4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

4 kesalahan blogger pemula




4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Pemula


“Kak, ajarin ngeblog dong!”

Beberapa kali saya mendapatnya komentar di salah satu video tiktok ketika mereka tahu saya seorang blogger. Nggak hanya itu, bahkan beberapa kerabat yang saya kenal juga mengatakan hal yang sama. Minta diajarin nulis blog.

Sebagai seseorang yang suka berbagi ilmu, tentu saja saya tidak pernah keberatan untuk mengajari mereka. Saya dengan senang hati akan membagikan pengalaman-pengalaman selama menjadi blogger.

Dulu, bahkan saya sempat membuat grup belajar untuk blogger pemula. Mengajak teman-teman yang tertarik dengan dunia blogger, tapi nyatanya dari beberapa orang yang saya ajari hanya bertahan beberapa orang saja.

Wajar sih. Sebab tidak semua orang harus menyukai apa yang orang lain suka. Ada beberapa yang memang hanya penasaran dan ada juga yang memang serius untuk belajar.

Kebanyakan blogger pemula, seringkali hanya antusias di depan lalu perlahan seiring jalannya waktu akan kelihatan siapa yang memang benar-benar tertarik dengan dunia ini.

Berikut 4 kesalahan yang dilakukan oleh blogger pemula


Copas Artikel


Saya ingat dulu pernah berdebat dengan seorang blogger di sebuah komunitas. Dia ketahuan memposting ulang alias mencuri artikel orang lain. Ketika ditegur, dia malah merasa bahwa apa yang dia lakukan itu benar.

Kata dia sah-sah saja mencuri artikel orang lain. Ibarat seorang tamu yang disuguhi hidangan dan kamu berhak memakannya. Heh, analogi dari mana coba. Mencuri mah mencuri saja.

Rata-rata blogger pemula itu pengin cepat-cepat mendapatkan hasil, sehingga kamu bisa melakukan segala hal untuk bisa menghasilkan cuan tanpa menyadari bahwa mencuri artikel orang lain supaya trafik blogmu meningkat adalah perbuatan salah.

Serba Instan


“Kak, saya sudah nulis banyak artikel kok belum dapat cuan.”

Blogger pemula maunya cepat menghasilkan cuan. Padahal untuk dikenal banyak orang, ada proses panjang yang kita lakukan.

Menjadi blogger bukan sekedar menulis lalu selesai. Ada banyak strategi yang harus kita lakukan supaya blog kita memiliki trafik yang oke dan tentu saja dengan kualitas yang baik.

Percayalah, segala sesuatu yang dilakukan secara instan maka akan berakhir dengan cepat pula.

Malas Upgrade Skill dan Ilmu Soal Blog


Dulu saya berpikiran bahwa menjadi seorang blogger itu sekedar hanya menulis saja. Nggak perlu update ilmu apalagi belajar skill baru.

Padahal untuk membuat blog semakin keren, kamu juga harus bersikap professional. Artinya kamu harus belajar ilmu-ilmu yang berkaitan dengan trend digital marketing, belajar fotografi dan juga SEO.

Kalau kamu malas mempelajari itu hal itu semua yang agak memusingkan, paling tidak kamu belajar bagaimana cara menulis yang baik sehingga pembaca betah untuk membaca blog yang kamu miliki.

Inilah yang kadang membuat blogger pemula pusing duluan. Kirain cuman nulis dan sudah.

Baca Juga:

Tidak Menjaga Konsistensi


Apapun pekerjaan yang kamu lakukan, konsistensi adalah hal paling penting. Konsistensi ini berkaitan dengan bagaimana cara membangun ritme dalam menulis, tidak bergonta-ganti topik dengan cepat dan membuat jadwal berapa kali blog tersebut harus diperbaharui tulisannya.

Menjaga konsistensi memang tidak mudah, butuh effort yang panjang. Namun, jika kamu berhasil melakukannya maka kamu akan memetik hasilnya kemudian hari.

Membangun sebuah blog itu bukan hanya sekadar menulis postingan dan selesai. Ada banyak aspek yang harus dilakukan supaya tulisan di blogmu makin banyak dibaca oleh orang lain.

Dari 4 kesalahan di atas, mana yang pernah kamu lakukan?

0 COMENTÁRIOS

Post a Comment