Begini, Cara Menemukan Hotel Murah dan Nyaman




Cara Menemukan Hotel Murah dan Nyaman


Sebagai seorang Abdi Negara, Mami seringkali dihadapkan pada rutinitas kerja yang terkadang menjenuhkan. Pekerjaan yang silih berganti tidak hanya melelahkan fisik tapi juga pikiran.

That's why, Mami suka banget melakukan short escape kayak main-main ke mall atau bahkan melakukan perjalanan ke Batu bareng keluarga. Bercengkrama dengan cucu sembari menikmati udara yang yang sejuk.

Bahkan, terkadang Mami senang mengajak kami untuk sekadar menginap di hotel. Menyegarkan kembali pikiran sebelum berkutat dengan aktivitas sehari-hari.

Tipe keluarga kami itu kalau jalan-jalan itu semua harus terencana mulai jauh-jauh hari, supaya saat perjalanan tidak ada kendala yang menyebabkan drama saat liburan. Semua sudah harus siap menjelang seminggu keberangkatan. Bahkan, urusan akomodasi sudah dipersiapkan sebelumnya.

Persoalannya, harga hotel seringkali mengalami fluktuatif alias naik turun. Tapi, bagaimana lagi kalau keinginan untuk jalan-jalan nggak bisa dibendung. Rasanya masih ada cara untuk tetap bisa jalan bareng keluarga tanpa mengeluarkan banyak uang untuk menginap.

Berikut ini beberapa tips yang pernah saya lakukan supaya bisa tetap menikmati liburan dengan fasilitas penginapan yang nyaman dan harga terjangkau. Lumayan menghemat anggaran juga, kan?

Sesuaikan Dengan Budget


Hal yang pertama selalu saya lakukan saat berencana untuk bepergian bersama keluarga adalah menentukan budget untuk perjalanan kami. Termasuk soal hotel.

Kenapa begitu?

Supaya kami bisa menentukan mau menginap di hotel seperti apa? Dengan adanya rencana anggaran yang yang jelas, saya bisa leluasa membuat daftar hotel mana saja yang sesuai dengan yang diinginkan.

Survey Harga Online

Setelah menentukan anggaran, tahapan berikutnya saya akan mulai mencari tahu harga penginapan incaran kami melalui daring. Dalam hitungan detik, kami bisa menemukan daftar harga semua hotel dengan cepat sehingga bisa memulai untuk memilih hotel mana saja yang sesuai dengan anggaran kami.

Selain mencari tahu soal harga, kamu juga bisa sembari membaca ulasan-ulasan yang ada di hotel tersebut, sehingga bisa mendapatkan gambaran tentang hotel-hotel incaran kamu. Sambil menyelam minum air kalau kata pepatah.

Promo Member Deals


Beberapa aplikasi perjalanan dan hotel memberlakukan promo member deals yang biasanya memberikan harga spesial pada anggotanya. Jadi, jangan ragu untuk mendaftarkan dirimu pada program keanggotaan. Lumayan kan, kalau dapat potongan harga. Ketimbang nggak sama sekali.

Pesan Jauh-Jauh Hari

Ada yang bilang, lebih baik pesan last minutes menjelang hari H tapi saya nggak mau gambling. Daripada kehabisan kamar, saya lebih menyukai memesan jauh-jauh hari. Apalagi kalau mau pesan hotel untuk lebaran, biasanya harganya lebih murah ketimbang mendekati hari lebaran.

Pesan Waktu Yang Tepat

Ada baiknya jika ingin memesan hotel jangan bertepatan dengan liburan panjang atau tanggal merah. Jika memang tidak memungkinkan menginap di hari kerja, kamu masih bisa menginap di akhir pekan, asal tidak masuk dalam suasana liburan karena bisa dipastikan harganya akan mahal.

Berburu Promo

Beberapa kali saya bisa menikmati kamar hotel bintang 4 dengan harga yang lumayan murah ketimbang harga aslinya gara-gara promo. Waktu itu pernah dapat harga kamar 350 ribu di salah satu hotel bintang 4 di Malang. Padahal harga aslinya sekitar 600 ribu sekian.

Sejak saat itu, Mami suka ketagihan nyuruh saya berburu promo, siapa tahu harga kamar hotel favorit kami mendapat diskon.

Minggu ini, saya rencananya mau liburan ke Malang. Ceritanya waktu itu ikutan berburu promo Epic Hour dari Traveloka. Kamar yang nanti akan kami tempati ini harga aslinya sekitar 1,6 juta rupiah (tipe family room). Berkat promo, saya bisa menikmatinya dengan harga 600 ribu rupiah.

Siapa coba yang nggak bahagia?

Emang sih butuh perjuangan karena harus berburu sama ribuan orang dalam waktu yang terbatas. Namun, ada kebahagiaan tersendiri ketika bisa berhasil mendapatkan hotel incaran dengan harga murah.

Pokoknya, cari tahu tentang info promo-promo ini melalui media sosial. Jangan sampai ketinggalan loh. rugi.

Menukar Poin


Salah satu keuntungan daftar di aplikasi perjalanan adalah kamu akan mendapatkan poin setiap kali melakukan transaksi. Bagian yang menyenangkan saat kamu menukar poin yang dimiliki. Lumayan loh kalau poin yang kamu miliki jumlahnya banyak.

Saya pernah menggunakan poin untuk membayar hotel saat lebaran, jumlah poin yang saya miliki saat itu cukup banyak. Saya mendapatkan potongan sekitar 150 ribu dari hasil penukaran poin dan hanya membayar sekitar 200 ribu saja. Enak, kan?

Jadi, manfaatkan program poin itu dengan baik karena ada masa berlakunya juga.

Rajin Menulis Ulasan

Kalau kamu seorang blogger, coba tulis hasil ulasanmu tentang sebuah hotel di blog atau bisa mengulas melalui aplikasi perjalanan. Siapa tahu ada pihak hotel yang membaca tulisanmu dan memberikan penghargaan berupa menginap gratis.

Selain itu, ada program local guides yang sering banget memberikan potongan voucher hotel yang nominalnya lumayan, bergantung pada level mana dirimu. Semakin tinggi levelmu, semakin tinggi potongan yang diberikan. Nah, mulai sekarang rajin-rajinlah membuat ulasan.

Kita, nggak pernah tahu yang namanya rejeki, kan?

Sebenarnya masih banyak cara menemukan hotel yang murah dan nyaman ala saya. Setiap orang pasti memiliki cara yang berbeda saat memilih hotel, mungkin kamu bisa menambahkannya di bawah?

15 comments

  1. Wah benar banget tuh Mbak, memang banyak cara untuk bisa mendapatkan hotel yang murah. Namun, juga nyaman

    ReplyDelete
  2. Hehe saya juga biasanya gitu Mbak, saya review hotelnya. Siapa tahu bisa menginap gratis hehe

    ReplyDelete
  3. Banyak juga ya ternyata untuk bisa mendapatkan hotel yang sesuai keinginan. Namun, dengan harga yang terjangkau juga

    ReplyDelete
  4. Kalau berburu promo ini memang harus dilakukan nih hehe. Untuk bisa mendapatkan harga yang lebih murah

    ReplyDelete
  5. Bener banget nih Mbak, tapi yang terpenting adalah sesuaikan hotelnya dengan budget yang kita miliki ya

    ReplyDelete
  6. Asik asikk. Makasi tipsnyaa

    Aku juga mau berburu hotel buat staycation aahhh

    ReplyDelete
  7. permasalahannya habis enak tidur di hotel kadang nulisnya sampe nunggu mood semingguan hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini aku banget. perginya kapan, nulis kapan

      Delete
  8. Kalo pesam hotel jauh-jauh hari biar harganga ngga naik, apalagi pas weekend tuh mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mba, setidaknya sudah tahu perkiraan harga dari jauh-jauh hari

      Delete
  9. Hahaha.. Emang ya, mbak. Hal-hal yang berbau promo, diskon atu tukar poin itu adalah kata lain dari kenikmatan yang HQQ 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. mata langsung terang kalau udah berhubungan dengan promo dan diskon

      Delete
  10. makasih tipsnya, memang bs dpt promo hotel murah ya

    ReplyDelete