Begini, Cara Sederhana Memilih Madu Asli


Cara Sederhana Memilih Madu Asli






Holla,

Saya yakin di antara kamu semua pasti suka minum madu, kan? Hehehe. Kebetulan banget kalau gitu, karena saya juga termasuk penyuka madu. Hasil produksi dari Lebah ini selain rasa manisnya alami, kandungan vitaminnya juga beragam dan bermanfaat untuk tubuh. Sangat cocok dijadikan pemanis makanan/minuman sebagai pengganti gula, misalnya untuk campuran teh hangat, roti panggang, air lemon dan lain sebagainya.

Postingan kali ini, saya akan bahas mengenai cara memilih madu asli! Saya yakin pasti banyak banget orang, terutama Ibu-Ibu yang concern akan hal ini. Ya gimana nggak, kita kan konsumsi madu karena pengin dapat manfaatnya yang nyata bagus untuk kesehatan. Jika ternyata dapatnya malah madu campuran, berarti khasiatnya juga berkurang dong? Ini yang pengin saya share di sini, supaya kamu kalau beli madu nggak gampang tertipu.

Ada yang bilang, kalau pengin tahu madu yang kamu beli asli atau palsu, yaitu dengan cara taruh di freezer kalau beku berarti palsu! atau coba tes disemutin apa nggak, kalau banyak semut datang berarti palsu! Oh, come on! Jangan gampang terpengaruh artikel yang sumbernya aja kita nggak tahu itu valid atau nggak. Sangat disayangkan di luar sana masih banyak yang percaya dengan pernyataan yang belum bisa dipertanggung jawabkan itu. Karena sejatinya, cara paling valid untuk membuktikan madu tersebut asli atau palsu dengan mengeceknya di laboratorium. Biar jelas tuh apa saja kandungan yang ada di dalam madu, ada campuran ataunggak! Semua bisa dibuktikan lewat tes laboratorium.

Tapi masalahnya, kita kan nggak mungkin datang ke laboratorium cuma untuk cek madu yang kita beli asli apa nggak! Lalu, bagaimana dong? 

Itu juga yang jadi pertanyaan saya dulu. Saya pengin hidup sehat dengan mengonsumsi madu dan saya nggak mau kena tipu dapet madu campuran. Tapi saya juga bingung, bagaimana caranya mencari tahu apakah madu pilihan saya ini asli atau campuran? Akhirnya berbekal rasa ingin tahu yang besar, saya cari informasi kesana kemari, baik melalui daring maupun mencari sumber referensi yang terpercaya

Finally, Saya sekarang mengerti bagamana cara memastikan kalau madu yang kita pilih itu asli dan murni tanpa campuran apapun. Mau tahu gimana caranya? Ini dia:


Biasakan Cek Label Komposisi yang Ada Pada Kemasan


Buat apa? 

Buat memastikan kalau madu pilihan kita itu memang terbuat dari 100% madu asli, bukan campuran. Produk-produk madu yang dijual secara legal di pasaran, pasti bakal memberi catatan komposisi pada label kemasan. Tinggal kitanya aja nih, mau nggak baca-baca label dulu seperti beli? Kebiasaan orang-orang kan kalau beli produk asal ambil aja tanpa cari tahu komposisinya. Malah ada yang sampai salah ambil produk karena nggak teliti waktu milih, keliatannya kemasannya sama padahal beda produk.


Cek. Apakah Produk Sudah Terdapat Nomor BPPOM, Label Halal MUI dan Sudah Sesuai SNI



Poin ini nggak kalah pentingnya! Setiap membeli madu, biasakan cek apakah produk tersebut sudah mendapatkan izin edar dari BPOM? Jika sudah, berarti produk tersebut sudah terjamin keamanannya.

Jangan lupa liat dulu baik-baik apakah madu pilihan kita sudah memiliki label halal dari MUI. Hal ini untuk memastikan kalau madu yang kita beli memang terbuat dari bahan-bahan yang halal dikonsumsi.

Terakhir, pastikan kalau produknya sudah sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia).



source: bukalapak.com

Setelah drama bergonta-ganti merk Madu beberapa kali karena waswas bukan Madu Murni. Akhirnya saya bisa mendapatkan juga Madu Asli yang sudah memenuhi standar madu asli, yaitu Madu TJ Murni. Madu ini bisa dengan mudah kamu peroleh di Apotek atau supermarket terdekat. Madu TJ Murni ini terbuat dari 100% madu alami loh. Selain itu sudah terdaftar di BPOM, memiliki labeh halal MUI dan sudah sesuai SNI. Mangkanya, saya nggak ragu untuk memilih madu yang satu ini buat keluarga.

Madu TJ Murni mengandung enzim, vitamin dan mineral yang lengkap, sehingga baik untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh supaya nggak gampang sakit. Untuk menjaga daya tahan tubuh, biasakan minum Madu TJ Murni ini setiap pagi dan malam hari. Khasiatnya bisa bikin badan lebih bertenaga waktu beraktivitas dan bisa bikin rileks di malam harinya.

Nah, gimana? Gampang bukan memilih madu asli itu? Nggak perlu datang ke laboratorium, cukup cek aja kemasannya. Selesai! Cuss deh yang masih bingung milih madu asli, ikutin cara saya aja.

6 comments

  1. Madu memang memiliki banyak banget manfaat bagi kesehatan tubuh ya Mbak hehe.

    ReplyDelete
  2. Saya juga suka banget Mbak mengkonsumsi madu secara rutin setiap pagi atau sore hari.

    ReplyDelete
  3. Iya nih Mbak, saya kadang juga suka bingung untuk memastikan madu itu asli atau tidak.

    ReplyDelete
  4. Wah, saya juga suka banget minum madu TJ ini Mbak. terbukti keasliannya soalnya hehe.

    ReplyDelete
  5. Madu Tj ini memang rekomendasi banget deh pokoknya, sudah terjamin kehalalannya jadi aman untuk dikonsumsi.

    ReplyDelete
  6. Memang kandungan dari madu Tj ini baik banget untuk kesehatan dan menjaga stamina kita ya Mbak, dan pasinya tidak bikin ketergantungan hehe.

    ReplyDelete