Art Center Di Kantor Faber Castell Surabaya

Art Center Di Kantor Faber Castell Surabaya

galeri faber castell, art center faber castell, woman in hijab



Siapa yang tidak kenal dengan Faber Castell?

Produsen alat tulis yang namanya sudah tidak asing lagi. Kehadirannya di Indonesia menciptakan banyak kenangan manis pada hampir semua penduduk di Indonesia, termasuk saya.

Tahu dong Pensil Castell 9000 yang legenda itu? Pensil berwarna hijau yang hingga sekarang tidak mengalami perubahan bentuk yang terdiri dari 16 tingkat kekerasan. Dulu, sebelum Ujian Nasional kita berbasis komputer, Pensil 9000 merupakan sahabat sehati ketika Ujian Sekolah.

Tidak hanya Pensil, Faber Castell juga menyediakan alat-alat tulis kebutuhan sekolah yang banyak diminati oleh produsen dari berbagai jenjang usia.

Banyak penghargaan yang telah dicapai oleh Faber Castell di tahun 2019, di antaranya adalah 7 Top Brand Award For Kids, dengan kategori Pensil Warna, Pensil Hitam, Pensil Mekanik, Cat Air, Krayon dan Spidol Warna. Penghargaan lainnya yaitu 3 Top Brand Award For Teens meliputi Cat Air, Ballpoint dan Pensil Mekanik.


kantor faber castell surabaya, gedung faber castell surabaya, alamat kantor faber castell surabaya
Fasad Berupa Palet Warna




Pengguntingan Pita Sebagai tanda resmi dibuka

Demi terus menunjukkan keseriusannya untuk memperluas dan memperkuat keberadaan di pasar nasional, Faber Castell meresmikan gedung baru di Surabaya sebagai pusat bisnis dan seni di wilayah Jawa Timur.

Selasa, 22 Oktober 2019, Fabel Castell meresmikan gedung barunya yang bertempat di Jl. Tenggilis Mejoyo R-24/55 Surabaya. Kantor ini nantinya merupakan pusat bisnis dan seni di wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara.


Kehadiran Ruang Galeri dan Ruang Workshop


Setelah beberapa tahun lalu pernah diundang ke acara pagelaran seni Faber Castell kali ini saya mendapat kesempatan lagi untuk berkunjung ke kantor barunya.

Begitu menginjakkan kaki di lobi, mata saya langsung disambut dengan pemandangan yang apik. Kalau anak sekarang menyebutnya instagramable. Hampir setiap sudut di lobi ini menjadi spot yang cantik untuk foto-foto. Terdapat sebuah etalase besar yang berisi pajangan produk-produk alat tulis Faber Castell dan beberapa karya seni. Di belakang meja lobi, saya bisa melihat sejarah singkat perjalanan PT. Faber Castell lewat lukisan. Jangan khawatir, juga terdapat beberapa meja dan kursi. Sembari menunggu.

pensil warna faber castell, polychromos faber castell, pencil ceilling


Selain itu, di ruang lobi utama juga terlihat dua unit pencil ceilling yang dirangkai dari pensil warna Polychromos Faber Castell. Cakep. Rasanya bakal betah berlama-lama di sini.

Gedung yang dibangun di atas tanah seluas 810 meter persegi dengan fasad berupa palet 100 warna-warna dari alat gambar Faber Castell. Gedung yang memiliki luas 2.387 meter persegi ini bukan hanya kantor biasa melainkan nantinya akan menjadi semacam Art Center di mana sesuai dengan misi dari grup Faber Castell untuk menciptakan pengalaman kreatif yang menginspirasi ekspresi diri.

Sesuai dengan misinya, gedung ini dilengkapi ruang workshop (lantai 4) yang bisa digunakan untuk kegiatan seni seperti pelatihan seni gambar dan rupa yang bisa digunakan oleh seluruh pemangku kepentingan Faber Castell di Jawa Timur. 

karya lukis seniman muda jawa timur, art galleri, lukisan
karya lukisan seniman muda Jawa Timur


Satu level di atas ruang workshop. Terdapat ruang galeri di mana menjadi pentas bagi seniman muda atau pemula yang selama ini merasa kebingungan untuk menampilkan hasil kreativitasnya. Saat ini sedang dipamerkan beberapa artwork, karya dari beberapa seniman asal Jawa Timur dan para pemenang lomba gambar baik dari kategori dewasa maupun anak.

Yandramin Halim, Presiden Direktut PT Faber-Castell Internasional Indonesia
Yandramin Halim, Presiden Direktur PT Faber Castell Internasional Indonesia


Seni Untuk Semua Orang



kegiatan mewarnai, coloring book, faber castell


Beberapa orang mengatakan bahwa seni itu mahal. Membutuhkan banyak biaya.

Padahal. Sama halnya dengan menulis, menggambar, mewarna dan melukis merupakan sarana untuk melepas stress yang mudah dan murah. Bisa dilakukan oleh semua orang tanpa batasan usia.

Kamu hanya membutuhkan kertas dan pensil.

Lewat seni kita bisa mengekspresikan tentang apa yang kadang susah untuk diungkapkan secara langsung. Seni banyak digunakan oleh para ahli seperti Psikolog, Psikiater, Konselor untuk berkomunikasi dengan klien yang mungkin tidak bisa berkata langsung seperti kasus trauma.

Melalui seni, kita juga bisa membangun kembali bonding antara orang tua dan anak yang mungkin selama ini lemah karena kesibukan masing-masing. Seni membuat hubungan komunikasi yang tadinya tak kasat mata menjadi nyata.

Because Art for All

Kehadiran Art Centre di kantor baru Faber Castell Surabaya bisa menjadi wadah bagi warga Jawa Timur yang ingin mengasah bakatnya melalui dunia seni atau ingin berbagi pengalaman kreatifnya kepada khalayak umum.

No comments