Kotak Warna: Makanan Korea itu. Hmmm....gitu deh

Wednesday, May 11, 2016

Makanan Korea itu. Hmmm....gitu deh

Makanan Korea itu. Hmm...gitu deh
Makanan Korea itu...hmm...gitu deh
Sebagai penyuka drama korea, seringkali saya berandai-andai bisa ikut makan bareng Hyun Bin, Yong Hwa dan Kang Joon. Menikmati semangkuk ramen yang di atasnya diberi kimchi.

Belum lagi makan mi hitam alias jajangmyun bersama Won Bin dan In Sung sembari menikmati indahnya jembatan Banpo. Ah...romantis gila, kan.

Baca Juga: 13 Sweet Couple in drama korea

Sayangnya semua itu hanya mimpi belaka. Saya hanya bisa lap iler saat pemain kesukaan saya makan dengan lahapnya. Mendadak pengin jadi serbet yang mereka pegang untuk menyeka keringat di wajah.

Dalam gambaran saya makanan korea itu terlihat lezat. Menggiurkan dan bikin kita yang nonton juga kepengin makan.

Tapi, kenyataan itu emang lebih pahit. Masakan Korea yang terlihat bersinar dan membuat air ludah keluar itu tidak seenak yang digambarkan.

Singkat cerita, saya pernah diajak seorang teman ke sebuah Restoran Korea di Sutos. Karena ini kali pertama makan masakan korea. Saya memutuskan untuk gabung menu.

Terus terang membaca menu dengan tulisan Korea membuat saya pusing. Pokoknya kalau nggak salah malam itu kami pesan Teobokki dan sup apalah itu dan sebagai minuman kami pilih ocha.

Makanan sudah terhidang di atas meja. Saya hanya menatapnya dengan ragu sambil ngelirik teman saya yang satu lagi. Makanannya nggak sempat di foto. Malu. Soalnya salah satu teman saya seorang WNA.

Pertama kali yang saya makan ada kue beras dengan saos pedas dan lelehan keju mozarella. Pas nyentuh lidah rasanya sedikit aneh. Mungkin karena belum terbiasa rasanya.

Kue beras

Teman saya menawarkan untuk makan Kimchi. Ah. Pas makan kimchi rasanya aneh. Asem dan baunya mana tahan. Bikin mual. Ternyata kimchi yang saya makan sudah terfermentasi.

Kimchi


Nyoba lagi kimchi yang baru dibuat alias segar. Hiks...rasanya sama aja aneh. Saya nggak doyan. Ampun dah.

Terakhir nyoba sup tahu dengan kimchi. Hiks ini juga nggak enak. Supnya pekat dengan warna merah dan rasa pasta kedelainya kuat.

Mirip ini sup yang kami makan

Dan, ocha yang kami pilih bukan ocha dari daun teh melainkan beras yang ditumbuk. Pokoknya aneh.

Bayangan saya tentang makanan korea yang enak langsung buyar. Untungnya hari itu kami ditraktir. Jadi, kecewanya sedikit berkurang.

Besok paginya seharian perut saya mual. Entah kenapa saya lebih suka makan sayur asem dengan empal goreng ditemani bang In sung.

34 comments:

  1. Aku selalu ngiler pas lihat org Korea makan mi hitam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Konon rasanya nggak seenak yang dibayangkan

      Delete
  2. Hehehe lidah jawa makan makanan korea mana masuk mba, gak usah jauh2 makan makanan yogya yg manis saja saya enek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gudeg mah enak. Wkwk...makanan korea duh nggak enak

      Delete
  3. Hehehe jangankan makanan korea, makanan yogya yg manis aja aku enek mba.

    ReplyDelete
  4. Hehe lidah jawa memang susah terima makan asing

    ReplyDelete
  5. Hehehe lidah jawa memang susah mba :D

    ReplyDelete
  6. Makanan korea? Makanan jepang yang udah mainstream aja aku ogah cikgu...paling ramen, entah yah aku lebih tertarik sama makanan lokal atau western gitu yang rasanya ga jauh2 dari rasa masakan lokal kita *horaaaaang kayah!* hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enakan masakan Jepang jauh. Masakan Korea lebih berasa rempahnya.

      Delete
  7. Ternyata kalo buka dr app wordpress gak bisa komen. Kalo buka dr browser baru bisa 😞

    ReplyDelete
  8. Mbak2 itu di paragraf2 awal yg katanya ngiler pas lihat aktornya makan itu ngiler lihat aktornya atau makanannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua-duanya Sa. Wkwk habis mereka kalau lagi makan kayak enak banget

      Delete
  9. Btw kata tmnku kimchi rasanya kyk kaus kaki bau, bener ta?

    ReplyDelete
  10. Wkwkwkwk...akhirnya ada yg sependapat juga :D.. akupun ga suka ama makanan korea mbak ;p... mendingan japanese food dah.. dulu pernah makan di resto korea daerah gunawarman, duuuh, aneka kimchi udh jelas ga bisa masuk, apalagi bimbimbap.. yg aku doyan cuma bibim guksu (soun goreng) dan bulgogi junggol(seperti sup gitu).. itu doang mbak... aku ga kebayang ntr feb 2017, mau ke korea, nth apa yg bakal aku makan ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk...senasib kita ya mbak. Bawa mie gelas aja yang banyak. Atau ramyun katanya enak :p

      Delete
  11. Kirain tadi ya bawah bibimbap mbak, ternyata bukan yaaa :D Kalo lidahku malah doyan loh mbak sama masakan korea, doyan banget malah. Kimchi aja ketagihan, atau emang aku dasarnya maruk kali yak? hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kimchi jigae. Wah doyan banget yak. Mungkin karena diriku baru pertama sih

      Delete
  12. Paling pusing waitresnya ngga bisa English hahahaha Tapi kalo tempat makannya kuliner yang ngehits rata-rata ada menu englishnya mba :D Tapi saya tetap ngga suka rasa kimchi yang super aneh

    ReplyDelete
  13. Kimchiiiiiiiiiii......pengen banget makan kimchii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya tidak seenak yang dibayangkan 😂

      Delete
  14. Biarpun tidak enak tapi entah kenapa gw masih demen aja ke resto korea.. tapi resto korea yang di indo kak.. kalau resto asli yang di korea gw belum pernah coba. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya makannya juga di Indo. Pengin banget ke korea. Dirimu cocok ya sama makanan korea?

      Delete
  15. Aq jadi pengen makan kimchi lagi.. Aq pernah makan kimchi. Awalnya g enak kayak sayur basi gitu. Tapi setelah lidah terbiasa rasanya enak kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya. Mungkin karena ini kali pertama aku makan kimchi. Tapi entah kenapa aku lebih cocok makanan jepang

      Delete
  16. Jadi gak pengen makan makanan Korea setelah baca INI :D

    ReplyDelete
  17. Bener banget mb, kalo makanan Korea yg bener bener 100% memang tak enak biat lidah kita.
    Tapi ada juga yg udah disesuaikan sama lidah kita, nah itu baru "layak makan".
    Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang rasa sesuai baru teobboki. Sisanya nggak cocok

      Delete
  18. Pernah dengar kalau makanan Korea itu termasuk golongan makanan sehat... tapi kalau rasanya ga cocok... ya ogah juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Korea dominan direbus dan penuh sayur. Tapi bumbunya nggak cocok di lidah

      Delete
  19. tapi menurut saya yang paling enak adalah makanan indonesia...
    mungkin lidah ya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju. Paling enak makanan indo

      Delete