singkat, hanya saja bahan-bahan yang diperlukan biasanya agak susah di cari. Berikut ini resep masakan untuk membuat es cendol tepung beras yang menjadi teman penghilang dahaga :

Bahan utama pembuatan es cendol tepung beras ini terdiri dari: 

100 gram tepung beras
50 gram tepung sagu
350 ml air bersih (1 ¼ gelas belimbing)
2 sendok makan air kapur sirih
50 ml air perasan daun suji
air es secukupnya
es batu serut secukupnya

Bahan untuk sirup es cendol tepung beras : 


200 gram gula merah 
Sasa Santan Kelapa 
150 ml air bersih (¼ gelas) 


Cara pembuatan es cendol tepung beras :

1. Campur tepung beras dan tepung sagu, aduk merata baru ditambah air.

2. Rebus air, air perasan daun suji, air kapur sirih, dan sedikit garam lalu didihkan hingga mendidih.

3. Lalu campuran tepung tadi, diaduk dengan air hingga mengental.

4. Kemudian sediakan air dingin dalam baskom dan siapkan ayakan cendol diatas baskom tersebut. 

5. Tuang olahan cendol yang masih panas ke atas ayakan cendol sembari anda tekan-tekan hingga membentuk memanjang seperti bentuk cendol pada umumnya, lalu tiriskan.

6. Kemudian rebus santan dan rebus bahan untuk sirup meliputi air dan gula merah.

7. Setelah semuanya matang siap disajikan.

8. Penyajian : ambil cendol masukkan ke gelas, tambahkan gula merah cair sesuai selera dan siram dengan air santan yang telah direbus dan jangan lupa beri es serut. Jika kamu tidak suka gula merah, kamu bisa menggunakan sirup rasa frambosia. 

9. Kamu bisa menambahkan tape ketan ijo pada penyajian es cendol tepung beras ini (tergantung selera)

Sebenarnya selain menggunakan Sasa Santan Kelapa, kita juga bisa membuat es cendol denga menggunakan santan yang langsung diperat dari parutan kelapa. Hanya saja bila menggunakan cara seperti ini akan memakan waktu cukup lama dan sangat ribet. berbeda bila menggunakan Sasa Santan Kelapa.

Lagi pula, Sasa Santan Kelapa memiliki aroma dan rasa yang sama dengan santan yang baru diperas. Aroma dan rasa se-segar kelapa yang langsung diperas sehingga ia bisa digunakan untuk segala jenis masakan, baik itu minuman maupun makanan. Terlebih lagi, Sasa Santan Kelapa itu tanpa pengawet. 

Dengan adanya Sasa Santan, Aslinya Santan ini membuat saya nggak sabar mencoba kreasi masakan bersantan lainnya. Kamu harus coba juga ya.

Salam,






6 comments

  1. Besok coba bikin deh. :D

    ReplyDelete
  2. praktis banget yaa santan instan ini

    ReplyDelete
  3. santan kelapa yang sachet begini memang beda, selain praktis juga rasanya nggak mengecewakan. Daripada harus beli ke pasar secara manual lebih baik langsung beli ke supermarket :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Santab kelapa instan cocok buat yang males marut dan tinggal tuang

      Delete