Bagaimana Cara Mengembangkan Hobi Menjadi Peluang Pekerjaan?

 

cara mengembangkan hobi menjadi pekerjaana

“Kak, bagaimana cara menghasilkan uang lewat hobi?”

Pertanyaan-pertanyaan ini selalu masuk di inbox setiap kali saya membahas tentang pekerjaan sebagai blogger.

Di antara mereka yang bertanya sebagian besar orang awam yang tidak paham dengan pekerjaan-pekerjaan yang terdengar asing di telinga mereka, seperti penulis, pekerja konten, konten kreator, influencer, dll.

Bagi mereka pekerjaan itu ya kerja di kantor dari jam 8 pagi hingga 4 sore, atau yang sudah jelas seperti PNS, Dokter, dll. Padahal ya, dengan adanya perkembangan zaman yang semakin canggih, semakin banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan. Sebab teknologi yang sekarang sangat memungkin bagi seseorang untuk bekerja dari mana saja.

Pekerjaan yang Bisa Dihasilkan Lewat Hobi



Hobi yang kita tekuni sebagai salah satu cara untuk mengurangi stress, siapa sangka bisa memberikan sebuah peluang pekerjaan jika ditekuni dengan profesional. Sebagai contoh penulis.

Berawal dari ketertarikan seseorang dengan dunia tulis menulis, tanpa disadari membuka peluang bagi orang tersebut untuk mendapatkan penghasilan dari menulis. Ada banyak pekerjaan yang sekarang populer berkaitan dengan dunia menulis, seperti penulis fiksi, penulis non fiksi, editor, penulis konten, blogger, penulis iklan, wartawan, dll.

Pekerjaan lainnya yang berasal dari sebuah hobi yang sekarang juga populer adalah memasak. Salah satu skill untuk bertahan hidup ini ternyata bisa menjadi sebuah peluang pekerjaan jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Ada banyak pekerjaan yang dihasilkan dari skill memasak, contoh: koki, food blogger, pengkritik makanan, pengulas makanan, pengusaha makanan, dll.

Dan, masih banyak lagi pekerjaan-pekerjaan lainnya yang berasal dari sebuah hobi.

Bagaimana Cara Mengembangkan Hobi Menjadi Peluang Pekerjaan?


Terus bagaimana sih cara mengembangkan hobi, supaya bisa menghasilkan uang? Ada banyak hal yang bisa kalian lakukan, supaya hobi yang kalian tekuni bisa menghasilkan uang dan tidak hanya berhenti sebagai hobi saja.

Explore Hobi Apa yang Kamu Sukai


Kalau kamu masih bingung kira-kira saya suka apa ya? Mulailah dengan mengeksplorasi dirimu. Aktivitas apa yang kira-kira amat sangat menarik perhatianmu.

Saya sejak kanak-kanak sudah tertarik dengan dunia literasi karena memang Ibu saya mengenalkan pada buku sejak dini. Keinginan saya akan dunia tulis menulis sepertinya sejak kelas 4 SD, berbekal menggunakan mesin ketik, saya mulai menulis hal-hal yang menarik perhatian saya.

Dari seringnya membaca buku, akhirnya membuka minat saya yang lain yaitu dunia tulis menulis. Saking sukanya sama tulisan, saya bahkan mengubah cita-cita saya sebagai dokter menjadi penulis.

Persiapkan Kira-kira Hal Apa Saja yang Kamu Butuhkan Untuk Mengembangkan Hobi tersebut


Setelah menentukan hobi apa yang ingin kamu tekuni. Coba, sebelumnya kamu riset apakah hobi tersebut bisa menghasilkan uang dan kira-kira hal apa saja yang harus kamu lakukan supaya hobimu ini berkembang dan orang-orang tahu kamu memiliki sebuah skill.

Sebelum memutuskan menjadi blogger, saya adalah penulis fiksi. Saya pernah menghasilkan sebuah karya berupa kumpulan cerpen bersama rekan penulis lainnya. Sampai suatu hari merasa kemampuan menulis fiksi saya tidak berkembang dan memilih menulis di blog.

Saya memiliki blog sejak tahun 2005, salah satu alasannya saya ingin belajar menulis dan tentu saja tulisan saya banyak dikenal orang. Berbekal blog gratisan, saya memulai perjalanan saya sebagai blogger. Walaupun tema tulisannya masih random, tapi saya menyukai perjalanan ini.

2009, saya memutuskan untuk membeli domain. Saya baru mengetahui bahwa blog yang bisa menjadi sumber penghasilan. Oleh karena itu, saya mulai ingin terlihat profesional. Saya memutuskan untuk membeli domain.

Tidak hanya berhenti dengan membeli domain, saya belajar bagaimana cara menulis artikel yang baik dan benar, mengubah tema tulisan dan belajar hal-hal yang berkaitan dengan dunia blog.

Saya ingin uang yang saya habiskan untuk membuat blog pribadi tidak sia-sia.

Lakukan Dengan Konsisten


Apapun hobi yang kamu pilih dan ingin tekuni. Salah satu yang menentukan tingkat keberhasilannya adalah konsistensi.

Banyak orang yang gagal untuk mengembangkan hobi karena tidak konsisten. Cepat menyerah karena merasa apa yang dia lakukan belum juga menghasilkan. Padahal itu butuh sebuah proses panjang.

Sama hal ketika kamu bekerja di kantor, untuk mendapatkan promosi jabatan, kamu harus melakukan kinerja yang baik selama di kantor. Begitu juga dengan mengembangkan hobi.

Bergabung Dengan Komunitas


Saya tahu bagaimana rasanya mengerjakan sesuatu yang kamu sukai tanpa memiliki sebuah dukungan. Salah satu cara supaya amunisimu dalam mengembangkan hobi tetap membara, kamu membutuhkan sebuah komunitas.

Bertemu dengan orang-orang yang seirama, satu tujuan akan membuatmu terbakar. Apalagi ketika kalian bertemu dengan orang-orang yang lebih dahulu berhasil. Saat kamu sudah mulai jenuh menjalani aktivitas hobimu, bertemulah dengan orang-orang di komunitas untuk mengisi ulang semangatmu.

Nikmati Setiap Prosesnya


Merasa bosan, jenuh itu hal yang wajar.

Nikmati setiap prosesnya. Kalau kamu merasa kelelahan boleh kok berhenti sejenak, tapi jangan lupa bahwa hal yang sekarang kamu lakukan itu hal yang terbaik.

Butuh waktu untuk mengenalkan pada orang-orang di luar sana bahwa kamu memiliki bakat. So, jangan malu untuk menjual karyamu melalui media sosial, status whatsapp atau bahkan pada orang-orang di sekitarmu.

Mengembangkan sebuah hobi sebenarnya mudah hanya dibutuhkan tekad yang kuat dan konsistensi. Tetapkan tujuan, lalu bertumbuhlah.

Semoga menginspirasi.


Baca juga:

0 COMENTÁRIOS

Post a Comment