Sisi Lain Kehidupan di Korea Utara yang Terungkap Ke Media

Source: blogunik.com


Banyak orang Indonesia saat ini berkiblat pada Korea Selatan untuk tren fashion, percintaan sampai operasi plastik. Banyak hal yang bisa dicontoh dan diterapkan dari negara yang terkenal dengan K-Pop nya ini. Tapi berbeda dengan saudara tetangga, yakni Korea Utara. Negara pimpinan Kim Jong Un ini kesannya lebih tertutup apalagi bagi para turis yang berkunjung. Walau sekarang Korut sudah cukup terbuka, namun mereka tetap memiliki aturan ketat seputar masalah pengambilan foto bagi para wisatawan mancanegara.

Ya banyak turis merasa tidak bebas ketika berada di Korea Utara karena dilarang mengeksplorasi ketika travelling dan selalu diawasi oleh pemandu yang terasa seperti penjaga keamanan. Tapi seorang turis dan juga fotografer bernama Michal Huniewiz nekat mengambil foto kehidupan di Korut secara diam-diam. Nggak hanya memfoto, tapi Michal pun juga membagikannya di dunia maya. Kalo kalian penasaran, ini dia sisi lain Korea Utara yang jarang terungkap ke ruang publik.

1. Monumen Perang

Source: phinemo.com

Ketika berada di monumen ini, pemandu akan bertanya pada rombongan, adakah di antara mereka yang berkewarganegaraan Amerika. Kemudian ia akan meminta orang tersebut untuk mengambil bunga dan berdoa di depan museum. Dengan bangga, pemandu akan bercerita ketika negaranya memenangkan perang ketika melawan Amerika dan sekutunya Korea Selatan.


2. Foto Kim Jong Un Di Kereta

Source: noulan.blogspot.com

Tidak pernah kita temui di kereta manapun di Indonesia, kalau ada foto Presiden di salah satu gerbongnya. Ya foto presiden hanya dipajang di ruangan kerja, gedung negara, ruang sekolah, namun tidak di kereta. Berbeda dengan Korea Utara, kita akan menemukan foto presiden Kim Jong Un di tiap gerbongnya. Itu merupakan suatu pemandangan yang unik.Tentunya dengan foto ini diambil secara diam-diam pula loh.


3. Pasar yang Sepi

Source: idntimes.com


Bahkan di pasar sekalipun dilarang untuk memfoto keadaan sekitar. Terlihat kondisi pasar yang sangat sepi jika dibandingkan dengan di Indonesia yang sangat ramai. Michal pun tak melewatkan momen ini untuk mengambil gambar secara diam-diam, sebelum petugas sadar akan aksinya. 

Begitulah kondisi negara tetangga Korsel ini jika kita lihat dari dekat. Walaupun tidak bisa secara langsung, tapi foto dari Michal ini sudah mewakili betapa ketatnya peraturan yang ada di sana. Beda kalau dibandingkan dengan negara lain, apalagi Indonesia yang mau foto dimanapun rasanya bebas saja. Mau itu di atas gunung, depan gedung, bahkan berswafoto bersama presiden pun tidak jadi masalah.


Bicara tentang swafoto, ada satu smartphone yang punya fitur bagus sehingga dapat menghasilkan foto yang tajam dan bening dalam sekali jepret. Nama smartphone ini adalah OPPO F7 dengan fitur AI Beauty 2.0 yang dapat mendeteksi hingga 296 titik pengenalan wajah. Tidak hanya itu, kamera smartphone ini dibekali dengan resolusi 25 megapiksel di kamera depannya. Tidak salah deh kalau OPPO F7 menjadi smartphone unggulan untuk kategori selfie terbaik. 

Sekarang kalian udah ga penasaran lagi kan tentang kehidupan di Korea Utara? Kalo kalian jadi Michal, berani nggak sih mengambil foto disana secara diam-diam?


Buat kalian yang penasaran sama OPPO F7, OPPO lagi ngadain Ramadhan Special Cashback untuk setiap pembelian OPPO Camera Phone terpilih, loh. Cek di sini deh: http://f7.oppomobile.id/ramadhan


Salam,


2 comments

  1. Kalau gini masa bisa sejahtera masyarakatnya dan yang buat bingung saya ini yang ngambil foto gimana caranya yah kok anglenya bagus banget pasti pro nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka sudah merasa sejahtera dalam versinya. Iya yang motret sudah profesional tentunya

      Delete