Kotak Warna: Revolusi Mental Ala Blogger

Wednesday, August 16, 2017

Revolusi Mental Ala Blogger

revolusi mental



Holla,

Belakangan ini istilah Revolusi Mental yang digaungkan oleh Jokowi pertama kali telah mampu menarik perhatian banyak orang. Bahkan mulai diterapkan hampir di seluruh lini kepemerintahan yang ada. Harapannya sih dengan adanya revolusi mental akan membuat perubahan yang lebih baik bagi negara. Jumlah korupsi yang berkurang dan SDM yang lebih maju.

Arti Revolusi mental sendiri merujuk pada perubahan tatanan yang mendasar pada mental. Secara garis besar revolusi mental ini berarti perubahan yang berkaitan dengan mental seseorang atau mungkin lebih ke arah sikap, kebiasaan, dll.


Tenang. Kali ini saya nggak bakalan ngomongin soal politik dan apapun lah itu namanya, Saya nggak mau membuat kalian mengerutkan kening karena nggak ngerti isi tulisan. Nah, berhubung saya adalah seorang blogger. Yuk ah. Mari kita bahas revolusi mental ala blogger versi kotakwarna.

Kalau ditanya kenapa Blogger perlu Revolusi?

Supaya ada perubahan yang lebih baik.


Kalau dikasih kesempatan untuk melakukan perubahan yang berkaitan dengan pekerjaan saya sebagai blogger. Ada beberapa hal yang ingin saya ubah. Apa aja ya kira-kira?

1. Jangan Baper/Iri Sama Penghasilan Blogger Lain


Dunia blogger makin hari makin keras. Katanya sih yang nggak berubah kagak bakalan maju. Tahu sendiri dong bahwa profesi blogger di era digital ini mulai menjadi perhitungan. Itulah kenapa semakin banyak bermunculan blogger-blogger baru yang kepincut dengan penghasilan dari blog.

Buat saya pribadi yang harus dibenahi kalau mau masuk dunia blogger itu adalah Jangan Baper alias ngiri sama penghasilan blogger lain. Hehe, Saya sendiri berusaha mengurangi hal yang satu ini. Sebagai manusia adakala kita iri melihat orang lain mendapatkan yang lebih baik dari kita. Wajar kok. Cuman kalau keseringan baper nggak asyik juga kali ya. Bikin capek.

Percaya aja deh yang namanya rejeki udah ada yang ngatur dan nggak bakal ketuker. Lakukan saja pekerjaanmu dengan baik. Sisanya biar Tuhan saja yang ngatur. Buat rasa irimu menjadi hal yang positif. Ketimbang jutek karena ngelihat blogger lainnya lebih fantastis. Kenapa nggak kamu belajar dari dia? 

2. Memperbaiki Attitude/Sikap


Salah satu hal yang paling penting saat menjalani profesi apapun itu adalah sikap. Sebisa mungkin kita tidak menjadi orang yang menyebalkan. Terlebih lagi seorang pekerjaan seorang blogger itu adalah meyakinkan orang lewat tulisan.

Jadilah blogger yang punya sikap menyenangkan. Dengan begitu orang akan percaya dengan apa yang kita tulis.

Sebisa mungkin perhatikan penampilan saat menghadiri acara karena itu akan merepresentasikan diri kita pada khalayak umum.


3. Belajar Mematuhi Tenggat Waktu


Ada kalanya pekerjaan datang pada kita silih berganti. Belum lagi tugas lainnya yang juga minta diperhatikan. Padahal tenggat waktu pekerjaan juga mepet.

Bikin pusing ya.

Saya sendiri masih harus belajar soal ini. Bagaimana mengatur waktu supaya nggak keteteran saat harus menulis banyak hal. Jangan sampai kepercayaan klien berkurang karena kita kerja nggak tepat waktu.

Sepertinya mempunyai buku catatan itu penting supaya tidak lupa.

Untuk menjadi yang lebih baik ada banyak yang harus kita ubah. Perlahan dan konsisten supaya hasilnya bagus.


Salam,





13 comments:

  1. Noted ketiga poin itu ya kakak... siap revolusi mental deh

    ReplyDelete
  2. Aku pernah baper dengan blogger lain yang sudah berpenghasilan. Namun hal itu justru membuatku tidak bisa menghasilkan tulisan yang keluar dari hati.

    Setuju banget dengan 3 poin di atas. Terimakasih sharingnya, mbak :)

    ReplyDelete
  3. aku sampe saat ini masih nyaman menggunakan hp untuk mencatat semua agenda :D ah iya sama nggak boleh baper ya sama penghasilan blogger lain yang kadang bikin saya juga iri wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sukanya nyatet di hp biar gak lupa. Manusiawi sih. Aku juga suka iri 😁

      Delete
  4. Setuju, tulisan yang bagus ngga berguna jika attitude kita buruk ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Karena attitude itu amatlah penting

      Delete
  5. wah saya untung nya tidak masuk di 3 kategori tersebut. hehe

    ReplyDelete
  6. Soal bagi waktu juga masih jadi PR buatku, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Ada saatnya aku juga bingung bagi waktu

      Delete
  7. Awalnya juga sempat kebawa baper lihat blogger lain ngomongin job. Tapi lama-lama sadar juga, kembali ke tujuan awal ngeblog karena suka nulis. Kalo nanti dapat rejeki tambahan dari hobbi ngeblog, ya alhamdulillah. Kalo belum, insyaallah ada rejeki dari lainnya.

    ReplyDelete