Kotak Warna: Blogging For Your Life

Monday, February 22, 2016

Blogging For Your Life

blog, writing, human interest, life event

"Ceritakan dong tentang pengalaman ngeblogmu!"
Blogging For Your Life- Pernyataan ini muncul di beranda Facebook saya beberapa waktu yang lalu. Kalau tidak salah saat itu saya menulis sebuah status Salah Satu Berkah Ngeblog adalah bisa nginap gratis di hotel. Ada beberapa komentar yang masuk. Lalu, salah satu dari mereka tiba-tiba menanyakan bagaimana perjalanan saya menjadi seorang blogger.
Sebenarnya saya sudah pernah menulis tentang perjalanan menulis. Namun, nggak ada salahnya saya mencoba menceritakan kembali bagaimana awal mulanya saya tercemplung di dunia blog dan kapan secara serius mulai menggelutinya.

Saya mulai menulis blog di sekitar tahun 2009. Kalian bisa lihat arsip-arsip lama tulisan saya yang masih tersimpan. Kala itu saya masih jadi dewasa muda yang labil. Jangan ketawa kalau baca tulisan lama saya. Isinya kalau nggak curhatan ya puisi.

Awal bikin blog. Soalnya saya lagi keranjingan sama nulis diary. Iseng-iseng kenapa nggak coba nulis di dunia maya. Itung-itung belajar berani.

Dulu, bagi saya blog itu semacam buku harian online yang bisa diisi sekehak hati. Pokoknya yang bisa baca saya aja. Lupa kalau di dunia maya semua orang bisa baca.

Sempat ganti platform karena saat itu kesulitan menggunakan blogger.  Jumlah postingan pun semakin banyak. Rasanya menyenangkan saat ada aja yang mampir ke blog saya dan meninggalkan jejak.

Tahun ketiga ngeblog, saya mulai bergabung dengan www.ngerumpi.com. Bergabung dengan komunitas itu saya belajar banyak hal dengan dunia tulis-menulis. Saya belajar bagaimana menulis artikel yang benar dan menarik. Sempat sebulanan cuman jadi pembaca sampai akhirnya berani mengunggah tulisan.

Di ngerumpi.com saya berkenalan dengan banyak orang keren. Di antaranya beberapa blogger beken dengan jam terbang tinggi. Ada juga wartawan dan beberapa penulis. 

Saya tak mau hanya sekedar menulis. Bermodal sok kenal sok dekat, saya meminta ijin untuk menyerap ilmu mereka soal menulis. Dan, ternyata jadi blogger itu keren.

Ketika beberapa teman mulai fokus dengan blognya. Saya masih berkutat dengan tulisan galau. Waktu itu saya cuman bilang teman. Kalau saya cuman ingin menulis. Belum niatan untuk menjadikan blog sebagai sumber penghasilan.

Sampai seorang Wulan Kenanga mengajak saya untuk migrasi blog dari gratisan menjadi TLD (berbayar). Kata Wulan itu akan memudahkan kita untuk mendapatkan penghasilan dari blog.

Mengikuti saran Wulan, saya pun melakukan migrasi. Sayangnya, saya tak lagi bisa menggunakan nama blog lama. Sebab sudah ada yang menggunakannya. Saya memutuskan untuk mengganti nama. Nggak jauh-jauh dari nama blog lama kertaswarna menjadi kotakwarna. Menggunakan filosofi yang sama yaitu mengenalkan tulisan dengan berbagai warna.

Pekerjaan pertama yang saya dapatkan adalah meng-review sebuah situs online shopping. Bayaran yang saya terima saat itu 100 rb. Senangnya bukan main. Pertama kali blog saya bisa menghasilkan uang.

Saya semakin sering menulis di blog dan mulai bergabung dengan beberapa komunitas blog. Mulai berani menampakkan diri menjadi seorang Blogger.

Alhamdulillah. Mulai ada banyak pekerjaan yang masuk melalui blog. Saya pun mulai berani mengikuti acara-acara yang ada sangkut pautnya dengan blog.

Kalau ditanya berkah ngeblog?

Berkah dari blog adalah saya bisa nginap gratis di hotel, voucher belanja, buku, uang dan yang terpenting saya dapat banyak pengalaman baru.

Masih ragu buat ikutan ngeblog?

5 comments:

  1. Yuk semangat ngeblognyaa..

    ReplyDelete
  2. Iya.. berkahngeblog gak cuma berbentuk hadiah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman dan popularitas juga

      Delete
  3. Alhamdulillah ya, sesuatu!

    ReplyDelete